Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Has Stopped Working di Windows 7/8/10

Pada saat membuka sebuah aplikasi maupun game dan tiba-tiba muncul peringatan “has stopped working” ? Jika anda mengalami hal serupa, maka anda tidak perlu panik karena ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dengan mudah. Tidak hanya satu aplikasi, notifikasi ini juga biasanya merambat ke aplikasi lainnya seperti PUBG, Free Fire, Point Blank, GTA V, Google Chrome, Microsoft Word, dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya aplikasi yang muncul notifikasi has stopped working tentunya banyak sekali orang yang ingin mengtehaui penyebabnya. Sebenarnya penyebab has stopped working ini seringkali terjadi karena hilangnya file di dalam sistem yang kemungkinan diantara anda tidak sengaja maupun tidak merasa pada saat menghapusnya. 

Penyebab lainnya juga biasanya terjadi karena adanya virus ataupun malware yang tentunya membuat sistem operasi tidak berjalan normal. Selain itu, aplikasi maupun game yang sedang anda jalankan mengalami crash dengan aplikasi lainnya. Berikut ini akan saya berikan beberapa cara ampuh mengatasi has stopped working di semua Windows.

5 Cara Mengatasi Has Stopped Working di Windows

1. Mengatasi Has Stopped Working Melalui CMD

Cara mengatasi has stopped working yang pertama yaitu melalui Command Prompt maupun CMD, cara ini juga tergolong cukup mudah karena anda hanya perlu memasukan perintah saja. Berikut langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol Windows + R secara bersamaan dan ketikkan Command Prompt lalu klik OK.
  • Apabila Command Prompt sudah terbuka, lalu ketikkan perintah: sfc/scannow dan klik Enter pada keyboard.
  • Selanjutnya tunggu saja proses scannow CMD selesai, hal ini bertujuan memperbaiki file yang mengalami corrupt.
  • Jika ada kalimat There is a system repair pending which requires reboot to complete. Restart Windows and run sfc again. Maka, Anda diharuskan untuk melakukan reboot pada komputer anda serta membuka Command Prompt kembali dan ulangi cara diatas dengan memasukan perintah: sfc/scannow
  • Selesai.

2. Mengatasi Has Stopped Working melalui Advance System Setting

Selain cara diatas, Anda juga bisa mengatasinya melalui Advance System Setting yang dimana cara yang satu ini biasanya berhasil. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka panel Setting lantas pilih System » pilih Advanced System Settings.
  • Pada panel Advanced System Setting anda akan diberikan beberapa pilihan yakni Computer Name, Hardware, Advanced, System Protection, dan juga Remote » pilih saja Advanced » klik Setting yang berada di kolom Perfomance » masuk ke jendela Perfomance Options » buka tab Data Excecution Prevention » selanjutnya rubah menjadi Turn on DEP for all programs and services except those I select.
  • Selanjutnya anda pilih saja Add... » Setelah itu anda pilih beberapa aplikais maupun game yang mengalami Has Stopped Working pada settingan ini.
  • Kemudian klilk Apply » dan klik OK » Selesai.

3. Mengatasi Has Stopped Working dengan Menginstall Ulang Aplikasi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwasannya penyebab has stopped working ini terjadi karena hilangnya pada file sistem disebuah aplikasi serta adanya aplikasi yang mengalami crash. Tentu saja ini mengharuskan anda untuk melakukan install ulang aplikasi maupun game yang adanya peringatan has stopped working. Berikut langkah-langkah menghapus aplikasinya:

Baca Juga: Cara Menghapus Aplikasi di Laptop/PC Secara Permanen

  • Masuk ke menu Setting.
  • Nantinya anda akan diberikan banyak pilihan menu, Anda pilih saja Aplikasi.
  • Kemudian pada menu Aplikasi dan Fitur, anda scroll saja kebawah hingga menemukan aplikasi yang mengalami has stopped working dan klik aplikasi tersebut selanjutnya pilih Hapus Instalan.
  • Selesai.

Jika dirasa aplikasinya sudah terhapus hingga ke akar-akarnya, maka langkah selanjutnya anda bisa menginstall kembali aplikasi tersebut lalu jalankan. Apakah masih mengalami hal yang serupa atau tidak, dapat dipastikan cara ini berhasil 100%.

4. Mengatasi Has Stopped Working dengan System Restore

Pada biasanya, banyak sekali yang menggunakan cara yang satu ini karena tergolong sangat ampuh dalam menyelesaikan masalah apapun, System Restore ini sendiri merupakan salah satu fitur bawaan dari Windows yang berfungsi untuk mengembalikan kondisi Windows sebelum terjadinya error yakni has stopped working.

Anda juga bisa menggunakan cara ini karena tergolong ampuh, untuk mengetahui langkah-langkahnya anda bisa langsung saja mencari informasinya diinternet dengan kata kunci “Cara Melakukan Sytem Restore di Windows (yang anda gunakan)”.

5. Mengatasi Has Stopped Working dengan CCleaner

Seperti yang sudah pernah disinggung diatas juga bahwasannya has stopped working terjadi karena adanya virus pada suatu komputer yang dapat dipastikan file registry rusak sehingga membuat komputer menjadi tidak normal. Oleh karena itulah, aplikasi maupun game yang anda jalankan sering mengalami has stopped working. Berikut cara mengatasinya:

  • Buka aplikasi CCleaner » Registry » Scan for issue dan tunggu sampai proses selesai.
  • Selanjutnya klik “Fix selected Issues..
  • Nantinya anda akan mendapatkan peringatan seperti “Do you want to back up the registry before making changes?” pada menu kali ini anda bisa klik No saja » selanjutnya klik Fix All Selected Issues.
  • Selesai.


Dengan menngikuti cara diatas dengan baik dan teliti, maka dapat dipastikan aplikasi anda akan berjalan normal tanpa adanya hambatan apapun. Mudah-mudahan dengan adanya artikel diatas bisa membantu anda untuk mengatasi has stopped working pada game maupun aplikasi yang ingin dijalankan. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Has Stopped Working di Windows 7/8/10"

X