Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pinjaman Indodana Ditolak: Penyebab & Cara Mengatasinya

Pinjaman Indodana Ditolak - Ketika sedang membutuhkan pinjaman dengan proses yang cepat serta persyaratan yang mudah, aplikasi pinjaman online masih menjadi solusi yang tepat dan banyak dipilih oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwasannya saat ini ada banyak sekali aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti Adakami, Akulaku, Julo, Kredit Pintar, dan salah satunya adalah Indodana. Selain memberikan pinjaman tunai, Indodana juga dapat digunakan sebagai metode pembayaran cicilan atau kredit dengan tempo 30 hari atau 1 bulan.

Indodana sendiri merupakan salah satu platform yang berada dibawah naungan PT Artha Dana Teknologi yang sudah familiar di kalangan banyak orang. Menariknya lagi, aplikasi ini juga sudah sangat aman digunakan sehingga pengguna tidak perlu khawatir apabila data mereka disebarkan oleh pihak yang bertanggung jawab. Pasalnya, Indodana sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tergabung dalam Asosiasi Fintech Pendaan Bersama Indonesia (AFPI).

Pinjaman Indodana Ditolak

Selain itu, pada saat melakukan pendaftaran maka tiap pengguna akan mendapatkan limit yang berbeda-beda. Mulai dari Rp 500.000,- sampai Rp 25.000.000,- rupiah, mengingat limit maksimal yang cukup besar. Banyak dari mereka yang memilih aplikasi Indodana untuk Paylater maupun Pinjaman Uang. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua pengguna mendapatkan limit tertinggi, melainkan ada juga beberapa pengguna yang mendapatkan limit rendah. Dengan begitu, silahkan simak pembahasan sebelumnya mengenai cara menaikkan limit Indodana.

Sebelum mengajukan pinjaman serta paylater, tentunya pengguna diharuskan menyiapkan beberapa syarat beserta dokumen yang perlu disiapkan, beberapa diantaranya seperti usia kreditur atau pengguna minimum 20 tahun dan maximum 55 tahun, memiliki penghasilan bulanan minimum Rp 3.5 juta, memiliki pekerjaan tetap, memiliki rekening bank, berdomisili di kota yang termasuk layanan Indodana, serta foto KTP dan foto selfie bersama KTP.

Meski persyaratan yang dibutuhkan cukup mudah, namun ada juga sebagian orang yang mengalami penolakan pada saat mengajukan pinjaman maupun paylater di aplikasi ini. Jika Anda mengalami permasalahan seperti ini, maka tidak perlu khawatir. Pasalnya, penolakan ini biasanya sering terjadi lantaran aplikasi yang sedang gangguan, pihak Indodana tidak sengaja, dan lain sebagainya.

Penyebab Pinjaman Indodana Ditolak

Sebelum memasuki pembahasan utama, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab pinjaman Indodana ditolak. Langsung saja simak poin-poinnya sebagai berikut:

1. Informasi Data Diri Tidak Jelas

Penyebab utama pinjaman Indodana ditolak yang biasanya terjadi lantaran informasi data diri belum lengkap, besar kemungkinan pemohon salah memasukan alamat, kode pos, KTP blur, dan lain sebagainya. Sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya usahakan informasi data diri sudah lengkap beserta foto KTP dan foto selfie bersama KTP terlihat jelas dan mudah dibaca oleh pihak review Indodana. Apabila KTP tidak jelas, maka pinjaman Anda akan ditolak.

2. Penghasilan Minimum Belum Sesuai

Sebagaimana yang sudah penulis jelaskan sebelumnya bahwasannya untuk mengajukan pinjaman ke platform Indodana tentunya pemohon diwajibkan untuk memiliki penghasilan minimum sebesar Rp 3.500.000,- rupiah dan memiliki pekerjaan tetap. Apabila penghasilan bulanan dari tempat Anda bekerja dibawah syarat yang telah ditentukan, maka pinjaman Anda akan ditolak. Pasalnya, pihak Indodana akan beranggapan bahwa Anda akan sulit dalam melunasi tagihan.

