Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Aplikasi DJ Terbaik di Android untuk Pemula

Disc Jockey atau yang kerap disapa dengan DJ adalah seorang yang ahli dalam memainkan musik dengan menggunakan controller yang cukup canggih. Sebuah controller yang seringkali digunakan oleh seorang DJ tentunya memiliki banyak sekali efek-efek yang keren seperti filter, volume, pitch, bass, dan lain sebagainya. Sayangnya, harga dari controller DJ tergolong sangat mahal bagi kalangan kelas menengah kebawah.

Selain sebuah controller saja, biasanya masih banyak controller DJ yang membutuhkan bantuan Laptop dalam mengakses lagu-lagu tersebut maupun melihat jalan beat dan lain sebagainya. Tentu, jika membeli Laptop dan juga Controller DJ membutuhkan biaya yang sangat besar. Padahal, masih banyak dari mereka yang ingin sekali menjadi seorang DJ professional untuk menyalurkan hobi ataupun menghasilkan uang dari hobi.

Nah, apabila anda yang memiliki kendala pada uang namun masih tetap ingin menjadi seorang DJ agar dikenal banyak orang. Maka, ada solusi lain buat anda dengan cara menggunakan aplikasi DJ terbaik di android. Aplikasi-aplikasi ini tentunya bisa anda unduh secara gratis di Google Play Store atau mencari versi MOD-nya. 

10 Aplikasi DJ Terbaik di Android untuk Pemula

Menariknya lagi, aplikasi DJ tersebut sudah dibekali dengan beberapa efek yang sangat mirip dengan aplikasi DJ yang tersedia pada perangkat komputer maupun laptop. Tak sampai disitu saja, pengguna juga dapat melakukan recording mix ketika ingin merekam musik yang ingin dibuat. Penasaran dengan apa saja aplikasinya? Yuk simak ulasan berikut!

1. Cross DJ Pro

Cross DJ Pro merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Mixvibes sejak tahun 2013 silam hingga kini, aplikasi ini juga digadang-gadang sebagai salah satu aplikasi DJ terbaik yang sudah digunakan oleh banyak orang, dikutip dari halaman resminya. Aplikasi ini sudah diunduh oleh jutaan orang diseluruh dunia, salah satunya Indonesia. Mungkin, Cross DJ Pro adalah salah satu aplikasi yang sangat populer dan sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang.

Menariknya lagi dari Cross DJ Pro ini adalah menyediakan banyak sekali fitur yang dapat dinikmati seperti latensi rendah, loop, sampler, efek, record, deteksi BPM, dapat mengubah warna deck, dan masih banyak lagi. Sayangnya, aplikasi ini tidak tersedia secara gratis. Untuk menemukan versi gratisannya, alangkah baiknya anda mencari versi MOD di Internet.

2. Edjing Mix

Edjing Mix adalah salah satu aplikasi besutan MWM – Music and creative apps for Android yang sudah diunduh sebanyak 50 juta unduhan lebih dan mendapatkan rating yang sangat baik yakni 4,4 bintang dari 1 juta ulasan pengguna aktif. Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya dalam memainkan musik DJ hingga merecord-nya, tak sampai disitu saja. Aplikasi ini juga dapat mengakses jutaan lagu yang berasal dari SoundCloud dan semua folder lokal pada smartphone anda.

Sama halnya seperti aplikasi DJ lainnya, edjing Mix juga menyediakan beraneka ragam efek yang sudah disematkan seperti pro audio FX, loops, automatic BPM, tap BPM, EQ three bands dan Gain, HD recording, dan masih banyak lagi. 

3. DiscDj 3D Music Player

Aplikasi ini mungkin cukup unik dibandingkan dengan aplikasi DJ lainnya, mengingat aplikasi DiscDj 3D Music Player mengusung konsep user interface yang sangat nyata layaknya seperti bermain DJ dengan menggunakan controller. Sehingga, pengguna dari aplikasi ini tidak merasa bosan. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga sudah dibekali dengan fitur-fitur utama seperti disk dengan seni album, antarmuka pengguna 3D DJ seperti yang sudah dijelaskan diatas, autofade, mixer, efek, dan lain sebagainya.

