Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula yang Menguntungkan

Saat ini pelaku bisnis banyak sekali muncul dari berbagai kalangan, salah satunya kalangan mahasiswa. Mungkin banyak dari mereka yang ingin terjun kedalam dunia bisnis untuk mencari uang agar dapat membayar kuliah tiap semesternya. Selain mandiri, banyak sekali mahasiswa yang tidak ingin memberatkan beban orang tua.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwasannya untuk menempuh pendidikan di Indonesia tidaklah murah. Meski sebagian orang mendapatkan beasiswa, tetap saja mereka harus berfikir bagaimana cara mendapatkan uang untuk biaya transportasi, membayar kos tiap bulannya, uang makan, dan lain sebagainya.

Maka, tak perlu diherankan lagi mengapa ada banyak sekali mahasiswa yang terjun kedalam dunia bisnis dan mencari uang tanpa harus membebankan orang tua. Pada artikel kali ini, saya akan membahas beberapa bisnis untuk mahasiswa pemula yang menguntungkan serta dengan menggunakan yang tergolong kecil.

10 Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula yang Menguntungkan

1. Menjadi Seorang Penulis Artikel

Bisnis menulis artikel merupakan salah satu contoh bisnis untuk mahasiswa yang sangat direkomendasikan mengingat bisnis ini sangat dicari-cari oleh pemilik situs dalam mencari artikel yang berkualitas. Apabila anda memiliki kemampuan menulis artikel yang baik dan benar, maka bisnis ini menjadi pilihan terbaik untuk anda.

Menariknya lagi, bisnis ini tidak memerlukan modal sama sekali. Namun, Anda harus memiliki perangkat yang standar untuk menjalankan bisnis ini seperti Laptop dan juga koneksi Internet untuk mencari referensi. Tentunya, Anda pasti sudah memiliki perangkat tersebut mengingat kebanyakan mahasiswa melakukan segala aktivitasnya melalui Laptop.

Bisnis ini juga sangat potensial, pasalnya seorang penulis artikel sangat dicari-cari oleh pemilik website, media online, dan sebagainya dalam mengisi artikel pada situs mereka. Selain itu, ada banyak sekali situs menulis artikel dibayar rupiah, aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang, hingga anda juga dapat menjadi seorang freelance pada situs Projects.co.id, Sriulancer.com, hingga Freelancer.co.id.

2. Menjual Pulsa Elektrik

Untuk memulai usaha pulsa elektrik tentunya tidak membutuhkan modal yang sangat besar, bahkan anda dapat menjalankan bisnis ini hanya dengan modal yang kecil yakni Rp 100.000 ribuan saja. Selain itu, bisnis pulsa elektrik juga merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan hingga saat ini.

Apalagi anda adalah seorang mahasiswa yang memiliki banyak jangkauan seperti teman-teman kampus, dan lain sebagainya. Tentunya, Anda hanya perlu memikirnya bagaimana cara memasarkan kepada mereka agar membeli pulsa elektrik dengan anda.

Meski keuntungan berjualan pulsa ini cukup kecil yang dimana berkisar Rp 1.000 hingga Rp 2.000. Namun, apabila anda konsisten dan memiliki banyak pelanggan, tentunya anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat.

Untuk menjadi agen pulsa elektrik juga saat ini sangat mudah dibandingkan dahulu yang harus mencari agen terdekat di daerah anda. Hal ini dikarenakan, belakangan ini sudah banyak sekali aplikasi jual pulsa termurah yang bisa anda gunakan. Bahkan, minimal deposit dari aplikasi tersebut cukup kecil diantaranya Rp 50.000 ribuan saja.

3. Membuka Usaha Online Shop

Online Shop adalah salah satu bisnis maupun usaha yang sangat digandrungi oleh banyak orang, mulai dari pelajar hingga mahasiswa juga menjalankan usaha online shop mengingat usaha ini tidak terlalu menyita banyak waktu dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Modal untuk menjalankan online shop juga tidak terlalu membutuhkan modal yang sangat besar, Anda hanya perlu sebuah smartphone dan juga koneksi Internet saja.

