Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Klaim Orderan Fiktif Shopee Food: Ciri Ciri & Syaratnya!

Sebagai seorang driver pastinya mengharapkan mendapatkan pesanan atau orderan yang cukup banyak untuk mendapatkan penghasilan maksimal. Namun apa jadinya jika orderan tersebut merupakan orderan fiktif?. Orderan fiktif di dalam industri transportasi online memang bukan hal yang baru dan sangat meresahkan bagi seorang driver. Sebab, hal ini akan merugikan banyak pihak salah satunya driver. Bahkan hingga saat ini orderan fiktif digadang-gadang sebagai momok yang menakutkan.

Kejadian seperti ini memang sudah seringkali terajdi di beberapa transportasi online seperti GoJek, Grab, hingga yang terbaru adalah Shopee Food meski layanan ini terbilang sangat baru dibandingkan dengan layanan lainnya. Melihat permasalahan ini, pihak Shopee tidak tinggal diam. Melainkan mereka memberikan fasilitas khusus guna menangani masalah semacam ini agar tidak terulang kembali. Dimana driver akan tetap mendapatkan penghasilan sesuai dengan orderan fiktif yang di dapat.

Apabila Anda seorang diver yang mendapatkan orderan fiktif, maka Anda dapat langsung melakukan klaim ke pihak Shopee dengan begitu penggantian uang akan dilakukan. Proses klaim garansi ke pihak Shopee juga tidak terlalu sulit, berikut ini sudah diulas secara rinci mengenai cara klaim orderan fiktif Shopee Food yang harus Anda simak secara seksama.

Ciri Ciri Orderan Fiktif Shopee Food

Menjadi seorang diver apapun itu termasuk Shopee Food sangat wajib dalam mengetahui hal seperti ini lantaran dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pada saat driver mendapatkan orderan yang sangat mencurigakan. Meski layanan Shopee Foood terbilang baru, banyak seorang driver Shopee Food mengalami hal semacam ini, agar terhindar dari orderan fiktif, alangkah baiknya Anda ketahui terlebih dahulu beberapa ciri-ciri orderan fiktif Shopee Food berikut ini:

  • Total tagihan yang masuk cukup besar dan tidak wajar.
  • Metode pembayaran dari orderan tersebut menggunakan pembayaran non tunai.
  • Alamat tujuan pembeli atau orderan tersebut tidak jelas.
  • Pesanan yang dibeli tidak direspon baik melalui pesan maupun panggilan suara.

Syarat Klaim Orderan Fiktif Shopee Food

Jika Anda sudah terlanjur dalam menerima orderan fiktif tersebut, maka Anda diharuskan untuk melakukan beberapa hal yang akan dijelaskan dibawah ini. Namun sebelum itu, mitra driver diharuskan melengkapi beberapa syarat dan ketentuan dari pihak Shopee, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan dibawah:

  • Menyerahkan nota pembelian dari merchant Shopee Food kepada pihak Shoope sebagai bukti.
  • Driver diharuskan menyelesaikan orderan fiktif terlebih dahulu.
  • Wajib menyerahkan makanan dari orderan fiktif tersebut ke Panti Asuhan.
  • Wajib melampirkan foto saat penyerahan makanan ke Panti Asuhan.
  • Wajib melampirkan tanda terima dari Panti Asuhan atau berupa kop surat.

Cara Klaim Orderan Fiktif Shopee Food

Ketika semua syarat untuk klaim orderan fiktif dipenuhi, selanjutnya Anda dapat mengikuti panduan lengkap mengenai cara klaim orderan fiktif Shopee Food yang akan dijelaskan secara rinci dibawah ini:

1. Lengkapi Persyaratan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi bahwasannya driver diharuskan melengkapi persyaratan untuk klaim orderan fiktif Shopee Food. Beberapa persyaratan yang dibutuhkan diantara lain: nota dari restaurant maupun tempat makan, foto penyerahan makanan ke panti asuhan, dan masih banyak lagi. Silahkan semua dari persyaratan tersebut dikumpulkan menjadi satu dan diusahakan semua sudah terlengkapi dan tidak ada yang tertinggal satupun. Usahakan foto dokumen terlihat sangat jelas dan tidak blur sebelum diserahkan ke pihak Shopee.

2. Kunjungi Kantor Driver Center Shopee Food Terdekat

Langkah selanjutnya yakni Anda diharuskan untuk mengunjungi driver center Shopee Food terdekat dengan lokasi maupun daerah Anda saat ini. Diusahakan datang pada jam kerja pada hari Senin sampai Jumat dari jam 8 pagi hingga 5 sore, sesampai di driver center Shopee Food. Selanjutnya Anda serahkan semua persyaratan yang sudah dijelaskan diatas tadi kepada tugas yang sedang berjaga.

3. Proses Klaim Sedang Berlangsung

Langkah terakir yakni Anda hanya perlu menunggu sampai klaim orderan fiktif Shopee Food ditangani dan di proses oleh petugas. Pada tahap ini, biasanya Anda akan ditanyakan oleh petugas terkait orderan tersebut, silahkan berikan saja penjelasan secara detail dan lebih rinci kepada petugas. Apabila nantinya proses pengajuan orderan fiktif ini di terima, maka proses penggantian uang pun akan diberikan ke pihak Shopee. Selanjutnya, Anda dapat meminta untuk penggantian uang cash maupun melalui saldo ShopeePay.

Cara Menghindari Orderan Fiktif Shopee Food

Agar kejadian seperti ini tidak menimpa Anda kembali, alangkah baiknya Anda harus mengikuti beberapa tips maupun cara agar terhindar dari orderan fiktif. Berikut ulasannya:

  1. Apabila mendapatkan orderan dalam jumlah besar dan banyak, sebaiknya perlu Anda waspadai.
  2. Laporkan kepada CS Shopee Food apabila Anda mendapatkan orderan yang tidak wajar.
  3. Selain itu, alangkah baiknya Anda melihat terlebih dahulu lokasi alamat pengantaran. Apabila alamat tersebut tidak jelas, alangkah baiknya jangan pernah untuk mengambil orderan tersebut.

Demikianlah sekiranya ulasan yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini mengenai cara klaim orderan fiktif yang dapat dilakukan. Semoga dengan adanya artikel di atas bisa menjadi sebuah referensi serta gambaran bagi mitra driver untuk berhati-hati dalam menerima orderan yang masuk.

Posting Komentar untuk "Cara Klaim Orderan Fiktif Shopee Food: Ciri Ciri & Syaratnya!"

X