Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya Lengkap dengan Gambar

Apabila diantara Anda yang berkecimpung di dunia Teknisi mungkin sudah mengetahui apa saja komponen-komponen komputer beserta fungsinya. Berbeda halnya bagi orang awan atau pemula yang hanya memahami sebagian komputer dari luar saja seperti monitor, keyboard, mouse, dan lain sebagainya. Padahal, jika dilihat lebih dalam, setidaknya ada cukup banyak komponen-komponen komputer yang memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Umumnya, komponen pada bagian komputer dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) bagian, yakni Input Device, Processing Device, Output Device, hingga Storage Device. Nantinya, komputer akan menjalankan tugas dengan benar. Input sendiri memiliki fungsi tersendiri yakni untuk menerima data, processing untuk memproses data, output untuk menghasilkan data, dan storage untuk menyimpan data.

Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya

Pada artikel kali ini penulis akan menjelaskan terkait dengan komponen-komponen komputer dan fungsinya serta lengkap dengan gambar agar memudahkan Anda dalam memahaminya. Setiap komponen di dalam komputer juga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk mengetahui, simak saja ulasan berikut secara seksama.

1. Motherboard

Motherboard atau seringkali disebut Mainboard adalah sebuah Papan Sirkuit Cetak (Printed Circuit Board) yang menjadi komponen penting yang harus dimiliki oleh perangkat komputer. Sebab, dengan adanya Motherboard akan membuat komponen utama di dalam komputer saling terhubung dengan komponen lain, Motherboard inilah yang nantinya akan menampung seluruh komponen yang memiliki peran penting seperti CPU, RAM, VGA, USB Port, dan lain sebagainya.

Motherboard sendiri memiliki fungsi untuk menyediakan akses bagi setiap komponen dan melakukan komunikasi satu dengan yang lain. Tak hanya itu saja, motherboard juga berfungsi dalam meningkatkan fleksibilitas dari komputer itu sendiri.

2. Processor

Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah komponen komputer yang digunakan untuk menangani intruksi yang diberikan. Processor ini juga seringkali disebut-sebut sebagai otak dari sebuah komputer. Pasalnya, Processor atau CPU akan mengatur segala aktivitas dan jalannya program yang terdapat dalam komputer. Setiap orang ketika ingin merakit komputer dan memilih CPU pastinya melihat dari Processor 32-bit dan juga 64-bit. Sebab, kinerja dari Processor 64-bit jauh lebih baik.

3. Heatsink

Heatsink adalah salah satu komponen komputer yang berbentuk seperti kipas mini yang terbuat dari tembaga dan juga aluminium. Fungsi dari heatsink ini adalah mendinginkan suhu pada processor agar kinerja dari processor tersebut tetap maksimal dan stabil. Apabila Heatsink tidak dapat menghantarkan suhu yang dingin, maka komputer Anda akan mati secara tiba-tiba. Untuk itu, memilih Heatsink juga sangat harus diperhatikan.

Berbeda halnya seperti dulu, saat ini sudah banyak sekali macam-macam heatsink yang dapat dipilih di marketplace. Baik itu ada fitur RGB, dan lain sebagainya. Semakin mahal Heatsink yang dibeli, maka semakin baik juga kualitas dan fitur yang disematkan.

4. VGA Card

VGA atau Video Graphics Adapter Card ini adalah komponen komputer yang digunakan untuk mengolah serta menerjemahkan output ke dalam monitor. Dengan hadirnya VGA Card dalam sebuah komputer memberikan dampak baik lantaran komponen ini berfungsi untuk membuka software yang besar seperti desain grafis, desain 3D, bahkan hingga bermain game dengan high graphic (tergantung dari VGA Card yang dipilih).

Namun, fungsi utama dari VGA Card yakni mengubah sinyal yang dihasilkan oleh komputer menjadi tampilan grafik melalui monitor. Oleh sebab itu, ketika sebuah komputer tidak menggunakan VGA Card, maka tampilan layar dari monitor kurang maksimal atau kurang bagus.

5. RAM

RAM atau Random Access Memory adalah komponen komputer yang digunakan sebagai media penyimpanan sementara dan hanya dapat diakses apabila komputer masih dengan keadaan menyala. Jika terjadi intruksi oleh processor, maka RAM akan langsung menyimpan data dari intruksi yang diberikan. Apabila nantinya komputer dimatikan, maka intruksi tersebut akan hilang dari RAM. Sama halnya seperti smartphone, semakin besar RAM yang digunakan, maka semakin kencang juga kinerja dari perangkat tersebut.

Begitu juga dengan RAM pada komputer, semakin besar Anda memasang RAM di sebuah komputer. Maka semakin kencang juga kinerja dari perangkat tersebut. Umumnya, spesifikasi RAM yang digunakan adalah DDR3, meski saat ini sudah ada DDR4. Namun, cukup jarang ditemukan lantaran harganya yang jauh lebih tinggi dibandingkan DDR sebelumnya.

6. Hard Disk

Hard Disk merupakan sebuah komponen komputer berbentukpersegi panjang yang berfungsi untuk menyimpan data dari komputer. File seperti foto, aplikasi, sistem operasi, dan lain sebagainya akan bisa disimpan di komponen ini. Meski komputer dimatikan, maka Hard Disk akan tetap menyimpan data tersebut secara permanen (terkecuali rusak atau terformat).

Ukuran dari Hard Disk juga bermacam-macam, umumnya banyak yang menggunakan HDD atau Hard Disk dengan kapasitas 500GB. Namun, saat ini penyimpanan Hard Disk sudah jauh lebih besar yakni hingga 2 TB.

