Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di PC/Laptop

Hingga saat ini flashdisk sudah menjadi salah satu tempat penyimpanan portable yang mungkin wajib dimiliki dan sudah sangat populer di kalangan masyarakat khususnya perangkat desa, pekerja kantoran, mahasiswa, hingga pelajar juga menggunakan penyimpanan yang satu ini.

Kebutuhan akan flashdisk memang tanpa alasan lantaran ukurannya yang mungil serta bisa disimpan dimana saja seperti saku, tas, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, penggunaan penyimpanan portable yakni flashdik ini juga tidak begitu ribet. Sebab, hanya plug and play saja.

Dibalik keunggulan penyimpanan portable flashdik, tentu saja ada beberapa masalah yang seringkali ditemukan oleh penggunanya seperti flashdisk tidak terbaca pada perangkat komputer atau pun laptop. Sehingga, membuat penggunanya menjadi kebingungan, apalagi pada saat presentasi dan sebagainya. Tentu, akan membuat anda menjadi panik.

Namun anda tidak perlu khawatir, bagi anda yang mengalami permasalahan flashdisk tidak terbaca, Anda sudah berada pada artikel yang tepat. Bahwasannya, kali ini akan dibagikan beberapa cara mengatasi flashdik yang tidak terbaca. Sebelum itu, sangat disarankan untuk mengetahui penyebab flashdisk tidak terbaca berikut ini.

Penyebab Flashdisk Tidak Bisa Terbaca

Sebenarnya ada beberapa penyebab yang membuat flashdik tidak terbaca, mungkin beberapa penyebab ini seringkali dilakukan oleh penggunanya. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Mencabut Flashdisk Tanpa Eject: Banyak memang dari mereka yang mencabut flashdik tanpa melakukan eject terlebih dahulu dengan beralasan agar lebih cepat. Padahal, jika tidak melakukan eject akan membuat flashdisk menjadi cepat rusak, salah satunya mudah tidak terbaca pada perangkat komputer atau pun laptop.
  2. Flashdisk Terdapat Virus dan Malware: Penyebab flashdisk tidak terbaca selanjutnya dikarenakan adanya serangan virus atau malware. Timbulnya penyebab yang satu ini mungkin dikarenakan anda terlalu sering menggunakan flashdik pada beberapa perangkat secara bergantian. Padahal, tidak semua perangkat aman dari serangan virus.
  3. Driver USB Bermasalah: Flashdisk tidak terbaca juga bisa terjadi dikarenakan driver USB yang bermasalah. Untuk melakukan pengecekan apakah driver USB flashdisk anda bermasalah atau tidak, bisa melakukan pengecekan melalui Device Manager terlebih dahulu, selanjutnya anda pilih saja opsi Universal Serial Bus Controllers. Dengan menggunakan cara tersebut tentunya anda akan dapat memulihkannya agar kembali normal.
  4. Konektor Flashdisk Kotor: Apabila anda menggunakan barang elektronik salah satunya Flashdisk, sangat disarankan untuk menyimpan flashdisk dengan kondisi tertutup atau menjauhi dari ruangan yang rentang terkena debu. Jika flashdisk terkena debu, besar kemungkinakan konektor flashdisk akan tertutupi dengan debu-debu ruangan sehingga flashdisk tidak akan terbaca pada perangkat komputer serta laptop.
  5. Flashdisk Palsu: Dalam memilih sebuah flashdisk usahakan untuk mencari harga yang sedikit lebih mahal. Pasalnya, saat ini ada banyak sekali flashdisk palsu yang menggunakan brand-brand seperti Kingston, SanDisk, dan masih banyak lagi. Apabila anda baru saja membeli sebuah flashdisk dengan harga murah yang berkedok diskon, lalu mencobanya namun tidak terdetiksi pada perangkat Komputer atau Laptop. Maka, flashdisk yang anda beli adalah palsu.

5 Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, maka anda bisa melakukan beberapa langkah. Mulai dari langkah-langkah dasar hingga langkah terakhir. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan saya bagikan beberapa langkah-langkah yang dapat anda ikuti. Berikut adalah beberapa cara mengatasi flashdik yang tidak terbaca pada perangkat komputer atau laptop:

1. Melalui CMD 

Semua yang berhubungan dengan penyimpanan internal, tentunya akan dilakukan pengecekan melalui Command Prompt atau yang kerap kali disebut dengan CMD. Sehingga, untuk megatasi flashdisk yang tidak terbaca juga bisa menggunakan CMD ini. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Usahakan flashdisk sudah tercolok pada perangkat yang anda gunakan.

  • Selanjutnya buka Command Prompt dengan cara klik Start » ketik saja CMD.
  • Kemudian anda buka Windows Explorer, nantinya anda perhatikan saja huruf belakang pada flashdisk. Sebagai contoh, SanDisk (F:) artinya huruf belakang flashdisk yang anda gunakan adalah (F).
  • Pada Command Prompt anda ketikkan saja perintah F: » dan tekan saja Enter.
  • Apabila sudah berhasil masuk ke dalam drive F » lalu anda ketikkan perintah chkdsk dan tekan saja Enter pada keyboard.
  • Selesai.

