Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Diketahui

Kesalahan Blogger Pemula - Menjadi seorang blogger memang tidak hanya menyalurkan hobi saja, melainkan banyak juga dari mereka yang ingin mendapatkan penghasilan melalui aktivitas blogging. Selain dijadikan pendapatan sampingan, banyak juga yang menjadikan blogging sebagai pekerjaan utama. Hal tersebut sudah dibuktikan bahwasannya saat ini masih banyak sekali blogger Indonesia yang sukses dan menginspirasi banyak orang untuk menambah semangat dalam mengelola serta menulis artikel setiap harinya.

Namun, untuk meraih kesuksesan itu memang bukan suatu hal yang mudah, melainkan Anda diharuskan untuk belajar mengenai bagaimana mengelola blog yang baik dan benar, dan masih banyak lagi. Pasalnya, saat ini banyak juga dari mereka yang terjun di dunia blogger hanya untuk meraup keuntungan tanpa memperhatikan apakah situs yang mereka buat layak dibaca ataupun tidak.

8 Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Diketahui

Pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi terkait dengan beberapa kesalahan blogger pemula yang seringkali dilakukan, baik itu seperti terlalu mengejar penghasilan, gonta ganti template, dan masih banyak lagi. Unuk lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan berikut ini.

1. Terlalu Mengejar Penghasilan

Kebanyakan dari blogger pemula yang terjun di dunia blogging hanya untuk mengejar penghasilan semata. Ya, hal ini memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi, mengingat semua orang tentunya memerlukan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, memperpanjang masa domain, membeli template blogger premium terbaik, dan lain sebagainya. Bahkan, saya sendiri juga demikian.

Namun sayangnya, kebanyakan blogger pemula hanya memikirkan penghasilannya saja. Padahal, untuk mendapatkan penghasilan dari blog itu membutuhkan proses yang terbilang lama. Kebanyakan, blogger yang terbilang mastah membutuhkan waktu 2 sampai 3 tahun untuk menerima pembayaran dari Google Adsense setiap bulannya.

Pada saat Anda baru saja membuat blog maka sangat disarankan untuk menulis artikel artikel SEO friendly, menggunakan template premium,  dan yang lebih bagus menyewa domain agar situs Anda terlihat profesional. Harga domain dari penyedia domain di Indonesia juga sangat murah yakni mulai dari Rp10.000,- rupiah saja Anda sudah bisa mendapatkan domain dengan ekstensi my.id.

2. Gonta Ganti Template

Kesalahan blogger pemula selanjutnya adalah terlalu sering dalam menggonta ganti template, padahal dampak negatif sering gonta ganti template sangat banyak seperti buang-buang waktu, tampilan situs akan berantakan, menghilangkan ciri khas blog, menurunkan kualitas SEO, traffic blog menjadi menurun, hingga buang-buang.

Oleh sebab itu, disarankan ketika Anda baru saja terjun ke dunia blogging maka pilihlah template blogger yang memang sangat Anda sukai. Baik itu dari segi tampilan, kecepatan, dan sebagainya. Apabila Anda tidak paham HTML, CSS dan Javascript maka Anda bisa membeli template buatan Mas Sugeng seperti Template LinkMagz, Template VioMagz, hingga Template EvoMagz.

3. Tidak Konsisten

Tidak konsisten mungkin seringkali terjadi pada seorang blogger pemula. Selain blogger pemula, banyak juga dari seorang blogger lama yang tidak konsisten dalam update artikel, hal tersebut mungkin faktor kesibukan di dunia nyata seperti pekerjaan kantor dan lain sebagainya. Selain kesibukan di kantor, mungkin banyak juga diantara blogger pemula yang membahas topic yang memang bukan keahlian.

Contohnya seperti ini, apabila Anda suka dengan topik teknologi, maka Anda membahas seputar Kesehatan. Tentu hal tersebut salah besar, sehingga Anda akan kehabisan topik dan mungkin akan buntu dalam menerbitkan artikel setiap harinya. Jika Anda bimbang dalam menentukan topik yang akan dibahas, maka silahkan buatlah blog gado-gado yang membahas segala macam topik.

