Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mengatasi HP Android Lemot dijamin Ampuh

Bagi pengguna smartphone android tentunya sangat tidak suka dengan smartphone yang digunakannya terasa lemot. Tak hanya pengguna Android, pengguna PC maupun Laptop juga tidak menginginkan hal yang sama yaitu laptop lemot saat membuka ataupun menjalankan sebuah aplikasi, tentunya banyak sekali pengguna Android mengeluh dikarenakan aplikasi maupun game yang diakses sangat lag dan terasa berat.

10 Cara Mengatasi HP Android Lemot dijamin Ampuh

Penyebab HP Android lemot ini ada banyak sekali faktornya seperti terlalu banyak menginstall aplikasi, RAM android sangat kecil yakni 1 GB ataupun 2 GB, file cache yang begitu menumpuk, memory internal sudah penuh, dan lain sebagainya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa cara mengatasi hp android lemot yang wajib anda coba. Simak ulasan berikut ini.

1. Bersihkan File Cache 

Bersihkan File Cache

Agar perfoma smartphone anda menjadi stabil dan tentunya optimal, maka sangat disarankan untuk membersihkan file cache yang menumpuk pada smartphone anda. Usahakan untuk membersihkan file cache secara rutin yakni 3 hari sekali ataupun 1 minggu sekali agar kinerja smartphone anda tetap optimal. Untuk membersihkannya juga tergolong cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan pada smartphone anda.
  • Lalu pilih Manajemen Aplikasi » pilih Daftar Aplikasi.
  • Selanjutnya akan muncul aplikasi yang sudah anda unduh di smartphone anda dan pilih saja aplikasi yang ingin dihapus file cache nya » kemudian klik Hapus Cache.
  • Selesai.

Baca Juga: 8 Cara Mempercepat Booting Windows 10 dijamin Ampuh!

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Ketika anda menggunakan smartphone dengan penyimpanan internal yang cukup kecil, maka sangat disarankan untuk tidak menginstall aplikasi yang cukup banyak. Apabila anda sudah terlanjur menginstall aplikasi yang cukup banyak. Maka, Anda bisa memilih beberapa aplikasi yang tidak anda butuhkan lalu menghapusnya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan.
  • Pilih Manajemen Aplikasi » pilih Daftar Aplikasi.
  • Selanjutnya pilih aplikasi yang ingin anda hapus » dan pilih Uninstall atau Bongkar.
  • Selesai.

Baca Juga : 6 Cara Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” di Android

3. Install Aplikasi Versi Lite

Install Aplikasi Versi Lite

Apabila anda ingin menggunakan aplikasi media sosial pada smartphone yang memiliki penyimpanan internal yang cukup kecil. Maka, salah satunya cara yaitu dengan menggunakan aplikasi dengan versi lite. Langkah yang satu ini sangat disarankan untuk pengguna smartphone yang memiliki penyimpanan internal 8 GB hingga 16 GB. 

Seperti yang sudah diketahui bahwa ada banyak sekali developer aplikasi yang sudah menyediakan versi Lite (Ringan) yang bisa anda unduh di Google Play Store secara gratis, aplikasi yang sudah tersedia versi lite diantaranya adalah Facebook Lite, Photogrid Lite, Spotify Lite, Messenger Lite, TikTok Lite, dan masih banyak lagi.

4. Matikan Auto Update Aplikasi

Pengaturan Default semua smartphone saat ini tentunya sudah mengaktifkan semua aplikasi secara otomatis ketika sudah terhubung dengan Internet. Selain memakan banyak sekali kuota Internet, dengan melakukan Update Otomatis ini juga tentunya membuat smartphone menjadi lemot dikarenakan ukuran aplikasi yang di update kian semakin membesar.

Oleh karena itu, satu-satunya cara yakni mematikan auto update aplikasi pada smartphone anda untuk memaksimalkan kinerja smartphone dan penyimpanan internal juga tidak terlalu penuh. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Google Play Store.
  • Klik pada bagian profil yang berada di pojok kanan atas.
  • Pilih Setelan » Update Otomatis Aplikasi » pilih Jangan Update Otomatis Aplikasi.
  • Selesai.

5. Update Sistem Android

Jika smartphone anda sudah tersedia pembaruan sistem, maka sangat disarankan untuk memperbarui sistem android anda. Hal ini dilakukan agar smartphone anda mendapatkan fitur terbaru, keamanan, stabilitas, perbaikan bugs, dan peningkatan perfoma. Untuk memperbarui sistem android, Anda bisa simak langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Pengaturan di smartphone anda.
  • Scroll kebawah dan pilih Pembaruan perangkat lunak » dan apabila sudah tersedia versi terbaru maka anda sudah bisa melakukan Update.
  • Tunggu saja hingga proses pengunduhan sistem terbaru selesai dan nantinya smartphone anda akan restart dengan sendirinya.
  • Selesai.