3. Usia Dibawah 20 Tahun

Usia juga menjadi salah satu faktor pinjaman Indodana Anda akan ditolak. Sebelum melakukan pinjaman, pastikan terlebih dahulu usia Anda sudah 20 tahun ke atas dan maksimal 50 tahun. Pemohon juga tidak diperbolehkan memanipulasi data seperti mengada-ngada umur dan sebagainya, apabila hal itu terjadi, maka pihak Indodana akan memblokir akun Anda.

4. Berada Diluar Jangkauan Indodana

Indodana sendiri memang sudah tersedia di Indonesia, namun belum sepenuhnya mencakup seluruh wilayah Indonesia dari sabang sampai merauke. Indodana sendiri tersedia di beberapa wilayah saja, sehingga apabila penggunanya berada diluar jangkauan layanan Indodana, maka pemohon dapat dipastikan akan mengalami penolakan. 

Cara Mengatasi Pinjaman Indodana Ditolak

Jika Anda sudah mengetahui beberapa penyebab pinjaman Indodana ditolak. Berikut ini penulis akan menjelaskan secara rinci terkait dengan cara mengatasi pinjaman Indodana ditolak agar dapat disetujui dengan mudah dan cepat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan:

1. Berada di Jangkauan Layanan Indodana

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwasannya Indodana belum mencakup semua wilayah yang ada di Indonesia. Maka dari itu, sebelum mengajukan pinjaman pada platform ini, pastikan terlebih dahulu daerah Anda sudah berada di layanan Indodana, berikut ini adalah beberapa daerah atau kota yang sudah dijangkau oleh Indodana:

  • Jabodetabek: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.
  • Bali: Denpsar dan Badung.
  • Banten: Serdang dan Cilegon.
  • Jawa Barat: Bandung, Cimahi, Karawang, Cianjur, Cirebon, Garut, Purwakarta, Subang, Sumedang, Tasikmalaya, dan Sukabumi.
  • Jawa Tengah: Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta.
  • Jawa Timur: Surabaya, Malang, Jember, Gresik, Jambi, Medan, Padang, dan Pekanbaru.
  • Kalimantan: Pontianak, Balikpapan, Banjarmasin, Palangka Raya, dan Samarinda.
  • Sulawesi: Makassar dan Manado.

2. Sudah Melengkapi Semua Persyaratan

Apabila Anda sudah berada di daerah yang telah dijangkau oleh Indodana, maka langkah selanjutnya Anda dapat melengkapi seluruh persyaratan yang dibutuhkan agar pinjaman yang diajukan dapat diterima. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus disiapkan:

  • Memiliki penghasilan minimum Rp 3.500.000,- rupiah.
  • Memiliki pekerjaan tetap.
  • Berusia diatas 20 tahun dan maksimal 50 tahun.
  • Memiliki identitas seperti KTP serta NPWP.
  • Memiliki rekening Bank atas nama pribadi yang sesuai dengan KTP.
  • Foto selfie dengan KTP.
  • Akun BPJS.
  • Akun e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan sejenisnya.

3. Hubungi Call Center Indodana

Ketika pinjaman yang Anda ajukan selalu ditolak oleh sistem Indodana, maka salah satu cara yang paling tepat adalah menghubungi Call Center Indodana dengan nomor berikut: 021 4059 5888 atau melalui alamat email di cs@indodana.com. Selanjutnya, sampaikan kepada CS Indodana bahwasannya Anda selalu mengalami penolakan, nantinya CS akan memberikan alasan yang lebih jelas mengapa pengajuan Anda terlalu sering mengalami penolakan.

Mungkin itu saja yang dapat penulis sampaikan terkait dengan cara mengatasi pinjaman Indodana ditolak beserta penyebabnya yang harus diketahui oleh pemohon. Semoga dengan adanya artikel di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan bagi banyak orang, Terimakasih!

Posting Komentar untuk "Pinjaman Indodana Ditolak: Penyebab & Cara Mengatasinya"

X