Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Fungsi CPU beserta Komponen CPU

Sebelum merakit sebuah komputer maupun membeli perangkat komputer yang sudah jadi biasanya banyak diantara mereka yang melihat spesifikasinya terlebih dahulu. Mengecek spesifikasi memang sangat wajib agar perangkat komputer tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan perfoma yang di inginkan. Salah satu spesifikasi yang seringkali di cek adalah CPU, dimana CPU memiliki kemampuan dalam mengendalikan serta menjalankan semua instruksi program yang ada di komputer.

Processor juga disebut sebagai otak komputer, dengan adanya perangkat ini membuat komputer akan terus hidup dan bekerja secara komputasi. Peranan CPU sendiri juga sangat penting bagi komputer, bahkan CPU juga seringkali dikembangkan dengan tipe dan series yang begitu beragam. Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang pengertian CPU, Fungsi CPU, dan Komponen CPU. Sebaiknya simak ulasan berikut!

Pengertian CPU (Central Processing Unit)

CPU yang merupakan singkatan dari Central Processing Unit adalah sebuah hardware yang berfungsi untuk memproses data berupa sirkuit elektronik dalam komputer dalam menjalankan perintah kemudian membentuk program komputer. Sebagai contoh, ketika Anda menekan huruf “A” pada keyboard, maka huruf tersebut akan muncul pada layar komputer.

Processor juga seringkali disebut-sebut sebagai otak komputer, dikarenakan dapat mengontrol seluruh jalannya sistem dan melakukan komputasi pada program. CPU atau Processor juga terdiri dari rangkaian sirkuit dalam bentuk compact dan chip yang tipis dan juga kecil, di dalam chip ini terkumpul puluhan juta transitor yang memiliki peranan penting.

Fungsi CPU (Central Processing Unit)

Sebagai hardware atau komponen utama dalam sebuah komputer, CPU memiliki fungsi penting diantaranya adalah:

1. Fetching

Fetching merupakan istilah yang digunakan dalam ilmu komputer dan dapat diartikan sebagai proses pengambilan atau pemanggil data. Dalam sebuah komputer, data akan disimpan dalam harddisk pada CPU dengan sebuah alamat. Ibaratkan, data dalam processor atau CPU disusun dalam kumpulan alamat dan ketika suatu program dijalankan CPU akan mengambil data dari alamat yang tersimpan dalam komponen tersebut.

2. Executing

Ketika suatu saat program dijalankan maka CPU akan mengeksekusi program tersebut seperti melakukan kalkulasi atau perhitungan dengan menggunakan suatu komponen didalamnya yang disebut dengan ALU (Arithmetical Logical Unit), dimana komponen tersebut memiliki tanggung jawab dalam semua proses perhitungan matematika dan logika dalam komputer.

3. Decoding

Didalam suatu sistem CPU, sebuah program yang nantinya akan dijalankan atau dieksekusi, tentunya harus sesuai dengan kode instruksi yang nantinya akan diterjemahkan agar CPU dapat mengenalinya. Sehingga, decoding adalah suatu proses penterjemahan suatu program ke dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh CPU. Nantinya, decoding itu terjadi di dalam CPU dan semua program yang berjalan harus melalui proses decoding terlebih dahulu.

4. Storing

Storing adalah salah satu fungsi dari CPU. Pada saat seseorang menggunakan komputer maka ia membutuhkan perangkat untuk menyimpan baik secara langsung maupun permanen, apabila seseorang membutuhkan data dengan cepat dan menyimpan secara sementara maka CPU akan menyimpannya dalam RAM. Sementara itu, data yang tersimpan secara permanen akan dimasukan ke dalam harddisk.

Komponen CPU (Central Processing Unit)

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa CPU merupakan komponen yang sangat penting untuk mendukung kinerja kompuer, tentu di dalam CPU juga memiliki komponen yang memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Control Unit

Control Unit akan mengontrol semua operasi bagian komputer selain pemrosesan data asli, beberapa fungsi pengontrol ini yakni: 

  • Bertanggung jawab untuk mengendalikan transfer data serta instruksi data di antara unit komputer lainnya.
  • Mengelola dan mengontrol semua unit komputer
  • Bekerjasama dengan perangkat input device maupun output device kemudian menstransfer data dari hasil penyimpanan.

2. ALU (Arithmetic Logic Unit)

Nantinya ALU akan melakukan operasi berdasarkan instruksi yang akan diterima, ada dua jenis ALU yakni Arithmetic Section dengan memiliki fungsi untuk melakukan operasi aritmatika seperti penambahan, perkalian, pengurangan, dan pembagian. Nantinya, operasi tersebut kompleks dilakukan dengan sistem berulang.

Semantara itu, Logic Section akan berfungsi dalam bagian logika adalah melakukan operasi logika seperti membandingkan, menggabungkan, hingga mencocokan data.

3. Registres

Registres adalah sejumlah kecil memori yang memiliki kecepatan tinggi pada CPU yang berfungsi untuk menyimpan kumpulan kecil data yang diperlukan saat pemrosesan berjalan. Data pemrosesan terebut meliputi, alamat instruksi yang akan dijalankan, instruksi yang sedang di terjemahkan, dan juga hasil perhitungan.

4. Cache

Mungkin diantara Anda sudah tidak asing lagi dengan Cache, dimana Cache adalah kumpulan RAM kecil dengan berkecepatan tinggi yang dibangun langsung dalam CPU. Cache juga berfungsi untuk menahan data sementara dan instruksi di mana CPU akan digunakan kembali. Dengan begitu, pemrosesan akan dapat berlangsung dengan cepat tanpa menunggu data dan instruksi yang diambil dari RAM.

5. Buses

Buses atau Bus merupakan koneksi internal yang berkecepatan tinggi yang berguna untuk mengirim sinyal kontrol dan data antara processor dan komponen lain. Setidaknya ada tiga jenis bus yang harus diketahui, pertama Address Bus untuk membawa alamat memori dari CPU ke komponen lain, kedua Data Bus untuk membawa data actual dari CPU dan komponen lainnya, ketiga adalah Control Bus merupakan bagian dari bus sistem untuk membawa perintah dari CPU dan mengembalikan sinyal status dari perangkat.

6. Clock

Clock adalah bagian dari CPU yang dipergunakan untuk mengkoordinasikan semua komputer, sehingga clock ini akan mengirimkan denyut listrik biasa untuk menyinkronkan secara tepat waktu ke semua komponen. Clock juga memiliki frekuensi pulsa yang diukur dalam Hertz, semakin tinggi frekuensi, maka semakin banyak pula instruksi yang di dapat dalam momen waktu tertentu. Oleh karena itu, belakangan ini CPU memiliki kecepatan berjalan hingga 3 GHz.

Demikianlah ulasan kali ini terkait dengan pengertian CPU, fungsi CPU, dan komponen CPU. Semoga dengan adanya artikel di atas bisa membantu serta menambah wawasan Anda, Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi CPU beserta Komponen CPU"

X