Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian RAM beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya

RAM adalah sebuah komponen yang sangat penting pada setiap komputer. Tak hanya di komputer saja, seluruh perangkat seperti smartphone, kalkulator grafik, game sistem, laptop, desktop, dan sejenisnya juga menggunakan RAM, meski memiliki berbagai macam jenis, namun pada padasarnya RAM memiliki tujuan yang sama. RAM juga hadir dalam berbagai bentuk serta kapasitas berukuran MB hingga GB dengan berkecepatan MHz atau GHz, dan arsitekturnya.

Ketika Anda ingin membeli sebuah perangkat untuk kebutuhan tertentu seperti game dan pekerjaan pastinya harus mempertimbangkan kapasitas RAM yang diberikan bukan? Hal tersebut memang sangat wajar, semakin besar RAM yang disematkan pada perangkat itu sendiri, maka aktivitas pekerjaan atau gaming akan berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut tentang pengertiam RAM, fungsi RAM, dan Jenis-Jenis RAM yang harus diketahui.

Pengertian RAM 

RAM (Random Acces Memory) adalah sebuah hardware atau perangkat keras yang ada di dalam komputer yang menyimpan data maupun intruksi program secara sementara. RAM juga membutuhkan daya untuk menjaga data agar tetap diakses. Apabila sebuah komputer itu dimatikan, maka RAM tidak akan dapat diakses dan data yang di dalamnya akan hilang.

RAM juga sangat mempengaruhi kinerja daripada komputer itu sendiri, lantaran operasinya berkaitan dengan jumlah memory yang terkandung pada program yang dijalankan. Apabila memori yang digunakan untuk menjalankan software atau program kurang, maka RAM akan menghasilkan kinerja yang lemot dan lambat. Oleh karena itu, akhir-akhir ini banyak yang menggunakan PC ataupun perangkat sejenis dengan RAM di atas 4GB dan sebagainya.

Fungsi RAM

Fungsi RAM yang pertama adalah membaca semua data dan informasi yang disimpan di dalam harddisk dapat dibuka dengan lebih cepat lantaran peran dari RAM komputer. Sebagai contoh, coba bandingkan kecepatan loading membuka file atau program saat pertama kali diakses, maka data tersebut akan otomatis tersimpan sementara di dalam RAM sehingga aplikasi tersebut lebih cepat terbuka sebelum komputer tersebut dimatikan.

Fungsi RAM yang kedua adalah berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara saat program di dalam komputer sedang dijalankan. Jadi, pada saat Anda sedang beraktivitas di dalam komputer seperti membuat makalah, bahan presentasi, dan sebagainya, maka komputer akan menyimpan data sementara.

Jenis-Jenis RAM

Berikut adalah jenis-jenis RAM yang harus diketahui:

  1. Dynamic RAM – jenis RAM yang disegarkan oleh CPU secara berkala agar data yang ada di dalamnya tidak hilang.
  2. SD RAM – jenis RAM lanjutan dari Dynamic RAM namun telah mengalami sinkronasi oleh clock sistem, umumnya jenis SD RAM lebih cepat dibandingkan RAM sebelumnya.
  3. DDR RAM – jenis RAM dengan teknologi lanjutan dari SD RAM, jenis RAM ini juga telah memiliki generasi terbaru, yakni DDR 2, DDR 3, DDR 4, dan akan terus berlanjut.
  4. RDR RAM – jenis RAM yang dapat menyimpan data di dalamnya tanpa harus ada penyegaran dari CPU.
  5. EDO RAM – jenis RAM yang digunakan pada perangkat OS Pentium, jenis memori ini dapat menyimpan dan mengambil data secara bersamaan.

Demikianlah ulasan kali ini terkait dengan pengertian RAM, fungsi RAM, dan Jenis-Jenis RAM. Semoga dengan adanya artikel di atas dapat membantu serta menambah wawasan bagi banyak orang, Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Pengertian RAM beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya"

X