Baca Juga: Cara Mengubah HP Android Jadi Remote TV, AC, dan DVD

6. Kurangi Penggunaan Widget

Saat ini merek smartphone yang sudah sangat populer seperti OPPO, VIVO, Realme, Xiaomi, Samsung, dan lain sebagainya sudah menyediakan fitur widget, animasi, hingga wallpaper untuk mempercantik tampilan. Serta pengguna juga bisa mengubah ikon aplikasi, widget, wallpaper melalui pengaturan ataupun toko tema dan wallpaper yang sudah disediakan pada masing-masing smartphone.

Apabila RAM smartphone anda cukup kecil, maka sangat disarankan untuk menggunakan tema default serta tidak menggunakan widget yang berlebihan seperti wallpaper animasi dan wallpaper custom lainnya. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan RAM agar bekerja lebih stabil dan tentunya optimal.

7. Tutup Aplikasi yang Dibuka

Tutup Aplikasi yang Dibuka

Jika smartphone yang anda gunakan hanya memiliki RAM yang cukup kecil yakni 2 GB, maka sebaiknya untuk menghindari untuk membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Ketika anda membuka banyak aplikasi secara bersamaan, maka RAM pada smartphone anda akan bekerja secara maksimal alias RAM anda sudah penuh.

Tetapi untuk smartphone dengan memory RAM 4 GB tidak menjadi masalah apabila membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Untuk menghapus atau menutup aplikasi yang sedang anda buka, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tap tomboll Recent Apps untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang anda buka.
  • Selanjutnya klik Tutup Semua atau “X”.
  • Selesai.

Baca Juga: Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Agar Tidak Lemot

8. Berhentikan Aplikasi

Berhentikan Aplikasi

Selain menutup aplikasi yang dibuka, alangkah baiknya juga akan mematikan aplikasi yang berjalan. Hal ini berguna untuk meringankan beban pada RAM yang begitu kecil dan memaksimalkan perfoma smartphone anda. Untuk memberhentikan aplikasinya juga tergolong cukup mudah, Anda simak ulasan berikut.

  • Buka Pengaturan pada smartphone anda.
  • Selanjutnya pilih Manajemen Aplikasi » lalu pilih Daftar Aplikasi.
  • Kemudian pilih aplikasi yang ingin anda berhentikan dan pilih Paksa Berhenti.
  • Selesai.

9. Gunakan Kartu SD

Ketika anda memiliki banyak sekali file seperti dokumen, foto, dan video yang sangat penting. Saya sarankan untuk membeli SD Card yang berukuran 16 GB hingga 32 GB untuk menyimpan semua data yang menurut anda penting. Hal ini bertujuan agar penyimpanan Internal smartphone anda memiliki ruang yang cukup bebas alias tidak begitu penuh.

Baca Juga: 8 Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca

Selain itu, Anda juga bisa menghubungkan aplikasi yang ada di smartphone anda ke dalam kartu SD untuk memaksimalkan kinerja smartphone menjadi lebih optimal.

10. Reset HP Android ke Pengaturan Pabrik

Langkah terakhir yang sangat saya rekomendasikan yakni melakukan reset HP android ke pengaturan pabrik karena semua data dan aplikasi akan kembali seperti awal pada saat anda membeli smartphone tersebut dengan keadaan baru. Sebelum melakukan cara ini, alangkah baiknya anda sudah melakukan backup data terlebih dahulu. Jika sudah dilakukan, maka anda sudah bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka Pengaturan pada smartphone anda.
  • Pilih Pengaturan Tambahan » Cadangkan dan Reset.
  • Selanjutnya anda pilih Reset ke setelan pabrik » Hapus semua data.
  • Tunggu hingga proses reset berhasil dilakukan.
  • Selesai

Demikianlah informasi kali ini mengenai Cara Mengatasi HP Android Lemot dijamin Ampuh. Setelah smartphone anda sudah tidak lemot, maka usahakan jangan pernah lagi untuk menginstall aplikasi dengan ukuran yang cukup besar yakni memainkan game yang cukup berat. Selamat mencoba! 

Posting Komentar untuk "10 Cara Mengatasi HP Android Lemot dijamin Ampuh"

X