Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Dibuka

Perangkat lunak pengolah kata yang hingga saat ini sudah mendominasi di pasar Office adalah Microsoft Word. Meski belakangan ini sudah cukup banyak tersedia berbagai perangkat lunak pengolah kata seperti LibreOffice, Google Docs, Dropbox Paper, dan lain sebagainya. Akan tetapi Microsoft Word masih unggul diantara program pengolah kata lainnya yang sudah tersedia di Internet. Hal ini dikarenakan, Microsoft Word memberikan dukungan suite serta fitur yang beragam diantara perangkat lunak pengolah kata lainnya.

Meski Microsoft Word sudah menjadi salah satu pengolah kata yang sangat populer di kalangan banyak orang, tak jarang juga penggunanya yang mendapati keluhan ketika menggunakan Microsoft Word. Hal ini biasanya disebabkan ketika menggunakan Micorosft Word bajakan yang sudah tersedia di Internet dan bisa diunduh secara gratis. Tentu saja, dengan menggunakan software bajakan akan mendapatkan masalah yang mungkin cukup jarang dialami oleh orang yang telah membeli software resmi.

5 Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Dibuka

Sebenarnya ada beberapa penyebab yang membuat Microsoft Word tersebut tidak bisa terbuka seperti installasi Microsoft Word tidak sempurna, program corrupt, software belum diaktivasi, terjadi masalah pada sistem operasi Windows, dan masih banyak lagi. Apabila anda sedang mengalami keluhan seperti Microsoft Word tidak bisa dibuka, maka silahkan simak ulasan dibawah ini.

1. Repair Microsoft Word

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwasannya penyebab Microsoft Word tidak bisa terbuka dikarenakan file corrupt, installasi tidak sempurna, masalah pada registry, dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi hal ini tentu anda diharuskan untuk melakukan repair pada Microsoft Word ataupun Microsoft Office. Oh iya, alangkah baiknya ketika melakukan repair Komputer maupun Laptop anda sudah terkoneksi dengan Internet.

  1. Klik Start » lalu pilih ikon Settings.
  2. Selanjutnya pilih Apps » dan pilih Apps & features.
  3. Kemudian anda cari program Microsoft Office » pilih Modify.
  4. Nantinya anda diberikan dua opsi repair yakni repair Online ataupun Offline » sangat disarankan untuk memilih Online.
  5. Lalu ikuti saja petunjuk repair hingga berhasil.
  6. Selesai.

2. Update Sistem Operasi Windows

Tips selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan cara mengupdate sistem operasi Windows yang sedang anda gunakan, baik itu Windows 8, 10, ataupun 11. Hal ini bertujuan agar anda mendapatkan fitur, update, serta perbaikan bugs yang kerap kali terjadi pada sistem operasi yang satu ini. Pada biasanya, update Windows sudah langsung terupdate secara otomatis. 

Akan tetapi, apabila sebelumnya anda sudah mematikan update windows 10. Sangat disarankan untuk melakukan update secara manual dengan langkah-langkah dibawah ini.

  1. Klik Start menu » dan pilih ikon Settings.
  2. Selanjutnya anda pilih saja Update & Security » dan pilih Windows Update.
  3. Lalu anda klik Check for updates untuk melihat update dari sistem operasi Windows yang terbaru.
  4. Apabila tersedia untuk update » anda pilih saja Update.
  5. Kemudian tunggu saja hingga proses update sistem operasi Windows ini hingga selesai, waktu yang dibutuhkan juga bisa dibilang cukup lama atau bahkan sebentar.
  6. Selesai.

3. Melalui MSConfig

Tips berikut ini mungkin sangat wajib untuk dicoba, mengingat banyak dari mereka yang telah berhasil ketika menggunakan cara yang satu ini. Langkah-langkahnya juga tidak begitu sulit, dikarenakan anda hanya mengerjakannya melalui MSConfig, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Silahkan jalankan menu Run dengan cara menggunakan shortcut keyboard berikut Windows + R dan ketikkan msconfig » tekan Enter.
  2. Nantinya akan muncul beberapa tab dari msconfig dan pilih saja Service.
  3. Kemudian anda aktifkan saja semua service yang ada dengan cara klik Enable All » dan pilih OK / Apply.
  4. Jika sudah, silahkan buka kembali Microsoft Word yang sebelumnya sudah terinstall, apakah sudah berhasil atau belum.
  5. Selesai.

4. Aktivasi Micorosft Office

Satu hal yang paling penting dalam menginstall sebuah software berbayar pada Kompuer dan Laptop tentunya harus melakukan aktivasi terlebih dahulu. Apabila Micorosft Office yang anda gunakan belum diaktivasi, kemungkinan besar Microsoft Office termasuk Microsoft Word yang ada di dalamnya tidak bisa dibuka. Untuk melakukan aktivasi juga anda tidak mengharuskan untuk membeli serial number yang originalnya.

Anda hanya membutuhkan KMS Picso atau dengan menggunakan CMD. Sebelumnya saya sendiri juga sudah pernah membahas mengenai Cara Aktivasi Microsoft Office, pada artikel tersebut tentunya anda dapat melakukan aktivasi Microsoft Office tanpa harus mengeluarkan sedikit uang. Bahkan, caraa tersebut juga sangat dipastikan berhasil 100%.

5. Install Ulang Microsoft Office

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwasannya penyebab dari Microsoft Word yang tidak bisa dibuka adalah ketika anda salah dalam melakukan installasi pada software ini. Untuk itu, sangat disarankan dalam menghapus program, cache, registry, log, dan lain sebagainya. Simak saja langkah-langkah dibawah ini.

  1. Klik Start » dan pilih ikon Settings.
  2. Lalu pilih Apps » dan pilih Apps & features.
  3. Setelah itu anda cari saja file Microsoft Office » dan pilih Uninstall.
  4. Selanjutnya anda ikuti petunjuk Uninstall Program hingga selesai.
  5. Selesai.

Demikianlah tutorial kali ini mengenai cara mengatasi Microsoft Word tidak bisa dibuka yang bisa anda praktekkan secara langsung, dengan mengikuti tips yang sudah dibagikan diatas dapat dipastikan work. Selain itu juga ada beberapa kasus yang menjadi penyebab lainnya ketika MS Word tidak bisa dibuka yakni file docx yang bermasalah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam mengatasi masalah yang terjadi pada Microsoft Word, Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Dibuka"

X