Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Channel Youtube Demonetized

Youtube sendiri merupakan sebuah platform media sosial yang menyajikan banyak sekali video menarik yang ditawarkan oleh kreator-kreatornya. Bahkan, hingga saat ini aplikasi ini digadang-gadang sebagai salah satu media sosial yang sangat populer dan bahkan kepopulerannya melebihi penonton televisi. Hal ini dikarenakan Youtube menyediakan banyak sekali konten seperti video untuk anak-anak, prank, game, edukasi, komedi, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi Youtube juga tentunya penggunanya bisa mendapatkan uang dari internet tanpa modal. Yakni dengan cara membuat channel Youtube yang melakukan upload video ke kanal youtube masing-masing, apabila anda sudah berhasil mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Maka, channel anda sudah bisa di daftarkan ke Google Adsense.

Tak hanya persyaratan 1000 subscriber dan 400 jam tayang saja, kreator yang ingin mendaftarkan ke Google Adsense juga harus mengikuti persyaratan lain seperti video diharuskan orisinil, tidak ada unsur sara, mengandung dewasa, dan lain sebagainya. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang sudah diterima Google Adsense, akan tetapi channel mereka di demonetized. Sehingga, banyak orang kecewa dan bingung apa penyebab ketika channel mereka di demonetized.

Penyebab dan Cara Mengatasi Channel Youtube Demonetized

Oh iya, saya sendiri juga pernah mengalami hal serupa. Pada saat channel saya demonetized, saya langsung berusaha untuk membaca persyaratan youtube kembali. Namun, tidak menemukan jawabannya sama sekali. Oleh karena itu, saya berusaha untuk bertanya-tanya kepada rekan-rekan youtuber pada grup yang sudah ada di media sosial yakni Facebook.

Pada grup tersebut, untungnya banyak yang mengalami hal serupa. Sehingga, saya menemukan jawaban yang sangat tepat. Tentunya, saya bisa membagikan beberapa penyebab mengapa channel youtube di dismonetisasi atau yang kerap dikenal demonetized.

Penyebab Channel Youtube di Dismonetized

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwasannya penyebab yang membuat channel youtube anda di demonetized cukup beragam seperti terlalu banyak hak cipta, melakukan reupload video orang lain, dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa simak beberapa penyebab-nya dibawah ini:

  • Menggunakan VPN untuk meningkatkan CPM atau melakukan klik iklan: Banyak diantara mereka yang mungkin menggunakan aplikasi VPN terbaik yang sudah tersedia di Google Play Store. Aplikasi ini tentunya dimanfaatkan untuk melakukan klik iklan atau bahkan untuk meningkatkan CPM pada youtube mereka sendiri.
  • Terlalu banyak Copyright Audio: Penyebab selanjutnya yakni video anda terlalu banyak berisikan copyright audio yang dimana hal ini seringkali dialami oleh kreator musik atau channel yang membahas seputar musik ataupun remix.
  • Thumbnail yang menyesatkan: Untuk menarik minat penonton tentunya kreator akan berinovasi untuk membuat thumbnail yang menarik agar di lirik oleh banyak orang dan menontonnya. Sayangnya, banyak dari mereka yang menggunakan teknik click bait yang dimana thumbnail dan konten yang disajikan sangat tidak sesuai. Sehingga, membuat penonton menjadi kecewa dan Youtube sendiri tidak menyukai hal tersebut. Mungkin juga, banyak dari mereka yang men-download thumbnail youtube orang lain untuk dijadikan thumbnail pada channel pribadi.
  • Re-upload video orang lain: Tak hanya pada blogger, youtuber juga harus membuat konten yang orisinil. Apabila anda melakukan reupload video orang lain dan dimasukan ke channel anda, besar kemungkinan channel anda akan demonetized bahkan di banned secara permanen.

Cara Mengatasi Channel Youtube di Dismonetized

Apabila channel youtube anda demonetized, maka anda tidak perlu khawatir. Mengingat, ada beberapa cara mengatasinya seperti menghapus video yang mungkin pernah anda reupload dari channel orang lain. Menghapus audio yang mengandung hak cipta, sembunyikan video yang dirasa melanggar kebijakan youtube,  dan hindari menggunakan VPN. Ketika semua ini sudah dilakukan, jangan langsung untuk melakukan pengajuan ulang, alangkah baiknya anda menunggu 1 hingga 2 minggu untuk melakukan pengajuan monetisasi kembali.

Mungkin itu saja beberapa informasi yang bisa saya sampaikan, apabila ada yang belum disebutkan atau ada yang ingin bertanya. Silahkan komentar melalui kolom komentar yang sudah disediakan dibawah ini, akan diusahakan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan akan saya jawab satu per satu. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Channel Youtube Demonetized"

X