DiscDj 3D Music Player sendiri dikembangkan oleh GameG, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 10 juta unduhan lebih dan sudah mendapatkan rating yang sangat baik yakni 4,5 bintang dari 94 ribu ulasan pengguna aktif.

4. djay – DJ App & Mixer

Dengan menggunakan aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk merubah perangkat android menjadi sistem DJ yang terdapat fitur-fitur yang sangat lengkap. djay juga memungkinkan anda dalam merekam musik yang sedang dimainkan, member efek-efek yang sudah disediakan, dan lain sebagainya. Selain itu saja, aplikasi ini juga memberikan fitur audio lanjutan seperti poin looping, audio FX, kunci tombol, keuntungan otomatis, dan masih banyak lagi.

Aplikasi yang dirilis sejak tahun 2015 ini sudah memiliki 10 juta unduhan lebih dan mendapatkan rating yang baik yakni 3,8 bintang dari 210 ribu ulasan pengguna aktif. Antarmuka yang disajikan dari djay juga cukup modern serta mudah dipahami oleh seorang pemula.

5. DJ Studio 5

DJ Studio 5 adalah salah satu aplikasi yang sudah sangat populer sejak tahun 2010 silam, aplikasi besutan Beatronik ini sudah diunduh sebanyak 50 juta unduhan lebih dan mendapatkan rating yang sangat baik yakni 4,3 bintang dari 498 ribu ulasan pengguna aktif. Aplikasi ini juga memungkinkan anda dalam menggunakan DJ Studio 5 gratis, tanpa pendaftaran, tidak ada batasan, semua fitur premium akan anda dapatkan, dan memang benar aplikasi ini memudahkan penggunanya.

Meski bisa digunakan secara gratis, aplikasi ini juga sudah memberikan banyak sekali fitur premium yang mungkin tidak bisa didapatkan pada aplikasi DJ android lainnya, fitur-fitur tersebut diantaranya adalah 2 turntable virtual dengan cross fader, kompatibilitas luas, 8 efek suara, 10 bantalan sampel, rekam langsung, sesuaikan deck dengan 7 skin, dan masih banyak lagi.

6. DJ it! – Mixer Musik

DJ it! mungkin menjadi pesaing berat dari aplikasi Cross DJ. Pasalnya, aplikasi ini memiliki pengalaman mixer musik mobile yang tak tertandingi, hal ini dikarenakan fitur-fitur yang disematkan jauh lebih lengkap dibandingkan dengan Cross DJ versi biasanya. Fitur yang diberikan yakni deteksi BPM otomatis, ketuk untuk menyesuaikan BPM, loop, sinkronisasi audio FX, EQ 3 band, efek yang sangat lengkap, rekaman HD, serta dukungan untuk semua format audio seperti MP3, AAC, WAV, dan AIFF.

Tentu hal tersebut sudah merupakan sebuah keunggulan dibandingkan dengan aplikasi lainnya yang biasanya menggunakan format audio WAV, OGG, ataupun MP4. Maka tak perlu diherankan, apabila aplikasi yang dikembangkan oleh Gismart ini sudah diunduh sebanyak 5 juta unduhan lebih dan mendapatkan rating yang sangat baik yakni 4,1 bintang dari 44 ribu ulasan pengguna.

7. FL Studio Mobile

FL Studio sebenarnya dikhususkan hanya untuk perangkat komputer saja. Dengan seiring dengan berjalannya waktu, aplikasi FL Studio berhasil mengembangkan sebuah aplikasi yang dikhususkan untuk pengguna mobile yakni FL Studio Mobile yang bisa dibeli dengan harga yang cukup murah yakni Rp 39.000 ribu rupiah saja. Apabila anda tidak ingin mengeluarkan uang, maka alangkah baiknya mengunduh versi Crack yang sudah tersedia di Internet.

