Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Input Device dan Contohnya beserta Fungsi

Komputer adalah sebuah kesatuan yang terdiri dari beberapa bagian komponen seperti input device, output device, hingga processing device. Dari semua komponen tersebut tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda, dan masing-masing terdiri dari beberapa perangkat. Contohnya, input device merupakan sebuah perangkat yang bertugas untuk menginput perintah dari pengguna untuk di proses oleh perangkat processing dan ditampilkan oleh output device. Untuk mengetahui hal tersebut, maka pada kesempatan kali ini penulis akan membahas pengertian input device dan contohnya.

Pengertian Input Device dan Fungsinya

Input Device adalah sebuah perangkat masukan pada komputer yang berfungsi untuk memasukan perintah dari pengguna komputer, entah itu berupa teks, gambar, suara, dan lain sebagainya yang nantinya akan di tampilkan oleh output device. Akan tetapi, adapun fungsi input device yang harus Anda ketahui seperti Input Langsung dan Tidak Langsung sebagai berikut:

  1. Perangkat Input Langsung – akan memproses jika terdapat masukan dari devicenya. Contohnya seperti, mouse, keyboard, touchpad, dan sejenisnya.
  2. Perangkat Input Tidak Langsung – input tidak langsung akan membutuhkan sebuah media tertentu sebelum suatu masukan diproses oleh perangkat processing. Contohnya seperti, harddisk, ssd, disket, flashdisk, dan sejenisnya.

Contoh Input Device dan Fungsinya

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi Input Device, selanjutnya adalah Anda bisa simak ulasan berikut secara seksama terkait dengan contoh dan fungsi input device di bawah ini:

1. Keyboard

Keyboard merupakan input device yang primer bagi sebuah personal komputer. Semua komputer tentunya membutuhkan perangkat ini untuk mengoperasikan komputer, fungsi dari keyboard juga sangat penting lantaran bisa berjalan dan di operasikan pada program DOS dan GUI. Sedangkan, keyboard hanya bisa berjalan pada aplikasi GUI. Tentu, Anda sebagai pengguna dapat memberikan perintah kepada keyboard dengan menggunakan perintah teks. Sebagai contoh, ketika Anda mengetikkan “M” pada keyboard, maka keyboard akan menampilkan huruf tersebut pada layar.

Keyboard sendiri terdiri dari papan ketik huruf yang biasa disusun dalam susunan QWERTY. Sampai saat ini, keyboard selalu berkembang seperti ukuran yang berbeda-beda, tombol yang berisikan lampu yang disebut dengan RGB, dan lain sebagainya.

2. Mouse

Mouse juga termasuk bagian dari input device yang berfungsi untuk menjalankan kursor atau pointer yang berada di layar guna untuk menjalankan perintah pada personal komputer. Mouse juga terdiri dari dua jenis, yakni wired menggunakan kabel dan wireless tanpa kabel. Mengingat perkembangan teknologi yang kian semakin maju membuat perkembangan mouse juga mengikuti.

3. Scanner

Scanner juga merupakan bagian dari input device yang berfungsi layaknya mesin fotocopy. Perangkat ini mampu merubah data menjadi sebuah file, sehingga nantinya file tersebut dapat dimasukkan pada harddisk komputer. Biasanya, perangkat ini digunakan untuk fotocopy laporan dan dikirimkan melalui media digital.

4. Webcam

Webcam adalah sebuah kamera kecil yang juga termasuk bagian dari input device, perangkat ini berfungsi untuk melakukan panggilan video, bahkan hingga berfoto. Biasanya, perangkat yang satu ini dibutuhkan pada personal komputer, bahkan pengguna Laptop juga membutuhkan perangkat ini jika ingin menghasilkan video yang lebih baik. Webcam sendiri juga bisa dibeli melalui marketplace dan lain sebagainya, semakin mahal harga yang ditawarkan, maka semakin baik juga kualitas video yang dihasilkan.

5. Microphone

Microphone berfungsi untuk merubah suara analog menjadi suara digital, biasanya perangkat ini digunakan untuk merekam suara yang lebih jelas dan baik. Jika Anda seorang content creator, alangkah baiknya untuk membeli Microphone dengan harga yang lebih mahal untuk mendapatkan fitur-fitur yang menarik.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan kali ini terkait dengan pengertian input device dan contohnya. Selain di atas, sebenarnya masih banyak contoh input device yang tidak penulis sebutkan seperti flashdisk, barcode scanner, modem, digitizer, dvd room, trackball, dan sejenisnya. Semua perangkat tersebut berfungsi untuk memberikan masukan perintah terhadap komputer.

Semoga dengan adanya artikel di atas dapat menambah wawasan serta juga bisa dijadikan referensi untuk pembelajaran. Dengan mengetahui perangkat input device, tentunya akan membantu Anda dalam membedakan berbagai macam jenis perangkat komputer berdasarkan jenisnya ketika nantinya Anda bekerja pada sebuah perusahaan yang membutuhkan untuk menghafalkan input device.

Posting Komentar untuk "Pengertian Input Device dan Contohnya beserta Fungsi"

X