Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Output Device Beserta Contoh & Fungsinya

Setiap komputer memang terdiri dari beberapa bagian, dimana bagian tersebut memiliki fungsinya tersendiri. Bagian personal komputer antara lain adalah Input Device, Processing Device, dan juga Output Device. Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka dari itu penulis akan membahas mengenai apa itu Output Device, Fungsi Output Device beserta Contoh Output Device yang harus diketahui apabila Anda berkecimpung di dunia teknologi khususnya perkomputeran atau teknisi.

Pengertian dan Fungsi Output Device

Output Device adalah sebuah komponen perangkat yang merupakan bagian dari komputer, output device sendiri adalah perangkat yang memiliki fungsi dalam menampilkan data yang telah diproses oleh bagian processor atau CPU. Sebelumnya data memang diambil oleh perangkat Input Device, namun keberadaan Output Device merupakan sebuah komponen yang sangat penting untuk berjalannya sebuah komputer agar dapat diakses dengan sempurna.

Output Device juga terdiri dari berbagai macam jenis yang seringkali Anda gunakan, beberapa diantaranya mungkin sudah sangat familiar dengan Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan terkait dengan contoh output device yang harus Anda ketahui.

Contoh Output Device

1. Monitor

Tak hanya di smartphone, tablet, dan laptop. PC juga membutuhkan sebuah monitor untuk menampilkan hasil olahan data dari perangkat input yang sudah diproses oleh sistem komputer. Dengan adanya monitor, tentunya memudahkan Anda dalam melihat segala jenis bentuk data seperti dokumen, video, gambar, suara, dan lain sebagainya. Sejak awal kemunculannya, monitor hanya berbentuk tabung dengan memiliki ukuran yang cukup besar.

Kemudian seiring dengan berkembangnya teknologi, monitor berubah menjadi LCD (Liquid Crystal Display) yang desainnya lebih tipis dari monitor tabung. Hingga kemudian, LCD beralih ke jenis monitor yang paling canggih, yakni LED (Light Emitting Diode) dengan menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan dengan monitor-monitor pendahulunya.

2. Speaker ataupun Earphone

Hal wajib yang harus dimiliki ketika mempunyai personal komputer adalah Speaker ataupun Earphone. Fungsi dari output yang satu ini memiliki fungsi untuk megeluarkan suara dari file yang ada di penyimpanan komputer. Dengan adanya kedua perangkat ini memudahkan penggunanya dalam mendengarkan suara dan lain sebagainya, begitu pula sebaliknya, tanpa adanya perangkat ini maka Anda tidak akan bisa mendengar suara dari komputer.

3. Printer

Printer adalah sebuah perangkat yang memiliki fungsi untuk mencetak dokumen ataupun gambar. Printer ini sendiri juga masuk ke dalam bagian Output Device lantaran fungsinya untuk menampilkan data berupa hasil cetakkan yang sebelumnya berupa soft file. Namun, printer merupakan sebuah perangkat yang opsional. Akan tetapi, perangkat ini sangat dibutuhkan apabila Anda bekerja di kantor maupun seorang mahasiswa.

4. Projector

Diantara Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan perangkat yang satu ini lantaran Projector seringkali digunakan untuk presentasi di sekolah maupun kantor. Dengan adanya perangkat ini tentunya akan memudahkan Anda dalam menampilkan data di komputer secara lebih besar dan jelas. Dengan demikian, orang lain akan memahami tujuan atau isi dari apa yang nantinya akan Anda presentasikan. Selain digunakan untuk presentasi, projector juga bisa menampilkan berbagai jenis data secara visual seperti Gambar, Video, hingga Tulisan.

Akhir Kata

Itulah ulasan kali ini terkait pengertian output device beserta fungsi dan contohnya, semoga dengan adanya artikel di atas bisa menambah wawasan Anda tentang dunia teknologi khususnya komputer. Pasalnya, mengingat pengetahuan tentang output device akan sangat penting lantaran perangkat ini sangat berhubungan dengan pengguna komputer apabila mengoperasikannya.

Posting Komentar untuk "Pengertian Output Device Beserta Contoh & Fungsinya"

X