Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” di Android

Bagi pengguna smartphone android tentunya seringkali mengalami permasalahan seperti “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti”. Mungkin notif tersebut sangat menjengkelkan banyak orang dikarenakan ketika sedang mengakses suatu aplikasi maupun game lalu tiba-tiba keluar atau yang biasa disebut dengan force close.

6 Cara Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” di Android

Permasalahan ini tentunya sangat sering terjadi pada smartphone yang memiliki spesifikasi yang sangat minim yang dibekali dengan RAM 512 MB hingga RAM 2 GB. Dengan munculnya notifikasi seperti “Sayangnya aplikasi telah berhenti” di Android tentunya sangat mengganggu segala aktivitas untuk mengakses suatu aplikasi seperti WhatsApp, Line, Instagram, Galeri, Kamera, dan masih banyak lagi.

Penyebab “Sayangnya aplikasi telah berhenti” di Android

Sebelum memasuki atau mengatasi notifikasi “Sayangnya aplikasi telah berhenti”, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu penyebab dari permasalahan ini. Sebenarnya ada banyak sekali penyebabnya yang wajib anda ketahui, seperti:

  • File Cache Menumpuk: Sampah aplikasi atau yang biasa disebut dengan cache ini tentunya dapat menghambat kinerja smartphone untuk menjalankan suatu aplikasi. Semakin banyak sampah cache yang menumpuk di smartphone android anda, maka akan mengganggu kinerja aplikasi yang ingin anda akses sehingga mengalami permasalah seperti “Sayangnya aplikasi telah berhenti”.
  • RAM Android Penuh: RAM memang memiliki peran yang sangat penting dalam menyimpan berkas aplikasi secara sementara. Apabila RAM smartphone yang anda gunakan sudah penuh atau bekerja secara maksimal, maka kinerja smartphone anda juga tentunya akan melambat dan akan sulit untuk membuka suatu aplikasi.
  • Aplikasi Masih BETA: Mungkin diantara anda pernah mendownload sebuah aplikasi di Google Play Store dikarenakan baru saja rilis. Biasanya developer aplikasi akan memberikan tahap uji coba untuk penggunanya, tentunya dengan aplikasi yang masih BETA tersebut akan ada permasalahan seperti “Sayangnya aplikasi telah berhenti”.
  • Data Aplikasi Corrupt: Semua aplikasi tentunya memiliki data yang tidak boleh dihapus, apabila data aplikasi tersebut terhapus secara tidak sengaja maka aplikasi tersebut akan corrupt dan akan menyebabkan force close.
  • Penyimpanan Internal Penuh: Selain RAM, penyimpanan internal juga berperan sangat penting untuk menyimpan suatu aplikasi ataupun data yang ada di smartphone anda. Apabila penyimpanan Internal smartphone anda penuh, tentunya kinerja dari smartphone tersebut akan melammbat bahkan tidak sanggup untuk membuka aplikasi dengan jangka waktu yang lama, dan nantinya dapat dipastikan akan force close secara tiba-tiba.

Cara Mengatasi “Sayangnya aplikasi telah berhenti” di Android

Setelah anda mengetahui penyebabnya, maka langkah selanjutnya anda sudah bisa mengikuti beberapa tips yang bisa anda lakukan seperti ulasan berikut ini:

1. Bersihkan Cache Aplikasi

File Cache merupakan file sementara yang berfungsi untuk menyimpan data sementara pada sebuah aplikasi. Apabila anda terlalu sering membuka banyak aplikasi, maka dapat dipastikan file aplikasi tersebut memiliki cache yang menumpuk sehingga sangat diperlukan untuk dibersihkan agar kinerja smartphone menjadi lebih optimal.

  • Buka ‘Pengaturan’ pada smartphone anda.
  • Lalu scroll kebawah hingga menemukan ‘Manajemen Aplikasi’ dan pilih ‘Daftar Aplikasi’.
  • Selanjutnya klik atau pilih aplikasi yang sering anda buka, pada tab ‘Penggunaan Penyimpanan’ anda pilih saja ‘Hapus Cache’.
  • Selesai.

