Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kabel UTP, Fungsi dan Jenisnya [Lengkap]

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia IT khususnya pada jaringan komputer, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kabel UTP bukan? Kabel yang satu ini biasanya seringkali digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer satu ke komputer lainnya. Tak sampai disitu saja, biasanya kabel UTP ini juga seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer ke perangkat jaringan lain seperti router dan switch.

Nah, pada ulasan kali ini penulis akan mengupas tuntas mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kabel UTP. Baik itu pengertian kabel UTP, fungsi serta jenisnya secara lengkap dan detail. Untuk memahami artikel berikut lebih dalam, alangkah baiknya simak ulasan di bawah secara seksama.

Pengertian Kabel UTP

Kabel UTP adalah singkatan dari Unshield Twisted Pair. Nama “Unshield” sendiri merupakan sebuah kabel yang tidak dilindungi oleh pelindung aluminium sehingga kabel ini kurang tahan dengan interfensi elektromagnetik, berbeda halnya dengan saudaranya yakni STP (Shield Twisted Pair) yang merujuk pada bentuk dari isi kabel yang saling berkelilitan satu sama lain pada setiap pasangan.

Perlu diketahui bahwa kabel UTP juga dilengkapi dengan berbagai macam warna setidaknya ada 8 warna pada jenis kabel ini. Nantinya, kabel tersebut akan disusun secara berlilitan pada tiap pasang warna hingga menjadi 4 pasang. Tujuan dari lilitan kabel tersebut tentu berfungsi untuk mengurangi induksi dan kebocoran pada kabel.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kabel UTP memiliki 8 warna yang berbeda-beda, yaitu:

  • Jingga.
  • Putih - Jingga.
  • Hijau.
  • Putih - Hijau.
  • Biru.
  • Putih - Biru.
  • Coklat.
  • Putih - Coklat.

Fungsi Kabel UTP

Kabel UTP ini digunakan pada jaringan LAN dalam menghubungkan komputer ke perangkat jaringan atau komputer lain. Dalam penerapannya sendiri, kabel UTP juga memiliki aturan dalam penyusunan kabel berdasarkan kegunaannya. Tak sampai disitu saja, fungsi kabel UTP juga dapat dibagi menjadi lebih spesifik berdasarkan jenis beserta kategorinya.

Untuk jenis-jenis dari kabel UTP ini seperti straight-through, kabel cross-over hingga roll-over. Jika dilihat dari kategorinya, maka akan menjadi Kategori 1 (CAT1) sampai dengan kategori 7 (CAT7).

Jenis-Jenis Kabel UTP

Adapun jenis-jenis kabel UTP yang wajib Anda ketahui ketika sudah berkecimpung di dunia IT. Seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa jenis kabel UTP memiliki beberapa nama seperti straight-though,cross-over hingga roll-over. Tak hanya itu saja, setiap jenis kabel UTP tersebut tentunya memiliki penjelasan yang berbeda-beda, berikut penjelasannya:

Kabel Straight-through

Urutan kabel Straight-trough

Pada tipe straight-through memiliki aturan penyusunan yang sama antara ujung konektor yang satu dengan yang lainnya. Tipe kabel ini juga seringkali digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda, misalkan antara router dengan switch/hub, komputer ke switch dan komputer ke hub.

Kabel Cross-over

Urutan kabel Cross-over

Tipe selanjutnya adalah Cross-over yang memiliki aturan penyusunan yang berbeda antara tiap ujung konektor. Biasanya tipe kabel ini digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang sama, baik itu komputer dengan komputer, switch dengan switch ataupun hub dengan hub.

Kabel Roll-over

Urutan kabel Roll-over

Tipe yang terakhit adalah Roll-over yang memiliki aturan penyusunan yang terbalik antara ujung konektor satu dengan konektor lainnya. Kabel Roll-over seringkali digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda, hampir sama dengan tipe straight-through namun tipe ini lebih kepada menghubungkan perangkat yang memiliki konsol, misalkan seperti switch dengan printer, switch dengan proyektor.

Kategori Kabel UTP

Jenis Kabel UTP

  1. CAT 1 - Kategori 1 : Memiliki transmisi yang rendah, didesain untuk mendukung komunikasi suara analog saja.
  2. CAT 2 - Kategori 2 : Memiliki kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan CAT 1, jenis kategori ini didesain untuk mendukung komunikasi data serta suara digital, kabel ini sendiri dapat mentransmisikan data hingga 4 megabit per detik.
  3. CAT 3 - Kategori 3 : Memiliki kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan CAT 2, jenis kategori ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 10 megabit per detik.
  4. CAT 4 - Kategori 4 : Memiliki kualitas transmisi yang jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan jenis kategori 3 ataupun sebelumnya, jenis kabel ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan komunikasi suara pada kecepatan hingga 16 megabit per detik.
  5. CAT 5 - Kategori 5 : Memiliki kualitas transmisi yang jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan jenis kategori 3 ataupun sebelumnya, didesain untuk mendukung komunikasi data dan komunikasi  suara pada kecepatan 100 megabit per detik.
  6. CAT 6 - Kategori 6 : Jenis standar kabel UTP dengan sertifikasi resmi paling tinggi.
  7. CAT 7 - Kategori 7 : Jenis kabel premium dan sangat direkomendasikan sebagai media high traffic berbagai macam aplikasi dalam satu kabel. Maksimum data yang terkirim hingga 10 gigabit per detik dengan frekuensi 1000 Mhz.

Itulah pembahasan kali ini yang dapat penulis sampaikan mengenai pengertian kabel UTP, fungsi dan jenisnya yang telah dibahas secara lengkap beserta gambarnya. Diharapkan artikel di atas dapat bermanfaat serta juga bisa dijadikan sebuah referensi bagi banyak orang.

Posting Komentar untuk "Pengertian Kabel UTP, Fungsi dan Jenisnya [Lengkap]"

X