7. SSD

SSD atau Solid State Drive adalah komponen komputer yang merupakan inovasi baru dari Hard Disk yang memiliki fungsi yang sama yakni menyimpan data yang ada di dalam komputer secara permanen. Namun, SSD ini seringkali digunakan untuk menyimpan sistem operasi agar booting pada PC jauh lebih ngebut. Selain sistem operasi, banyak juga dari mereka yang menyimpan game pada SSD agar gameplay tersebut tidak patah-patah, berbicara mengenai harga, SSD jelas lebih mahal dibandingkan dengan HDD.

8. Power Supply

Power Supply atau yang seringkali disebut PSU ini memiliki fungsi untuk menyuplai daya atau tegangan ke dalam komponen komputer. Daya tersebut akan disuplai menuju motherboard, harddisk, heatsink, dan lain sebagainya. PSU ini bertujuan untuk mengubah tegangan arus AC menjadi DC. Saat ini, ada beberapa jenis PSU yakni Power Supply AT, Power Supply ATX, dan juga Power Supply ATX.

9. LAN Card

LAN Card atau sebutan dari NIC (Network Interface Card) ini digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dengan jaringan, terutama LAN. Contohnya, jaringan komputer pada suatu gedung, satu rumah, satu kantor, dan lain sebagainya. Setidaknya ada dua jenis NIC, yakni bersifat fisik ataupun logis. NIC fisik bersifat Token Ring, sedangkan NIC logis bersifat Dial-Up Adapter. 

Dimana pada setiap NIC sudah dibekali nomor alamat yang dikenal sebagai sebutan MAC Address yang bersifat statis. Pada era teknologi yang kian semakin meningkat, LAN Card sudah memiliki dua jenis utama, yakni LAN Card Cabel dan LAN Card Wireless.

10. Sound Card

Sesuai dengan namanya yakni Sound Card yang memiliki fungsi yang berkaitan dengan kebutuhan audio dan suara di dalam suatu komputer. Contohnya, ketika Anda mendengarkan suara yang ada di dalam komputer menggunakan speaker atau headset, maka suara yang di dengar itulah diolah Sound Card. Saat ini ada beberapa jenis Sound Card yang dapat dipilih, beberapa diantaranya Sound Card Onboard, Sound Card Offboard, hingga Sound Card External.

11. Monitor

Monitor adalah komponen komputer yang berperan sebagai komponen keluaran (output). Monitor sendiri memiliki fungsi yang sangat penting dalam menampilkan hasil pengholahan data dalam bentuk grafis. Apabila tidak ada monitor, maka perangkat komputer tidak dapat diamati secara langsung, terkecuali dengan menggunakan perangkat output lainnya seperti projector. Selama perkembangannya sampai sekarang, setidaknya ada beberapa jenis monitor, yaitu CRT (CathodeRay Tube), LCD (Liquid Crystal Display), LED (Light Emitting Diode), dan monitor Plasma.

12. Keyboard

Keyboard berperan sebagai komponen input, yaitu sebuah komponen yang memiliki fungsi untuk melakukan penginputan data yang berupa huruf, angka, dan symbol dan menyampaikannya ke CPU (Central Processing Unit) untuk diubah menjadi sinyal-sinyal digital yang dipahami oleh CPU. Saat ini keyboard menggunakan format standar QWERTY yang sudah diakui oleh standar internasional.

13. Mouse

Mouse merupakan sebuah hardware yang berfungsi sebagai komponen input, yakni menerima inputan yang diberikan oleh pengguna. Perangkat ini dinamankan Mouse lantaran bentuk fisiknya menyerupai seekor tikus, serta dengan kabel yang dihubungkan dengan komputer yang menyediakan port di dalamnya. Saat ini, mouse juga sudah tersedia dalam versi wireless atau tanpa kabel.

14. Speaker

Speaker adalah komponen komputer sebagai komponen output yang dimana perangkat ini akan mengeluarkan output dari CPU yang berupa suara atau audio. Ada beberapa bagian yang terdpat di dalam Spekaer, diantaranya adalah conus, membran, magnet, kumpran, dan juga casing.

15. Webcam

Webcam berfungsi layaknya seperti kamera pada umumnya, yakni memudahkan penggunanya dalam mengolah pesan chat melalui video secara real-time. Webcam sendiri memang bukan dirancang untuk menyimpan gambar. Sebab, fungsi utama dari Webcam adalah merekam dan mengirimkan gambar yang ditangkap langsung oleh komponennya. Sehingga, perangkat ini sangat wajib dimiliki apabila Anda seorang streamer game dan sebagainya.

16. Casing CPU

Casing CPU juga memiliki peran yang sangat penting pada perangkat komputer. Pasalnya, dengan adanya perangkat ini tentunya akan memungkinkan Anda dalam meletakkan komponen komputer seperti Hard Disk, SSD, Motherboard, Power Supply, dan lain sebagainya. Saat ini ada banyak sekali jenis case PC atau casing PC yang bisa Anda pilih. Semakin mahal harganya, semakin banyak juga fitur yang ditawarkan.

Nah, kurang lebih itulah komponen-komponen komputer dan fungsinya lengkap dengan gambar yang harus Anda ketahui. Sebenarnya, Anda masih bisa menambahkan perangkat lainnya seperti Headset, Printer, Modem, Flashdisk, DVD Room (Khusus untuk case PC lawas), dan masih banyak lagi. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan serta bermanfaat bagi banyak orang.

Posting Komentar untuk "15+ Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya Lengkap dengan Gambar"

X