Bisnis online shop juga terdiri dari dua jenis yakni Reseller dan Dropshipper  yang dimana cara kerjanya hampir sama. Apabila anda ingin menjadi seorang Reseller tentunya anda harus menyediakan stok barang terlebih dahulu sebelum dijual, berbeda halnya dengan seorang Dropship yang dimana anda tidak membutuhkan stok maupun membeli barang tersebut.

Nantinya, Anda hanya memasarkan barang dari Dropship yang sudah anda pilih. Ketika ada yang membeli produk-nya, maka anda hanya perlu meminta distributor untuk mengirimkan barang tersebut tepat ke alamat yang sudah ditentukan. Alangkah baiknya, Anda memasang harga lebih tinggi dari distributor yang dipilih.

Apabila anda sudah memiliki jenis produk tersendiri seperti layanan, produk, dan sebagainya. Maka, Anda bisa memasarkannya pada media sosial yang dimiliki seperi Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.

4. Menjadi Seorang Blogger

Menjadi seorang blogger merupakan salah satu bisnis yang sangat cocok untuk pelajar hingga mahasiswa yang sangat populer akhir-akhir ini. Akan tetapi, sebelum terjun menjadi seorang blogger sangat diwajibkan untuk memiliki skill yang tidak sembarang, baik dalam menulis artikel yang SEO friendly, optimasi SEO website, backlink, dan masih banyak lagi. 

Tentunya, semua skill tersebut bisa dipelajari secara otodidak dan sudah banyak materi yang disebar di Internet. Apabila anda memang sudah memiliki kemahiran dalam menulis artikel, maka sangat disarankan untuk mengembangkan sebuah blog.

Apabila berbicara mengenai blogger sukses yang ada di Indonesia mungkin sangatlah banyak seperti Eka Lesmana, Mas Sugeng, Raditya Dika, Kevin Anggara, dan masih banyak lagi. Bahkan, diantara mereka semua telah berhasil meraup keuntungan jutaan hingga puluhan juta perbulannya.

5. Menjadi Seorang YouTuber

YouTube merupakan salah satu media sosial yang sangat populer di kalangan masyarakat. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan uang dari YouTube dengan menjadi content creator yang dimana anda hanya perlu menciptakan konten-konten berupa video, baik itu edukasi, tutorial, komedi, film pendek, dan lain sebagainya.

Untuk menjadi seorang YouTuber memang tergolong agak merepotkan dibandingkan dengan menjadi seorang Blogger. Hal ini dikarenakan, Anda harus memikirkan video yang ingin dibuat, kemudian melakukan editing yang dimana membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Ketika anda memiliki 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang. Maka, Anda bisa mendaftarkan channel youtube yang telah anda buat pada Google Adsense. Apalagi saat ini sudah ada banyak sekali YouTuber sukses diantaranya Kevin Anggara, Raditya Dika, Atta Halilintar, dan masih banyak lagi.

6. Menjual Makanan Online

Makanan Online juga termasuk salah satu bisnis menjanjikan yang sangat cocok dijalankan oleh seorang mahasiswa maupun mahasiswi yang ingin mendapatkan uang untuk membayar kebutuhan kuliah lainnya, modal yang diperlukan juga tidak begitu besar, yang terpenting adalah anda harus memiliki kemauan untuk menjalankan usaha makanan online ini.

Menjual makanan secara online juga merupakan suatu hal yang cukup mudah dilakukan dan menguntungkan. Media promosi dari makanan online juga cukup banyak seperti situs blog, media sosial seperti facebook, whatsapp, instagram, dan masih banyak lagi.

Jenis makanan online yang bisa anda jual juga cukup beragam seperti bakso aci, seblak, roti bakar, ayam geprek, mie lidi, dan masih banyak lagi. Sebelumnya, saya sendiri juga sudah pernah membahas mengenai ide jualan makanan online terlaris.

7. Jasa Penerjemah

Bisnis lain yang sangat cocok untuk mahasiswa selanjutnya adalah jasa penerjemah. Pasalnya, seorang mahasiswa tentunya memiliki kemahiran dalam berbahasa Inggris yang cukup baik, sehingga mampu melakukan tugas dalam menerjemahkan suatu artikel bahasa Inggris menjadi bahasa Indonesia. Meski saat ini sudah banyak aplikasi translate yang tersedia, namun banyak dari aplikasi tersebut yang tidak akurat. Sehingga, jasa penerjemah sangat dibutuhkan.

