Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji Kurir JNE 2022 : Tugas, Sistem Kerja, Bonus & Tunjangan

Gaji Kurir JNE – Menjadi seorang kurir tampaknya makin diminati oleh banyak orang lantaran berprofesi menjadi kurir juga akan mendapatkan penghasilan atua gaji yang cukup lumayan, bahkan juga mendapatkan bonus dan juga tunjangan yang diberikan. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa di Indonesia sendiri memang dapat dikategorikan cukup banyak, baik itu Anteraja, Ninja Xpress, SiCepat, Shopee Express, dan salah satunya JNE Express yang mungkin sudah sangat populer dan seringkali digunakan oleh kebanyakan orang dalam mengantarkan paket ke luar kota atau di dalam kota.

Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE ini adalah salah satu ekspedisi terkemuka dan populer di Indonesia sehingga tidak perlu diragukan lagi kecepatan dan pelayanan yang diberikan. Selain itu, jangkauan dari ekspedisi yang satu ini juga sudah sangat luas sehingga ekspedisi JNE Express menjadi sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan popularitasnya yang cukup besar, maka tak perlu diherankan lagi mengapa banyak dari mereka yang berminat untuk mendaftarkan diri menjadi seorang kurir.

Gaji Pokok Kurir JNE

Dengan demikian, mereka juga mencari informasi yang berkaitan dengan seorang kurir seperti gaji kurir JNE, tugas, sistem kerja, beserta bonus dan tunjangannya. Bagi mereka mungkin hal ini menjadi momok yang sangat penting dalam memilih pekerjaan sehingga dapat memenuhi kebutuhan mereka setiap bulannya. Apalagi mencari pekerjaan saat ini terbilang sulit dan memiliki banyak pesaing, sehingga banyak dari mereka yang memutuskan menjadi seorang kurir.

Mengingat banyaknya pencarian di Internet. Maka, pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan informasi lengkap tentang gaji kurir JNE, tugas, sistem kerja, beserta bonus dan tunjangannya. Dengan mengetahui informasi tersebut, tentunya calon kurir dapat mempertimbangkannya terlebih dahulu, apakah berminat atau tidak agar tidak resign pada saat mulai bekerja. Simak ulasan berikut untuk lebih jelasnya.

Tugas Kurir JNE

Tugas Kurir JNE

Sebelum memasuki ke pembahasan utama, tentunya banyak juga dari mereka yang ingin mencari tahu mengenai apa saja sih tugas kurir JNE Express? Nah, jika Anda masih penasaran maka Anda sudah berada di situs atau arikel yang tepat. Pasalnya, berikut ini penulis akan membagikan informasi terkait tugas kurir JNE Express yang harus diketahui:

  • Kurir JNE Express diharuskan mengantarkan barang atau paket ke alamat tujuan yang tertera.
  • Barang yang akan dikirimkan ke konsumen diusahakan tidak adanya kerusakan apalagi packing yang penyok.
  • Kurir JNE Express juga harus membantu serta memeriksa stok barang sebelum dikirim ke alamat tujuan.
  • Mengambil barang dari konsumen yang ingin mengirim barang.
  • Melakukan rekap pengiriman setelah semua paket terkirim.

Sistem Kerja Kurir JNE

Sistem Kerja Kurir JNE

Sama halnya seperti kurir ekspedisi lainnya. Sistem kerja kurir JNE juga bersifat shifting atau bergantian, diberlakukannya sistem shifting ini ini juga memungkinkan pengiriman paket di sebuah lokasi akan lebih cepat selesai, lantaran paket yang nantinya dibagi dengan kurir lain sehingga tumpukan barang kiriman tidak akan terjadi pada di gudang JNE Express.

Perlu diketahui juga bahwasannya hari kerja kurir JNE sedikit berbeda dengan kurir J&T Express ataupun SiCepat. Pasalnya, di JNE sendiri hanya memiliki hari kerja 6 hari dalam 7 hari. Dengan demikian, kurir JNE akan libur setiap hari Minggu. Untuk lebih memahami sistem kerja kurir JNE Express, silahkan simak ulasan berikut:

  • Setiap waktu kerja, kurir diharuskan masuk kantor sesuai dengan jam kerja yakni 08.00 WIB dengan melakukan absensi kehadiran.
  • Selanjutnya kurir akan mengambil jadwal pengiriman paket sesuai dengan nama ataupun alamat penerimanya.
  • Lalu kurir JNE juga diharuskan menyusun paket serta menata paket pada kendaraan.
  • Apabila dirasa sudah, selanjutnya kurir akan berangkat untuk mengirimkan paket ke alamat tujuan.
  • Apabila dirasa sudah selesai, maka kurir akan kembali ke kantor dan melakukan rekap ataupun membuat laporan pengiriman untuk di input oleh perugas lainnya.

Gaji Pokok Kurir JNE

Gaji Pokok Kurir JNE

Setelah Anda mengetahui tugas dan sistem kerja kurir JNE, selanjutnya penulis akan melanjutkannya ke pembahasan utama terkait dengan Gaji Kurir JNE. Pada biasanya, besaran gaji pokok kurir JNE Express ini berkisar diantara Rp 1.700.000,- rupiah sampai dengan Rp 3.000.000,- rupiah per bulan. Tak sampai situ saja, kurir juga akan mendapatkan tunjangan lain berupa insentif, berikut rinciannya untuk lebih lengkap:

  • Parkir Rp 100.000,- rupiah per bulan untuk wilayah kota.
  • Mendapatkan insentif kendaraan sebesar Rp 300.000,- rupiah per bulan.
  • Mendapatkan uang absensi kehadiran sebesar Rp 400.000,- rupiah per bulan.
  • Mendapatkan uang bensin sebesar Rp 150.000,- rupiah.

Namun, jika Anda seorang kurir JNE Freelance, maka sistem gaji nya tidak sesuai dengan perhitungan yang sudah dijelaskan diatas. Untuk gaji kurir JNE Freelance berkisar Rp 1.500,- rupiah sampai dengan Rp 2.000,- rupiah per paket atau barang yang berhasil dikirimkan. Sebagai contoh, apabila Anda mengantarkan 35 paket per hari, maka 35 x Rp 1.500 = 52.500 per hari.

Bonus dan Tunjangan Kurir JNE

Selain gaji pokok yang sudah dijelaskan di atas, mungkin banyak juga diantara Anda yang bertanya-tanya terkait dengan bonus serta tunjangan saat menjadi kurir JNE. Untuk menghilangkan rasa penasaran itu, berikut ini penulis sudah menjelaskan mengenai bonus dan tunjangan Kurir JNE dibawah ini:

  • Gaji pokok sesuai dengan UMR tiap wilayah masing-masing.
  • Tunjangan kehadiran (hanya wilayah tertentu).
  • Mendapatkan tunjangan berupa perawatan kendaraan.
  • Mendapatkan uang bensin.
  • Mendapatkan bonus target per minggu.
  • Mendapatkan THR saat hari raya.
  • Mendapatkan bonus tahunan.

Akhir Kata

Bagaimana, apakah Anda sangat tertarik untuk menjadi kurir JNE Express? Semoga dengan adanya arikel di atas terkait gaji kurir JNE, tugas, sistem kerja, beserta bonus dan tunjangannya dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin berprofesi menjadi kurir JNE. Ada baiknya, Anda juga perlu konfirmasikan rincian gaji tersebut di wilayah Anda agar tidak adanya kesalah pahaman dalam penyebutan gaji. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Gaji Kurir JNE 2022 : Tugas, Sistem Kerja, Bonus & Tunjangan"

X