Besar kemungkinan cara yang satu ini berhasil. Sebab, saya pernah melakukan cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca melalui CMD.

2. Melalui Repair Device

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwasannya Windows memiliki fitur scanning flashdisk. Dengan melakukan scanning pada Flashdisk  juga dapat mengatasi flashdsik yang sedang mengalami permasalahan seperti flashdisk tidak terbaca. Apabila flashdisk terdapat masalah, maka Windows akan secara otomatis akan memperbaikinya.

Pada biasanya, hal yang menyebabkan kerusakan pada flashdisk ini yakni dengan adanya virus. Untuk itu, Anda bisa mengikuti beberapa langkah untuk melakukan scanning flashdisk dibawah ini:

  • Pastikan flashdisk anda sudah tercolok pada perangkat yang digunakan.
  • Selanjutnya anda bisa klik kanan pada Windows lalu pilih Disk Management.
  • Pada menu ini, Anda bisa pilih saja flashdisk yang sedang anda gunakan. Sebagai contoh, apabila flashdisk anda SanDisk (F:) maka anda pilih saja flashdisk (F:) dan klik kanan pada (F:).
  • Jika anda sudah klik kanan, lalu anda bisa pilih Properties dan akan muncul windows baru.
  • Kemudian anda pilih Tools » dan klik Check.
  • Apabila ada notifikasi Error Checking » pilih saja Scan and repair drive.

Apabila proses scanning selesai, silahkan cabut flashdisk yang sudah tercolok. Tunggu hingga beberapa detik, lalu colokan kembali dan cek apakah flashdisk anda sudah terbaca atau tidak.

3. Cek Melalui Device Manager

Langkah selanjutnya cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca yakni dengan cara cek melalui Device Manager. Cara ini juga dapat mengatasi permasalahan lainnya seperti komputer anda sudah membaca Flashdisk, namun tidak bisa dibuka. Untuk langkah-langkahnya juga tidak terlalu sulit, ikuti saja langkah-langkah yang saya berikan dibawah ini.

  • Ketik Device Manager di kotak pencarian Windows.
  • Selanjutnya anda gunakan shortcut Windows + X secara bersamaan dan pilih Device Manager.
  • Ketika Device Manager sudah terbuka » anda pilih Disk Drivers.
  • Cari driver yang menggunakan kata Flashdisk, usahakan jangan sampai tertukar dengan penyimpanan pada perangkat komputer anda.
  • Jika anda sudah menemukannya » selanjutnya klik kanan pada folder tersebut » lalu klik Uninstall.
  • Apabila ada notifikasi, Anda pilih saja Scan for hardware changes untuk memperbarui perubahan pada drive.
  • Langkah terakhir yakni restart komputer atau laptop anda.
  • Selesai.

4. Format Flashdisk dengan CMD

Apabila cara diatas tidak juga dapat memperbaiki permasalahan yang satu ini, maka anda bisa melakukan format flashdisk menggunakan CMD. Namun, dengan melakukan format semua data-data flashdisk akan hilang. Sehingga, Anda harus memikirkannya matang-matang terlebih dahulu.

Jika flashdisk anda terbaca pada perangkat Android dengan bantuan OTG. Alangkah baiknya anda melakukan backup terlebih dahulu pada android yang anda gunakan. Setelah itu, colokkan kembali pada perangkat komputer untuk di format.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Silahkan buka CMD dengan klik Strat » dan ketikkan saja CMD.
  • Oh iya, perlu diingatkan bahwasannya anda harus mengetahui huruf belakang pada flashdisk anda seperti yang sudah saya singgung sebelumnya. Sebagai contoh: Flashdisk (F:).
  • Jika sudah tahu huruf belakang pada flashdisk » selanjutnya anda ketikkan saja perintah berikut: format F:/FS:FAT pada CMD » lalu klik Enter pada Keyboard.
  • Kemudian anda tunggu saja hingga proses format flashdisk selesai.

5. Update Windows

Melakukan Update Windows merupakan salah satu hal yang sangat penting pada sistem operasi Windows, hal ini dikarenakan akan membantu sistem yang ada di komputer ataupun laptop menjadi terupdate agar tidak adanya bug-bug tertentu yang menyebabkan beberapa permasalahan yang ada, salah satunya flashdisk yang tidak terbaca.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara update sistem operasi Windows yang bisa anda ikuti:

  • Masuk ke bagian Settings » pilih Update & Security.
  • Pada menu Windows Update » anda klik saja Check for updates.
  • Apabila tidak ada update windows terbaru, maka anda bisa mengabaikan poin ke 5 ini. Sedangkan, jika Windows anda tersedia update sistem terbaru, silahkan update dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Jika update windows sudah selesai, silahkan cek kembali apakah flashdisk anda sudah terbaca atau tidak.

Demikianlah beberapa cara mengatasi flashdsik tidak terbaca di PC/Laptop yang wajib anda ikuti. Anda juga dapat mengikuti salah satu cara yang sudah saya bagikan diatas. Namun, jika tidak kunjung selesai. Maka sangat disarankan untuk mencobanya satu-per-satu untuk memastikan apakah berhasil atau tidaknya. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di PC/Laptop"

X