Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rincian Modal Usaha Laundry dan Cara Memulainya

Banyak sekali dari mereka yang ingin memiliki sebuah bisnis yang menguntungkan agar memberikan keuntungan finansial terhadapnya. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk membuka usaha meski dengan modal yang terbatas sekalipun, salah satu usaha yang diminati oleh banyak orang yakni usaha laundry yang dimana beberapa tahun ini usaha yang satu ini semakin marak di kota-kota besar dan menjadi salah satu usaha yang menjanjikan untuk dijalankan.

Rincian Modal Usaha Laundry dan Cara Memulainya

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwasannya usaha laundry ini sangat diminati oleh kalangan pemuda yang sedang ngekos, mahasiswa, dan lain sebagainya. Hal ini tak lepas dari kesibukan mereka sehari-hari dalam bekerja hingga kuliah sehingga tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka sendiri. Oleh karena itu, mereka pasti akan mencari jasa laundry pakaian agar pakaian kotor mereka menjadi lebih bersih, harum, serta rapi.

Tips dan Cara Memulai Usaha Laundry dari Nol

Apabila anda sudah yakin dengan prospek usaha ini kedepannya, maka sekarang anda sudah bisa fokus dalam perencanaan serta cara memulai usahanya dari nol untuk pemula. Anda juga harus mengetahui apa saja yang dibutuhkan dari usaha ini agar berjalan dengan baik, dengan begitu anda bisa memahami beberapa tips dan cara memulai usaha laundry dari nol yang wajib anda pahami.

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Untuk memulai usaha laundry ini alangkah baiknya menargetkan lokasi yang berdekatan dengan komplek, kantor, kos-kosan, dan lainnya. Mengingat, lokasi tersebut sangat strategis di dalam usaha laundry ini karena sesuai dengan target pasarnya yaitu mahasiswa, pekerja kantoran, dan masyarakat umum. Apabila lokasi anda terlalu jauh dari lokasi strategis, maka biaya antar jemput usaha anda akan menjadi membengkak dan tentunya akan membebani biaya operasional usaha laundry anda.

2. Siapkan Layanan Antar Jemput

Karena target anda mahasiswa dan pekerja kantoran, maka alangkah baiknya anda menyiapkan layanan antar jemput yang tentunya pelanggan anda karena tidak memiliki waktu untuk mengambil maupun membawa laundry mereka di gerai anda. Untuk pemesanannya, anda bisa lakukan dengan melalui media sosial seperti WhatsApp, yang dimana nantinya pelanggan akan menghubungi anda untuk mengambil pakaian kotor mereka untuk di laundry.

Oh iya, alangkah baiknya juga anda memberikan harga yang berbeda dari biasanya apabila pelanggan menggunajan layanan antar jemput. Dengan adanya layanan antar jemput ini tentunya sangat membantu serta membuat pelanggan menjadi nyaman ketika melaundry pakaiannya pada gerai yang anda miliki.

3. Analisa Kompetitor

Seperti yang sudah diketahui bahwa bisnis laundry ini memiliki persaingan yang sangat ketat dikarenakan banyaknya pengusaha laundry yang bertebaran. Oleh karena itu, Anda bisa menganalisa satu per satu kompetitor di sekitar anda seperti kelebihan dan kekurangan dari usaha mereka. Apabila anda sudah dapat menganalisanya, maka anda bisa memberikan pelayanan yang lebih baik dibandingkan kompetitor yang ada di sekitar anda.

4. Hitung dan Siapkan Modal

Untuk memulai usaha tentunya harus memiliki modal, untuk modal usaha laundry akan diulas secara rinci di dalam artikel kali ini. Hitunglah secara cermat rincian modal apa saja yang anda butuhkan dan berapa total dananya. Apabila modal yang anda miliki cukup terbatas, maka anda bisa membeli peralatan yang bekas namun masih layak pakai alias masih bagus untuk memangkas budget.

5. Berikan Diskon Besar-besaran

Pada awal anda membuka usaha laundry ini, alangkah baiknya memberikan diskon 30% hingga 50% bagi pelanggan yang memasukan pakaian kotor mereka di gerai anda pada saat hari pembukaan. Hal ini bertujuan untuk menarik banyak pelanggan untuk melaundry di tempat anda, apabila hasil laundry anda cukup baik, maka besar kemungkinan mereka akan menjadi langganan di tempat anda.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan diskon seperti menggratiskan 1 Kg pakaian apabila pelanggan anda membawa pakaian kotor sebanyak 5 Kg. Terapkan diskon ini pada hari raya tertentu maupun pada saat awal pembukaan.

Rincial Modal Usaha Laundry beserta Keuntungannya!

Untuk memulai usaha laundry ini sebenarnya tidak memerlukan modal yang sangat besar, bahkan hanya dengan modal kurang lebih Rp 10 juta rupiah anda sudah bisa memulainya. Agar semakin jelas, berikut ini akan dijelaskan estimasi perhitungan modal serta keuntungan dari usaha laundry. Apabila ada yang belum disertakan, maka anda bisa menambahkannya kemudian.

Modal Investasi Awal Usaha Laundry

  • 2 Unit Mesin Cuci = Rp 2.600.000,-
  • 1 Unit Mesin Pengering Laundry = Rp 3.600.000,-
  • 1 Unit Setrika UAP Laundry = Rp 300.000,-
  • 1 Unit Timbangan Digital = Rp 290.000,-
  • 1 Set Meja dan Kursi = Rp 400.000,-
  • Hanger dan Penjepit Pakaian = Rp 150.000,-
  • Spanduk ukuran 2 meter = Rp 35.000,-
  • Promosi awal = Rp 500.000,-
  • Biaya lainnya = Rp 500.000,-
  • Total = Rp 8.375.000,-

Biaya Operasional Bulanan Usaha Laundry

  • Sewa Tempat (Listrik + Air) = Rp 1.000.000,-
  • Detergen 2 Kg @8 bungkus = Rp 480.000,-
  • Pewangi 5 Liter@2 pcs = Rp 110.000,-
  • Bensin (antar-jemput) = Rp 300.000,-
  • Lain-lain = Rp 200.000,-
  • Total = Rp 2.090.000,-

Setelah anda mengetahui modal usaha laundry diatas, maka langkah selanjutnya yaitu menghitung asumsi pendapatan bulanannya. Saya sendiri mengasumsikan bahwasannya rata-rata pendapatan orderan perharinya yaitu 45 Kg dan harga per Kg nya adalah Rp 5 ribu rupiah, maka pendapatan selama sebulan adalah:

= 45 Kg/hari x 30 = 1350 Kg

= 1350 Kg + Rp 5.000,-

= Rp 6.750.000,-

Diatas adalah omset maupun pendapatan anda perbulannya apabila perharinya mendapatkan 45 Kg/hari. Untuk menghitung pendapatan bersih, maka anda hanya perlu menghitung pendapatan perbulan lalu dikurang biaya operasional. Jadi, pendapatan bersih anda sebesar Rp 4.660.000 perbulannya.


Itulah rincian modal usaha laundry beserta keuntungan dan tips memulainya yang wajib anda lakukan. Sebelum memulai sebuah bisnis, alangkah baiknya melakukan persiapan yang sangat matang dan mengetahui seluk beluk laundry. Apabila anda sudah mengetahuinya, maka menjalankan usaha laundry ini dapat menjadikan salah satu usaha yang menguntungkan. 

Posting Komentar untuk "Rincian Modal Usaha Laundry dan Cara Memulainya"

X