Untuk memulai bisnis ini memang tidak membutuhkan modal sama sekali, akan tetapi anda harus sudah memiliki sebuah Laptop dan juga koneksi Internet serta media promosi yang mumpuni dan memiliki jangkauan yang luas.

Anda juga dapat mengerjakan bisnis ini di sela-sela waktu kuliah, keuntungan yang akan didapat juga tergolong cukup besar dan sesuai dengan jumlah orderan yang anda kerjakan. Apabila hasil dari tugas anda cukup baik, maka dapat dipastikan banyak orang yang akan menggunakan jasa anda.

8. Jasa Desain Grafis

Apabila anda memiliki kemahiran dalam dunia desain grafis, maka bisnis ini sangat direkomendasikan untuk anda mengingat media promosi dari desain grafis juga sangat banyak dibandingkan dengan bisnis lainnya. Apalagi kebutuhan akan jasa desain grafis sangatlah tinggi, terlebih lagi perkembangan teknologi yang kian semakin pesat.

Oleh karena itu, banyak orang yang membutuhkan jasa desain grafis seperti desain stiker, kaos, kartu undangan, banner, website, editing foto hingga video , dan masih banyak lagi. Memulai bisnis ini hanya memerlukan skill desain grafis dan juga laptop saja serta diiringi dengan software-software editing seperti Photoshop, CorelDraw, Adobe Ilustrator, dan sebagainya.

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwasannya media promosi dari jasa desain grafis sangatlah luas seperti pada situs blog, freelancer.co.id, sribulancer, media sosial, dan masih banyak lagi. Menariknya lagi, keuntungan dari jasa desain grafis ini sangatlah besar mengingat proses pengerjaan dan pendapatan yang didapat cukup sebanding.

9. Jasa Pengetikan dan Printing

Jasa pengetikan dan printing merupakan sebuah bisnis yang sangat menjanjikan dan banyak digandrungi oleh seorang mahasiswa. Hal ini dikarenakan, tugas dari dosen, skripsi, hingga makalah tentunya membutuhkan jasa yang satu ini. Alasannya juga cukup banyak seperti tidak memiliki mesin printing, tidak ingin repot, terlalu sibuk dengan urusan lainnya, dan masih banyak lagi.

Untuk menjalankan bisnis ini juga cukup mudah, Anda hanya perlu memiliki keahlian dalam melakukan pengetikan, memiliki laptop maupun komputer, memiliki mesin printing, dan juga waktu dalam mengerjakan orderan yang masuk nantinya.

10. Mengikuti Program Afiliasi

Affiliate Marketing maupun Afiliasi adalah sebuah bisnis yang sangat menjanjikan dan sangat populer di kebanyakan orang, hal ini dikarenakan untuk mengikuti program afiliasi sangatlah mudah. Anda hanya memerlukan sebuah smartphone, pengikut yang cukup banyak, dan juga koneksi Internet. Bahkan, seorang YouTuber, Blogger, hingga Freelancer juga mengikuti program afiliasi untuk mendapatkan keuntungan tambahan.

Kelebihan dari program afiliasi ini juga cukup banyak yang dimana anda tidak memerlukan modal sama sekali, dapat dilakukan dimana saja, tidak memerlukan stok barang, resiko yang sangat minim, penghasilan yang tinggi sesuai dengan merchant yang anda pilih.

Ada banyak sekali merchant yang mengadakan afiliasi yang tentunya dapat anda pilih seperti Shopee, Invol.co, Lazada, Zalora, Tokopedia, Amazon, dan lain sebagainya. Sebelumnya saya sendiri juga sudah pernah membahas mengenai Affiliate Marketing yang bisa anda baca pada artikel berikut: Affiliate Marketing: Pengertian, Cara Kerja, Contoh, dan Tips Suksesnya.

Itulah tadi kesepuluh bisnis untuk mahasiswa pemula yang menguntungkan serta hanya membutuhkan modal yang sangat kecil. Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam mendapatkan uang dengan mudah untuk membayar kebutuhan kuliah, Semoga sukses!

Posting Komentar untuk "10 Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula yang Menguntungkan"

X