Usahakan juga untuk mengecek semua aplikasi yang mempunyai file cache yang menumpuk dan lakukan cara yang satu ini secara rutin agar cache dari aplikasi tersebut tidak menumpuk.

2. Hapus Data Aplikasi

Selain cache, menghapus data pada aplikasi juga sangat ampuh dalam mengatasi aplikasi yang error, force close, dan lain sebagainya. Dengan menghapus data aplikasi tentunya akan menghilangkan seluruh data seperti sampah, bookmark, data login, dan data pada di dalam aplikasi seperti video, foto, dan lain sebagainya. Oh iya, cara ini sebenarnya bukan untuk menghapus data aplikasi ya. Melainkan untuk menghapus data pada suatu aplikasi saja.

  • Buka ‘Pengaturan’ pada smartphone anda.
  • Scroll kebawah hingga menemukan ‘Manajemen Aplikasi’ dan pilih ‘Daftar Aplikasi’.
  • Lalu pilih aplikasi yang ingin anda hapus datanya dan pada tab ‘Penggunaan Penyimpanan’ anda pilih saja ‘Hapus Data’.
  • Selesai.

Jika anda menghapus data aplikasi media sosial seperti WhatsApp, TikTok, Facebook, dan lain sebagainya. Maka, Anda diharuskan untuk melakukan log-in kembali dikarenakan nantinya anda akan keluar dari aplikasi tersebut ketika sudah menghapus data pada suatu aplikasi.

3. Restart Smartphone

Biasanya ada banyak sekali pengguna smartphone yang seringkali melakukan restart smartphone androidnya dikarenakan terlalu macet ataupun lag. Meski tidak menutup kemungkinan untuk membuat kinerja smartphone menjadi lebih maksimal, akan tetapi dengan melakukan cara ini bisa mengatasi masalah yang seringkali terjadi seperti aplikasi error, dan lain sebagainya.

4. Update Aplikasi

Setiap aplikasi yang ada tentunya pasti memiliki bugs. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk melakukan Update Aplikasi untuk menghilangkan bugs ataupun kerusakan yang terdapat di aplikasi. Cara ini tentunya membutuhkan koneksi internet, maka dari itu pastikan terlebih dahulu apakah koneksi internet anda sudah aktif atau belum. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi ‘Google Play Store’.
  • Lalu tap ikon ‘titik garis menu’ yang berada di pojok kiri atas dan pilih ‘Aplikasi & Game’.
  • Selanjutnya anda pilih saja aplikasi yang sudah bisa melakukan uupdate dan tunggu saja hingga prosesnya selesai.
  • Selesai.

5. Install Ulang Aplikasi

Apabila aplikasi yang anda buka mengalami permasalahan yang begitu serius, maka sangat disarankan untuk melakukan install ulang aplikasi untuk mengatasi aplikasi error dan force close dengan sendirinya. Kebanyakan dari mereka juga sudah berhasil melakukan cara yang satu ini dan ternyata sangat ampuh. 

6. Reset HP Android ke Setelan Pabrik

Apabila semua cara diatas tidak kunjung menyelesaikan masalah, maka satu-satunya langkah terakhir yang wajib anda lakukan adalah reset smartphone ke setelan pabrik. Sayangnya, semua data yang tersimpan di smartphone anda akan hilang, sebelum melakukan cara ini. Alangkah baiknya melakukan backup terlebih dahulu di Kartu SD ataupun Flashdisk.

Cara ini juga sangat direkomendasikan oleh banyak orang karena mampu mengatasi permasalahan yang ada pada smartphone dan smartphone anda akan bekerja secara optimal layaknya seperti smartphone baru.

  • Buka menu ‘Pengaturan’.
  • Pilih menu ‘Setelan Tambahan’ dan scroll hingga kebawah lalu pilih ‘Cadangkan dan reset’.
  • Nah, pada tab Bersihkan Data pribadi anda klik saja ‘Reset ke setelan pabrik’ dan pilih ‘Hapus semua data
  • Setelah itu tunggu saja prosesnya yang memakan waktu yang tidak terlalu lama.
  • Selesai

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi “Sayangnya aplikasi telah berhenti” di Android yang bisa anda lakukan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi semua orang serta bisa menjadi referensi bagi anda semuanya, Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” di Android"

X