Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Disavow Backlink dengan Google Search Console

Ketika Anda baru saja terjun di dunia Blogger khususnya SEO atau mungkin baru saja belajar mengenai teknik dasar SEO, setidaknya seringkali mendengar sebuah istilah “disavow” sehingga membuat Anda menjadi kebingungan mengenai apa itu disavow tool dan apa fungsinya. Disavow sendiri berfungsi untuk memberitahukan mesin pencari google agar menolak efek backlink spam yang masuk ke situs atau blog yang Anda kelola, tentunya backlink spam tersebut akan membuat reputasi yang sangat buruk terhadap situs Anda.

Berbeda halnya seperti sekarang, dulu mungkin backlink hanya mengandalkan kuantitas saja sehingga semakin banyak backlink pada situs Anda maka besar kemungkinan situs Anda akan dapat bersaing di halaman pertama mesin pencari. Namun, berbeda seperti sekarang dimana backlink saat ini harus memprioritaskan kualitas dibandingkan kuantitas.

Artinya, ketika jumlah backlink yang Anda miliki dalam jumlah banyak dan jika backlink tersebut tidak berkualitas. Maka dapat dikalahkan dengan situs lain yang memiliki backlink yang berkualitas dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan backlink yang Anda miliki.

Oleh sebab itu, saat ini peranan backlink tak hanya menaikan suatu trafik blog saja. Melainkan akan menurunkan trafik blog Anda. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan backlink yang mengarah ke situs Anda dianggap link sampah atau tidak berkualitas. Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas tentunya juga Anda harus mempertimbangkan Domain Authority, Page Authority, Spam Score, dan lain sebagainya.

Macam-macam Backlink yang Tidak Berkualitas

Sebenarnya ada banyak sekali macam-macam backlink yang tidak berkualitas dan akan berdampak buruk terhadap situs Anda. Untuk mengenali backlink yang tidak berkualitas juga tidak begitu sulit yang dimana Anda dapat mengenali ciri-ciri backlink yang dapat Anda identifikasi adalah sebagai berikut:

  • Backlink yang bersumber dari blog yang tidak relevan.
  • Backlink dari spam komentar (hal ini mungkin seringkali dilakukan oleh banyak orang).
  • Backlink dari situs luar negeri (dengan bahasa yang berbeda seperti bahasa jepang, china, dan sebagainya).
  • Backlink dari situs jud1, p0rn0, dan masih banyak lagi.

Dengan masuknya backlink dari situs yang sudah saya sebutkan diatas tentunya akan berdampak buruk terhadap kualitas SEO pada situs Anda. Apalagi persaingan SEO saat ini memang cukup ketat lantaran banyaknya kontes SEO, sehingga untuk memenangkan persaingan tersebut banyak dari mereka yang mengirimkan backlink sampah kepada pesaingnya. Hal tersebut bertujuan untuk memenangkan kontes SEO tersebut, bahkan Spam Score dari situs Anda juga akan meningkat sebesar 11% dan lain sebagainya.

Saya sendiri juga mengalami hal serupa yang dimana saat ini situs saya memiliki SS 11% dan beberapa bulan lalu sempat saya melakukan disavow backlink dan ternyata berhasil menurunkan SS menjadi 1%. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, saya mendapati ada banyak sekali backlink sampah yang saya temukan dari situs yang tidak jelas. Tentunya, SS dari situs saya menjadi 7% jika dilihat dari MOZ.

Namun Anda tidak perlu khawatir pasalnya google telah menyediakan fitur yang bernama Google Disavow Tool, dengan adanya tool tersebut tentunya akan membantu Anda dalam menginformasikan kepada Google agar menolak backlink yang berkualitas rendah dari situs yang tidak jelas.

Cara Disavow Backlink dengan Mudah

Sebelum melakukan disavow backlink, alangkah baiknya Anda ketahui terlebih dahulu darimana sumber Spam Score situs Anda berasal. Untuk mengetahuinya, Anda dapat menggunakan beberapa situs seperti websiteseochecker.com, moz.com, ahref.com, xeo.my.id, dan masih banyak lagi.

Sebagai contoh saya menggunakan situs xeo.my.id untuk melihat sumber Spam Score pada situs yang saya miliki. Berikut ini adalah screenshot atau hasil dari Spam Score yang tidak berkualitas yang mengarah ke situs yang saya miliki:

Jika Anda sudah menemukan beberapa sumber backlink yang mungkin tidak pernah Anda pasang atau memiliki SS yang sangat besar seperti diatas 80%. Alangkah baiknya Anda catat pada Notepad sebelum melakukan disavow menggunakan Google Search Console. 

Namun, sangat disarankan situs yang Anda miliki sudah terdaftar di Google Search Console. Jika memang sudah terdaftar, selanjutnya Anda kunjungi saja tautan berikut ini: https://search.google.com/search-console/disavow-links.

Apabila situs tersebut sudah dikunjungi, selanjutnya Anda scroll kebawah dan pilih “Please select a property”. Selanjutnya, silahkan pilih situs yang ingin lakukan penolakan terhadap backlink yang tidak berkualitas.

Sebelum itu, Alangkah baiknya Anda sudah mencatat backlink spam tersebut di Notepad, kurang lebih contohnya seperti gambar dibawah ini:

Bisa Anda perhatikan bahwasannya backlink spam atau tidak berkualitas biasanya muncul dengan domain TLD seperti .net.in, .pw, dan masih banyak lagi. 

Jika sudah tercatat di Notepad, selanjutnya simpan dan beri nama file sesuai dengan keinginan Anda masing-masing. Langkah selanjutnya Anda bisa klik “Upload File” atau “Disavow Backlink” atau “Ganti” untuk melakukan disavow backlink dengan menupload file TXT yang sudah Anda catat di Notepad tadi. Lalu jangan lupa klik “Kirim” agar proses disavow segera dilakukan.

Penutup

Oh iya, melakukan disavow backlink memang tidak akan menurunkan Spam-Score Anda. Pasalnya, backlink spam tersebut akan masih tercatat pada sistem MOZ sebagai link yang mengarah ke situs Anda. Untuk menurunkan Spam-Score pada situs Anda, alangkah baiknya Anda menghubungi pemilik situs untuk menghapus tautan yang mengarah ke situs Anda.

Apabila link tersebut masih mengarah ke situs yang Anda miliki. Maka Spam-Score pada situs Anda tidak akan turun. Namun, masih ada cara lain untuk menghilangkan Spam-Score yakni dengan cara menambah jumlah backlink yang berkualitas seperti membeli backlink PBN, menggunakan backlink profile, backlink web 2.0, content placement, dan lain sebagainya.

Posting Komentar untuk "Cara Disavow Backlink dengan Google Search Console"

X