Namun, sangat disarankan untuk membeli versi berbayar mengingat fitur yang diberikan sangat banyak yakni modul instrument, rekaman audio, jelajahi sampel ataupun preset, impor dan ekspor file MIDI, piano roll, dan masih banyak lagi. Biasanya aplikasi FL Studio Mobile seringkali digunakan untuk meremix sebuah lagu layaknya seperti DJ tiktok yang belakangan ini sangat viral.

8. DJ Mix Pads 2

DJ Mix Pads 2 merupakan salah satu aplikasi besutan Music Topia, LLC yang memungkinkan penggunanya dalam membuat musik multifungsi dan komunitas sosial musik dalam satu aplikasi, dengan menggunakan aplikasi ini memungkinkan penggunanya dalam membuat musik menjadi professional seperti membuat musik hit dan musik dansa elektronik serta juga musik rock yang nantinya bisa didengarkan oleh orang lain.

Aplikasi DJ Mix Pads 2 ini dirilis pada tahun 2017 lalu dan sudah diunduh sebanyak 500 ribu unduhan lebih dan mendapatkan rating yang tergolong baik yakni 3,1 bintang dari 2 ribu ulasan pengguna aktif. Antarmuka yang diberikan dari aplikasi ini juga cukup sederhana serta memudahkan pengguannya dalam memahami tombol-tombol yang diberikan.

9. DJ Loop Pads

DJ Loop Pads adalah salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Mobiray Soft yang sudah diunduh sebanyak 10 juta unduhan lebih dan mendapatkan rating yang sangat baik yakni 4,1 bintang dari 55 ribu ulasan pengguna aktif. Aplikasi ini juga sudah memberikan antarmuka yang mudah dipahami oleh seorang pemula. Tak sampai disitu saja, aplikasi ini juga sudah menghadirkan beberapa fitur yang sangat membantu penggunanya seperti audio FX, fader volume, loop pad, dan masih banyak lagi.

Ada banyak sekali track musik yang dapat dibuat maupun diputar melalui aplikasi DJ Loops Pads seperti dubstep, hip-hop, ambient drum and bass, trance, dan lain sebagainya. Bobot dari aplikasi ini juga tidak begitu besar yakni hanya 61 MB saja.

10. Super Pads Lights

Super Pads Lights besutan Opala Studios ini sudah diunduh sebanyak 5 juta unduhan lebih dan mendapatkan rating yang sangat baik yakni 4,3 bintang dari 41 ribu ulasan pengguna aktif. Bahkan, aplikasi ini digadang-gadang sebagai salah satu aplikasi DJ yang sangat untuk mengingat pengguna akan mendapatkan efek lampu ketika menekan pad yang sudah disediakan. Layaknya seperti Pads asli yang berisikan banyak sekali lampu RGB yang disematkan di dalamnya.

Fitur-fitur utama dari aplikasi ini juga sangat lengkap seperti multisentuh, efek lampu, sinkronisitas, editor audio mudah dipakai, impor audio, dan masih banyak lagi. Apabila pengguna belum paham menggunakan aplikasi ini, maka Super Pads Lights sudah memberikan tutorialnya di YouTube ataupun bisa anda tonton di dalam aplikasi ini.

Itulah kesepuluh rekomendasi Aplikasi DJ Terbaik di Android untuk Pemula, semua dari aplikasi diatas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, sangat disarankan untuk membaca artikel ini sampai habis agar mengetahui fitur dan keunggulan dari masing-masing aplikasi diatas. Dengan adanya aplikasi DJ pada perangkat mobile tentunya membuat banyak orang terbantu untuk mempelajari dasar-dasar dalam menggunakan alat DJ ataupun Controller DJ, Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "10 Aplikasi DJ Terbaik di Android untuk Pemula"

X