Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi WinRAR Diagnostic Messages

Mungkin banyak diantara Anda yang sangat kesal apabila extract file RAR namun file tersebut rusak atau corrupt. Apalagi jika mendapatkan file tersebut bersusah payah dengan melewati beberapa shortlink serta ukuran tersebut terbilang cukup besar, pastinya hal tersebut akan sia-sia. Sebelum Anda menghapus file RAR yang error atau tidak bisa di extract, alangkah baiknya Anda simak ulasan yang akan saya bagikan pada artikel kali ini. Jika memang sudah terlanjur terhapus, Anda bisa kok mengembalikannya dengan menggunakan aplikasi recovery data untuk PC.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa mengkompresi format file RAR atau ZIP memang seringkali dilakukan oleh situs website yang menyediakan link download berupa file software, dokumen dan lain sebagainya. Fungsinya sendiri yakni untuk mengecilkan ukuran file yang ada di dalamnya tanpa harus mengurangi kualitas file yang ada di dalamnya. Ketika Anda sudah melakukan kompresi dan dibagikan kepada orang lain, tentu orang tersebut akan melakukan extract terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Lantas apa sih penyebab WinRAR Diagnostic Messages? Sebenarnya ada beberapa penyebab yang mungkin seringkali terjadi pada banyak orang, misalnya seperti pada saat mendownload file tersebut tidak selesai lantaran koneksi internet yang kurang memadai atau mungkin file tersebut memang sudah rusak namun masih saja dibagikan oleh pihak yang ingin mendapatkan keuntungan semata.

Cara Mengatasi WinRAR Diagnostic Messages

Pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa cara mengatasi WinRAR Diagnostic Messages yang wajib Anda lakukan agar file yang Anda unduh tidak sia-sia. Meski cara yang saya bagikan di bawah ini tidak sepenuhnya benar, namun tidak ada salahnya untuk mencoba. Pasalnya, banyak juga diantara mereka yang berhasil mengekstrack RAR meski mengalami WinRAR Diagnostic Messages.

1. Update Versi WinRAR

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menggunakan WinRAR versi terbaru atau melakukan update secara manual. Pasalnya, versi WinRAR yang sudah using atau jadul tidak mampu mengekstrack file arsip secara optimal. Faktanya untuk setiap versi build seringkali terjadi permasalahan dimana file arsip yang ada di RAR dengan versi terbaru tidak bisa diekstrack dengan WinRAR versi jadul.

2. Repair Archive WinRAR

Mungkin saja penyebab lain mengapa WinRAR Diagnostic Messages bukan karena adanya element yang rusak. Melainkan ada kesalahan pada label atau element yang tertukar dengan tata letaknya, lalu bagaimana cara mengatasinya? Cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan repair archive dengan cara klik menu Tool dan pilih Repair Archive atau dengan cara menggunakan ALT+R.

3. Abaikan Error

Jika ada sebuah element file yang hilang maupun tidak terbaca maka akan menyebabkan file arsip rar corrupt, solusinya adalah melakukan atau mencoba ekstrack file RAR dengan cara melewati beberapa broken file yang error di dalam arsip RAR tersebut. 

Prosesnya sendiri juga terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu klik kanan pada file RAR dan pilih Extract File, selanjutnya akan muncul pop up dan silahkan centang pada bagian “Keep Broken Files”.

4. Download File RAR Ulang

Sebagaimana yang tadi sudah dijelaskan bahwasannya penyebab utama dari WinRAR Diagnostic Messages ini karena pada saat mengunduh file tersebut sinyal yang Anda gunakan mengalami gangguan atau koneksi terputus. Sehingga, file tersebut akan mengalami kerusakan lantaran Anda melanjutkan proses pengunduhan.

Alangkah baiknya Anda melakukan download ulang file RAR tersebut, apabila ukurannya cukup besar dan mungkin kuota Anda tidak memadai, maka Anda bisa menggunakan WiFi dan lain sebagainya.

Itulah artikel kali ini mengenai cara mengatasi WinRAR Diagnostic Messages yang dapat saya sampaikan, semoga dengan adanya artikel di atas bisa membantu Anda serta juga bisa bermanfaat bagi banyak orang. Semoga berhasil!

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi WinRAR Diagnostic Messages"

X