Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Site Manager : Pengertian, Tugas & Tanggung Jawab

Pada saat melaksanakan sebuah proyek, biasanya akan ada beberapa jabatan yang memiliki peran penting untuk memastikan pekerjaan tersebut berjalan dengan lancar dan maksimal. Salah satu yang memiliki peran penting tersebut adalah site manager. Pada ulasan kali ini penulis akan memberikan informasi mengenai apa itu site manager, tugas site manager, dan tanggung jawab site manager yang wajib Anda ketahui. Simak ulasan dibawah secara seksama!

Pengertian Site Manager

Site Manager adalah salah satu orang yang berperan untuk membantu proyek manager dalam memeriksa setiap pekerjaan dilapangan secara teliti atau detail. Site manager sendiri juga mengemban tanggung jawab dalam perencanaan teknis serta mengukur kelancaran pekerjaan. Dalam hal ini juga pasti akan melibatkan biaya, waktu, hingga mutu. Selanjutnya site manager juga bertugas untuk menjamin terlaksanakanya konstruksi yang sesuai dengan spesifikasi teknis dan waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Tak sampai disitu saja, site manager juga memiliki peran penting seperti mengarahkan atau pun memberikan instruksi di lapangan kepada para subcontractor sesuai dengan rencana kerja yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh kedua belah pihak. Supervisor juga biasanya akan terlibat untuk membantu mengatur setiap pekerjaan dalam melaksanakan pekerjaan yang sesuai dengan prosedur dan tujuan.

Tugas Site Manager

Bukan hanya Project Control maupun Project Manager saja, namun Site Manager juga berperan penting dalam menjalankan suatu proyek. Lantas, apa saja sih tugas site manager? Berikut ulasannya!

  • Mengarahkan serta member petunjuk kepada tim dalam melaksanakan pekerjaan teknis yang akan dikerjakan agar lebih maksimal lagi.
  • Menyusun detail materi yang nantinya akan digunakan untuk menyusun biaya proyek.
  • Menyiapkan bahan dan materi yang nantinya akan digunakan untuk membuat rencana proyek agar sesuai dengan bagian dan mutu yang baik.
  • Menyiapkan jadwal mingguan serta bulanan untuk melaksanakan proyek.
  • Menyusun perencanaan mengenai pemakaian bahan dan material yang akan digunakan.
  • Menyusun perencanaan dan kebutuhan SDM (Sumber Daya Manusia).
  • Mengembangkan karyawan menggunakan program pendidikan serta pelatihan kerja para staff.
  • Merencanakan seperti apa metode kerja yang nantinya akan digunakan bersama dengan divisi yang terlibat.
  • Menyiapkan rekomendasi secara detail yang bertujuan untuk membuat proses pekerjaan di lapangan semakin maksimal dengan waktu yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • Menetapkan tingkatan bobot rencana kerja.
  • Menyusun skema, rencana kerja, dan seperti apa tahapan pekerjaan yang akan digunakan.
  • Menyusun tim lapangan yang efektif, agar dapat mengendalikan semua kegiatan kontraktor.
  • Mendukung, membantu, serta memberikan arahan kepada tim di lapangan untuk menyelesaikan masalah.
  • Menyiapkan laporan pekerjaan secara detail dan teliti.
  • Mengecek semua hasil laporan pengujian beserta analisanya.
  • Mengatur semua pekerjaan yang terlibat dalam pelaksanaan.
  • Bertanggung jawab atas segala pengujian dan penyelidikan yang terjadi di lapangan.

Tanggung Jawab Site Manager

Setidaknya ada beberapa tanggung jawab site manager yang perlu diketahui, berikut ini penulis akan merangkum secara rinci melalui ulasan dibawah ini:

  1. Memastikan site manager telah memegang surat izin bangunan dan menyediakan jaminan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut sebelum dimulainya proyek.
  2. Memberikan informasi yang diperlukan oleh pemilik proyek mengenai pekerjaan yang sudah dikerjakan.
  3. Berkomunikasi dengan pemilik proyek mengenai apa saja ketentuan pemakaian jenis material yang cocok untuk proyek.
  4. Menyampaikan informasi serta meminta keringanan pada pemilik proyek untuk permasalahan perpanjangan waktu proyek (apabila ada keterlambatan berlangsungnya proyek tersebut).
  5. Berkomunikasi dengan penduduk setempat serta pihak yang berwenang apabila proyek akan dikerjakan nanti, baik itu berupa tulisan atau pun lisan.
  6. Bertanggung jawab penuh mengenai jadi atau tidaknya saat akan mengerjakan perubahan pekerjaan dalam keadaan tertentu, hal ini juga bisa disampaikan secara langsung kepada pemilik proyek.

Itulah sekiranya informasi yang dapat penulis sampaikan terkait dengan pengertian site manager, tugas site manager, hingga tanggung jawab site manager. Semoga dengan apa yang telah disampaikan oleh penulis dapat dijadikan referensi dan bermanfaat bagi banyak orang.

Posting Komentar untuk "Apa itu Site Manager : Pengertian, Tugas & Tanggung Jawab"

X