Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Download Manager Terbaik untuk Linux

Ketika Anda baru saja melakukan migrasi dari sistem operasi Windows dan beralih ke Linux, tentunya Anda akan bertanya-tanya mengenai aplikasi downloader manager terbaik untuk linux. Sebelumnya mungkin Anda sudah sangat familiar dengan aplikasi downloader atau download manager pada sistem operasi Windows yakni IDM (Internet Download Manager) yang masih populer hingga saat ini.

Sayangnya, aplikasi IDM tersebut tidak dapat digunakan di sistem operasi Linux sehingga Anda wajib mencari alternative lainnya. Sebelumnya mungkin saya sudah pernah membahas mengenai aplikasi downloader selain IDM terbaik. Namun, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa rekomendasi aplikasi download manager terbaik untuk linux yang wajib Anda pertimbangkan.

1. uGet Download Manager

uGet mungkin juga sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang lantaran aplikasi ini dibangun menggunakan pustaka GTK serta juga sudah kompatibel di dua sistem operasi yakni Windows dan juga Linux. Dengan menggunakan uGet, Anda dapat melakukan unduh file sekaligus dengan kemampuan untuk mengatur kecepatan unduh maksimum untuk semua file secara bersamaan.

Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga telah menghadirkan berbagai macam fitur menarik seperti:

  • Mendukung 20 Segmen untuk setiap file yang diunduh.
  • Kemampuan dalam mengambil URL dari clipboard secara otomatis.
  • Dukungan untuk mengunduh file torrent dan metalink.
  • Kemampuan dalam berinteraksi dengan add-on FlashGot untuk Firefox.
  • Dan masih banyak lagi.

$ sudo add-apt-repositori ppa: plushuang-tw / uget-stable

$ sudo apt-get update

$ sudo apt-get install uget

Diatas adalah perintah untuk mengunduh aplikasi uGet di sistem operasi Linux.

2. MultiGet Download Manager

Selanjutnya adalah MultiGet Manager yang merupakan salah satu downloader manager terbaik untuk linux yang dapat diunduh secara gratis dan open source. Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan bagi seorang pemula yang baru saja migrasi ke dalam sistem operasi Linux. Oh ya, aplikasi ini ditulis dalam bahasa pemrograman C++.

Ada berbagai fitur menarik dari MultiGet Download Manager yang dapat Anda nikmati nantinya seperti:

  • Mendukung multi-tugas.
  • Mendukung melanjutkan unduhan yang sebelumnya tertunda atau rusak.
  • Mendukung protocol HTTP dan juga FTP.
  • Mendukung SOCKS 4, 4a, 5 proxy, ftp proxy, dan http proxy.
  • Mendukung pemantauan clipboard dan meminta untuk mengunduh.

Untuk mengunduh aplikasi ini juga tidak begitu sulit, dimana Anda hanya perlu menggunakan perintah dibawah ini di dalam aplikasi Terminal Linux.

$ sudo apt-get install multiget

3. SteadyFlow

Jika Anda sedang mencari aplikasi download manager terbaik untuk Linux, maka alangkah baiknya Anda mencoba aplikasi SteadyFlow yang dimana aplikasi ini memungkinkan Anda dalam mengunduh beberapa file sekaligus dengan kecepatan yang tinggi. Selain itu, Anda juga dapat menghentikan unduhan tersebut dan melanjutkan nanti. 

Adapun fitur-fitur yang sudah disematkan seperti GUI yang sangat sederhana, dukungan integrasi Google Chrome / Chronium, dukungan mengambil URL, serta kemampuan untuk menjalankan perintah tertentu apabila file yang sudah Anda unduh sebelumnya selesai.

