Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Disable Back Button di Blogger dengan Mudah

Mungkin diantara anda pernah mengunjungi sebuah situs blog, lalu pada saat anda ingin keluar dari situs tersebut tidak bisa dilakukan lantaran tombol back pada browser yang anda gunakan sudah di disable oleh si pemilik situs tersebut. Sehingga mau tidak mau anda pasti akan membuka tab baru untuk mencari informasi selanjutnya, meski terkadang membuat pengunjung merasa kesal. Akan tetapi, dengan disable back button di blogger sangat bermanfaat bagi pemilik situs lantaran membuat bounce rate mereka menjadi rendah.

Bounce Rate atau Rasio merupakan sebuah waktu rata-rata pengunjung pada saat mengunjungi halaman situs anda, semakin tinggi bounce rate maka semakin buruk juga kualitas dari situs anda. Begitu pula sebaliknya, apabila bounce rate situs anda rendah, maka situs anda sangat berkualitas. Untuk membuat bounce rate ini rendah yakni dengan cara menulis artikel yang berkualitas, memaksimalkan internal link, hingga satu-satunya tips yang paling ampuh adalah melakukan disable back button pada blogger.

Nah, pada kesempatan kali ini akan membagikan 2 script untuk disable back button dan script disable back to homepage yang dimana pada saat mereka mengunjungi situs anda dan ingin kembali. Maka, mereka akan diarahkan terlebih dahulu ke homepage situs yang anda kelola lantas barulah mereka bisa kembali ke mesin pencari sebelumnya.

Oh iya, script ini juga sudah saya terapkan pada situs yang sedang anda baca ini. Sayangnya, ketika anda memasang script ini, loading page dari situs anda akan cukup lemot lantaran disable back button ini menggunakan javascript.  Meski loading page tidak turun begitu banyak, tentu ini harus menjadi pertimbangan yang matang.

Langsung saja copy kode disable back button di blogger ini tepat di atas kode </body>, apabila anda menggunakan template buatan Sugeng.id seperti LinkMagz, EvoMagz, dan VioMagz. Maka anda bisa meletakkannya di Tata Letak » Custom Javascript » lalu Paste » selanjutnya pilih Simpan.

<script type = "text/javascript" >
history.pushState(null, null, '#');
window.addEventListener('popstate', function(event)
{
history.pushState(null, null, '#');
});
</script>

Selain kode diatas, sangat disarankan untuk menggunakan kode javascript disable back to homepage ini, lantaran tidak terlalu membuat pengjung menjadi kesal. Pasalnya, mereka juga bisa keluar dari situs anda dengan syarat direct ke homepage lalu langsung ke mesin pencari. Sehingga, artikel terbaru yang baru anda anda terbitkan otomatis akan dilihat, dan jika menarik. Mereka tentunya akan membacanya.

Untuk penerapannya juga tidak jauh berbeda dari cara yang sudah saya bagikan diatas, Anda hanya perlu ganti URL blog yang sudah saya tandai, dan letakkan diatas kode </body> dan untuk pengguna template Sugeng.id, maka anda bisa langsung memasangnya melalui tataletak.

<script language='Javascript'>
(function(window, location) {
history.replaceState(null, document.title, location.pathname+&quot;#!/history&quot;);
history.pushState(null, document.title, location.pathname);
window.addEventListener(&quot;popstate&quot;, function() {
if(location.hash === &quot;#!/history&quot;) {
history.replaceState(null, document.title, location.pathname);
setTimeout(function(){
location.replace(&quot;https://www.mahes.web.id/&quot;);
},0);
}
}, false);
}(window, location));
</script>

Apakah ini aman? Tentu saja script ini sangat aman untuk digunakan. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir lagi apabila melanggar kebijakan, bahkan banyak juga blogger-blogger di Indonesia yang sudah menerapkan script ini pada situs yang mereka kelola.

Itulah tutorial singkat kali ini tentang cara disable back button di blogger dengan mudah yang bisa langsung di praktekkan, dengan menerapkan script ini tentunya akan membuat bounce rate menjadi lebih rendah dibandingkan sebelumnya. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Disable Back Button di Blogger dengan Mudah"

X