4. Melakukan Copy Paste

Kesahalan blogger pemula yang seringkali dilakukan selanjutnya adalah melakukan copy paste pada blog orang lain agar bisa mengupdate artikel setiap harinya atau mungkin malas membuat artikel. Jika Anda pernah melakukan hal ini, alangkah baiknya hindari saja. Apabila nantinya blog Anda diketahui melakukan copy paste, maka Google akan memberikan pelanggaran yang berat untuk situs blog yang Anda kelola.

Padahal membuat artikel itu tidak susah-susah gampang, Anda hanya perlu mencari referensi pada situs orang lain lalu menulis ulang dengan gaya bahasa sendiri. Jika memungkinkan, alangkah baiknya Anda memberikan link rujukan referensi di bawah artikel yang Anda buat.

5. Tidak Riset Keyword 

Sebelum menulis artikel biasanya seorang blogger diharuskan melakukan riset keyword terlebih dahulu untuk mengetahui jumlah kompetitor, volume pencarian, keyword turunan dan tingkat persaingan. Namun, berbeda halnya dengan seorang blogger pemula yang tidak melakukan riset keyword dalam menulis artikel. Sehingga, artikel tersebut susah untuk mendatangkan trafik murni dari search engine atau mesin pencari.

Padahal keuntungan dalam melakukan riset keyword dalam menulis artikel sangat banyak seperti mendapatkan banyak ide tulisan, mendatangkan trafik murni dari mesin pencari, hingga posisi artikel Anda bisa berada di halaman pertama mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex, Yahoo dan masih banyak lagi.

6. Tidak Belajar SEO

SEO (Search Engine Optimization) memang kunci kesuksesan seorang blogger itu sendiri, dengan menguasai teknik SEO tentunya Anda akan mudah dalam membuat arikel nangkring di halaman pertama mesin pencari. Namun, beda halnya seperti blogger pemula yang mungkin tidak belajar SEO lantaran sangat ribet dan memusingkan. SEO sendiri memang sangat banyak jika harus dipelajari seperti Backlink, SEO On Page, SEO Off Page, dan masih banyak lagi.

Untuk Anda yang memang ingin menekuni dunia blogging untuk menghasilkan uang, sangat saya sarankan belajar SEO dasar pada situs yang mengulas informasi SEO seperti PanduanIM.com dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga bisa pelajari SEO melalui platform YouTube seperti channel Blog Tips.

7. Tidak Mau Gabung Dengan Komunitas

Setiap kota maupun daerah pastinya memiliki komunitas tersendiri baik itu di media sosial maupun grup Facebook. Dengan bergabung di dalam komunitas Blogger tentunya Anda akan mendapatkan banyak ilmu serta informasi terupdate seperti perkembangan SEO di masa mendatang serta perkembangan Blogger di kemudian hari. Saya sarankan untuk blogger pemula bergabung di dalam komunitas Facebook di Grup Facebook yang bernama Blogger Indonesia.

Selain itu, Anda juga bisa meminta teman-teman blogger disana untuk memasukan Anda ke dalam grup WhatsApp, Telegram dan sebagainya untuk menambah teman serta menambah pengalaman Anda di dalam dunia blogging.

8. Terlalu Mudah Menyerah

Kesalahan blogger pemula yang terakhir adalah terlalu mudah menyerah yang dimana sikap tersebut memang ada pada diri masing-masing. Alangkah baiknya Anda abaikan saja sifat mudah menyerah dan fokus pada tujuan utama Anda dalam menghasilkan uang dari blog. Sampai saat ini, saya sendiri memang belum mendapatkan penghasilan dari Google Adsense yang sangat banyak. Akan tetapi, saya yakin bahwasannya saya akan mendapatkan penghasilan yang cukup suatu saat nanti. Intinya, fokus saja dalam menulis dan mengupdate artikel.

Nah itulah beberapa kesalahan blogger pemula yang seringkali dilakukan. Jadi, bagi Anda yang baru saja terjun di dunia blogging silahkan lihat apakah diri Anda memiliki salah satu sifat di atas ini atau tidak. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda dan menambah penyemangat dalam mencari pundi-pundi dolar dari Google Adsense.

Posting Komentar untuk "8 Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Diketahui"

X