SteadyFlow juga tersedia di repository resmi untuk Anda yang menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu dan Mint, berikut ini adalah cara menginstallnya:

$ sudo add-apt-repositori ppa: sikon / steadyflow

$ sudo apt-get update

$ sudo apt-get install steadyflow

4. FlareGet

Rekomendasi download manager untuk linux selanjutnya adalah FlareGet, aplikasi ini juga telah menyediakan dua versi yang berbeda yakni versi gratisan dan versi berbayar. Akan tetapi, semuanya termasuk closed source. Namun, aplikasi FlareGet juga dapat berjalan di dua sistem operasi yakni Windows dan Linux. Apabila Anda ingin menikmati banyak fitur, alangkah baiknya Anda membeli versi berbayar.

Apabila Anda tidak membeli versi premium atau berbayar, maka Anda hanya mendapatkan sedikit fitur seperti:

  • Dukungan multi-utas.
  • GUI yang sudah tersedia dalam 18 bahasa berbeda.
  • Dukungan untuk HTTP, HTTPS, dan protokol FTP.
  • Mendukung hingga 4 segmen per file.
  • Dan masih banyak lagi.

Untuk mengunduh aplikasi ini juga tergolong cukup mudah, dimana Anda hanya perlu mengunjungi tautan berikut ini: https://flareget.com/download.html

5. KGet

KGet merupakan salah satu aplikasi download manager yang ramah pengguna di sistem operasi Linux dengan dukungan FTP dan HTTPS. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat melakukan penghentian unduhan dan bisa dilanjutkan nanti, serta adanya dukungan metalink yang mencakup banyak URL untuk unduhan dan masih banyak lagi.

Proses penginstallan aplikasi KGet di sistem operasi Linux juga tidak begitu sulit lantaran Anda hanya perlu menggunakan perintah berikut ini:

$ sudo apt-get install kget

6. DownThemAll

DownThemAll sebenarnya bukan sebuah software melainkan hanya sebuah plugin atau Add-Ons yang tersedia di aplikasi Firefox. Namun, dengan menggunakan plugin ini Anda dapat mengunduh file dengan cepat dan mudah lantaran DownThemAll merupakan plugin bawaan dari Firefox.

Menariknya lagi, plugin ini dapat diunduh di berbagai macam sistem operasi yang terpenting sistem operasi tersebut sudah kompatibel dengan aplikasi Firefox. Beberapa siste operasi yang sudah kompatibel yakni Linux, Windows, Mac OS, BSD, dan lain sebagainya.

Adapun beberapa fitur menarik yang ditawarkan seperti mampu mempercepat unduhan hingga 400%, dukungan untuk mengunduh gambar dan tautan di halaman web, dukungan mengunduh file banyak sekaligus, dan masih banyak lagi.

Untuk mengunduh plugin DownThemAll ini Anda hanya perlu membuka aplikasi Mozilla Firefox dan silahkan paste tautan berikut ini: https://addons.mozilla.org/id/firefox/addon/downthemall/.

7. Persepolis Download Manager

Persepolis adalah salah satu download manager terbaik untuk linux yang sangat direkomendasikan untuk Anda. Pasalnya, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan open source. Menariknya lagi, Persepolis juga sudah kompatibel dengan berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac OS, BSD, dan lain sebagainya.

Tak sampai disitu saja, meski aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, Persepolis selalu memperbarui tampilan dan fitur serta bug yang tergolong sangat rutin. Fitur yang diberikan juga sangat lengkap seperti:

  • UI grafis untuk aria2.
  • Mengunduh video dari YouTube, Vimeo, DailyMotion, dan sebagainya.
  • Menjadwalkan unduhan.
  • Dapat mengunduh file sekaligus.
  • Pengunduha multi segemen.

Bagi Anda yang ingin menginstall aplikasi Persepolis ini silahkan gunakan perintah dibawah ini:

$ sudo add-apt-repository ppa: persepolis / ppa

$ sudo apt pembaruan

$ sudo apt install Persepolis

Itulah beberapa rekomendasi Download Manager Terbaik untuk Linux yang wajib Anda coba. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih download manager terbaik untuk Linux, selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "7 Download Manager Terbaik untuk Linux"

X