Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Agar Tidak Lemot

Ketika laptop maupun komputer terlalu penuh karena terlalu banyak menyimpan file, maka kinerja laptop maupun komputer yang anda gunakan akan menurun. Dengan begitu, Anda akan lebih sulit untuk melakukan pekerjaan lainnya yang membutuhkan laptop dikarenakan kinerja laptop sudah menurun alias lemot. Jika anda sudah lama menggunakan laptop namun tidak pernah menghapus file sampah, maka dapat dipastikan laptop anda akan banyak sekali menyimpan file-file sampah yang tersembunyi.

Setiap kali anda berselancar di dunia Internet maupun menggunakan banyak aplikasi ataupun game, maka hal itu akan meninggalkan banyak sekali file sampah yang berbentuk cache dari seluruh penelusuran situs yang anda kunjungi. Semua file sampah tersebut tentunya akan tersimpan dalam ruang penyimpanan komputer yang tersedia.
Apabila kinerja laptop anda sudah sangat lemot, maka sangat disarankan untuk membersihkan file sampah di laptop agar tidak lemot. Apakah file sampah tersebut bisa dihapus? Tentu saja bisa! Cara melakukannya juga tergolong mudah karena anda hanya memerlukan sebuah fitur yang disediakan pada Windows yang anda gunakan, serta ada juga aplikasi yang membantu anda untuk menghapus file sampah yang begitu banyak.

1. Melalui Fitur Run Windows

Apabila anda ingin menghapus file dengan cepat, maka anda bisa menggunakan fitur Run yang tersedia di Windows anda masing-masing. Untuk memunculkan dan menggunakan fitur ini juga sangat mudah kok, berikut ini langkah-langkahnya:
  • Tekan tombol Windows + R pada keyboard secara bersamaan.
  • Kemudian ketikkan %TEMP% lalu klik OK ataupun Enter
  • Nantinya anda akan diarahkan ke halaman Temp dan akan terlihat banyak sekali file sampah yang harus anda hapus, caranya yakni dengan menggunakan shortcut CTRL + A lalu tekan Delete pada keyboard
  • Selanjutnya tunggu saja proses penghapusan selesai, apabila ada beberapa file yang tidak bisa terhapus. Maka, centang pada kolom "Do this for all current items." dan klik "Skip".
  • Jika sudah, maka anda langsung saja pergi ke Recycle Bin untuk menghapus semua file yang sudah anda hapus tadi.

2. Melalui Disk Cleanup

Cara yang kedua yakni menggunakan sebuah aplikasi yang sudah disediakan pada Windows masing-masing yang anda gunakan, berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  • Jika anda menggunakan Windows 7, maka anda hanya perlu klik menu Start > All Program > System Tools > Disk Cleanup. Apabila anda menggunakan Windows 8/10, maka anda langsung saja ketikan "Disk Cleanup" disebelah logo Windows yang berada di pojok kiri bawah.
  • Setelah menemukannya, maka anda langsung saja menjalankan aplikasi tersebut. Selanjutnya pilih Drive Harddisk yang ingin anda bersihkan, pada biasanya hanya di Drive C saja.
  • Apabila dirasa sudah, maka anda hanya perlu klik tombol OK hingga proses scanning selesai.
  • Kemudian anda tentukan saja file yang ingin anda bersihkan dengan cara mencentang File to delete, alangkah baiknya anda mencentang semuanya saja agar laptop anda bekerja lebih optimal.
  • Lalu klik saja OK dan tunggu hingga proses Delete Files selesai.

3. Melalui Fitur Storage Sense

Fitur Storage Sense merupakan salah satu fitur yang sangat penting yang diluncurkan oleh Windows 10 dengan Fall Creators Update, fitur ini berfungsi untuk menghapus file-file sampah yang tidak berguna, dengan begitu. Ruang Penyimpanan di Laptop yang anda gunakan akan bertambah dengan menghapus file sampah melalui fitur Storage Sense ini. 
  • Langkah yang pertama yakni anda pergi saja ke menu Setting, lalu akan ada tampilan baru dan pilih saja menu System yang berada di urutan pertama.
  • Nah, pada menu System. Pilih saja Storage, dengan begitu anda akan bisa melihat data ruang penyimpanan yang ada di Laptop maupun Komputer anda. Pada bagian Storage Sense anda klik saja "Free up space now". Selanjutnya tunggu saja hingga sistem selesai melakukan scanning dan menampilkan file sampah yang bisa dihapus.
  • Setelah itu, centang saja file sampah yang ingin anda hapus. Sebaiknya anda menghapus dengan cara centang semua file yang bisa dihapus dari fitur Storage Sense ini dikarenakan fitur ini sangat ampuh untuk menemukan file sampah secara mendalam.
  • Jika sudah, langsung saja klik "Remove Files" dan tunggu hingga beberapa saat sampai sistem berhasil menghapus file-file sampah yang tersimpan di Laptop maupun komputer anda.

4. Melalui Aplikasi CCleaner

Seperti yang sudah diketahui bahwa hampir semua laptop dengan Windows terbaru telah membawakan aplikasi CCleaner yang tentunya bisa dimanfaatkan oleh penggunanya dalam menghapus file sampah di laptop. Apalagi aplikasi ini sudah dipercayai oleh banyak pengguna di seluruh dunia karena sudah beroperasi sejak tahun 2003 silam dan masih aktif hingga saat ini.

Untuk menggunakan aplikasi ini juga tergolong mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini:
  • Buka aplikasi CCleaner apabila di laptop anda sudah terinstall. Jika belum, maka anda bisa mengunduhnya pada situs resminya.
  • Apabila aplikasi sudah terbuka, klik saja tombol Run CCleaner di pojok kanan bawah.
  • Selanjutnya klik Continue untuk mengkonfirmasi.
  • Setelah itu proses scanning akan berjalan dan tunggu saja hingga proses scanning tersebut selesai.
  • Apabila sudah selesai, maka jangan lupa untuk membersihkan Registry dengan cara pilih tab Registry yang berada di samping kiri dan klik tombol Scan untuk melakukan Scanning.
  • Jika dirasa sudah, klik tombol Fix Selected untuk menyelesaikan.
Itulah beberapa cara membersihkan file sampah di laptop agar tidak lemot yang bisa anda coba, alangkah baiknya pilih saja salah satu cara diatas yang menurut anda lebih mudah dan nyaman. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa Laptop maupun Komputer yang bersih dari file sampah akan membuat kinerja laptop akan menjadi lebih optimal. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Agar Tidak Lemot"

X