Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Bisnis Waralaba Makanan dan Minuman dengan Modal Kecil

Bisnis Waralaba atau yang biasa dikenal dengan bisnis franchise merupakan salah satu bisnis yang mengalami kemajuan dengan signifikan. Hal ini dikarenakan bertambahnya kesadaran penduduk Indonesia yang memang sangat ingin untuk berwirausaha. Jenis usaha ini memiliki konsep yang saling menguntungkan dari pihak perusahaan yang memiliki waralaba juga akan mendapatkan keuntungan beberapa persen dari pembelian.

Bisnis Waralaba Makanan dan Minuman dengan Modal Kecil

Untuk menjalankan bisnis waralaba ini juga tidak membutuhkan modal yang begitu besar dan sesuai dengan bisnis waralaba yang ingin anda pilih. Karena untuk modal yang dikeluarkan juga sangat bervariasi, ada yang membutuhkan modal kecil, sedang, hingga modal besar dan tentunya menguntungkan.

Modal kecil untuk membuka bisnis waralaba ini berada berkisar Rp 2 juta hingga Rp 50 juta rupiah dan ada banyak sekali bisnis waralaba yang bisa anda pilih dan jalankan. Tentunya dari semua bisnis ini sangat familiar di tengah masyarakat serta memiliki banyak sekali peminat setiap harinya. Sebelumnya, Anda juga bisa membaca Usaha Rumahan yang Lagi Trend Paling Menjanjikan. Berikut ini adalah beberapa bisnis waralaba makanan dan minuman dengan modal kecil yang bisa anda pertimbangkan.

A. Bisnis Waralaba Makanan Modal Kecil

Bisnis Waralaba Makanan Modal Kecil

Bisnis Waralaba makanan dengan modal kecil ini sangat memiliki banyak sekali peminat di tengah masyarakat dikarenakan memiliki harga jual yang cukup murah serta menguntungkan juga. Jenis makanan yang diwaralaba pun juga sangat banyak macamnya, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Berikut ini sudah disajikan beberapa bisnis waralaba makanan modal kecil:

1. Kebab

Kebab merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar roti khas timur tengah yang di dalamnya biasanya diisi dengan daging kambing, sayuran, sapi, ayam, mayonaise, sayuran, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga beberapa topin yang bisa anda terapkan seperti kebab yang saat ini sedang viral yang di dalamnya berisikan durian, keju mozarella, dan lain sebagainya.

Bahkan, kebab juga sudah menjadi makanan favorit bagi masyarakat Indonesia sehingga banyak sekali orang yang menjual makanan tersebut yang sudah cukup mudah ditemukan pada pusat perbelanjaan hingga disepanjang jalan anda sudah bisa menemukan bisnis waralaba yang satu ini.

Apabila anda berminat untuk memulai bisnis waralaba kebab ini, maka siapkan saja modal awal sekitar Rp 5 juta hingga 7 juta jika anda ingin menjalankan bisnis ini dengan sederhana.

2. Ayam Geprek

Ayam Geprek merupakan makanan ayam fried chicken yang digeprek dan ditaburkan sambal geprek diatasnya, rasa yang diberikan oleh ayam geprek ini juga sangat diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia dengan cabai yang tentunya cukup pedas. Karena banyaknya peminat ayam geprek, saat ini ada banyak sekali yang menjalankan bisnis waralaba ini.

Sekarang, ada banyak sekali bisnis ayam geprek yang bisa anda temukan di sepanjang jalan. Apalagi bisnis waralaba ayam geprek yang sudah terkenal ini adalah Geprek Bensu yang dimana dimiliki oleh artis Indonesia yaitu Ruben Onsu. 

Baca Juga: Rincian Modal Usaha Ayam Geprek beserta Keuntungannya!

3. Takoyaki

Akhir-akhir ini Takoyaki menjadi salah satu makanan favorite yang sangat familiar dan sangat disukai oleh kebanyakan anak-anak muda di Indonesia salah satunya perempuan. Takoyaki adalah makanan asal daerah kansai di Jepang yang dibentuk bola-bola kecil yang dibuat dari adonan tepung terigu yang diisi adonan gurita di dalamnya.

Saat ini Takoyaki di Indonesia sudah cukup mudah ditemukan pada pusat perbelanjaan maupun sekolah. Untuk harga satu porsi dibanderol dengan harga yang terbilang murah yakni Rp 5 ribu rupiah anda sudah bisa mendapatkan 3 buah Takoyaki. 

Untuk menjalankan bisnis waralaba makanan ini anda hanya perlu mengeluarkan Rp 3.5 juta dan sudah dilengkapi dengan bahan baku serta gerobak untuk berjualan.

4. Sosis Bakar

Sosis adalah makanan yang terbuat dari adonan daging sapi yang diolah menjadi makanan yang sangat digemari oleh banyak orang hingga kini. Oleh karena itu, bisnis waralaba mkanan ini sangat seringkali dijumpai dimana-mana. Penyajian yang disajikan juga bermacam-macam, ada yang digoreng dan ada juga yang dibakar.

Harga yang ditawarkan untuk sosis jumbo bakar ini biasanya dibanderol dengan harga Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu harga yang paling mahal. Menjalankan bisnis waralaba sosis bakar ini juga tidak membutuhkan modal yang cukup besar, hanya Rp 3,5 juta anda sudah mendapatkan gerobaknya.

5. Jagung Susu Keju

Bisnis waralaba makanan selanjutnya yaitu ada Jagung Susu Keju yang sangat dikenal dengan Jasuke yang merupakan makanan yang berbahan dasar jagung lalu dicampuri susu serta keju diatasnya. Makanan ini juga sangat mudah untuk ditemukan seperti pusat perbelanjaan, sekolah, komplek perumahan, dan masih banyak lagi. Sasaran makanan Jasuke ini biasanya untuk mahasiswa, pelajar, hingga anak-anak kecil.

Rata-rata harga yang dibanderol juga tergolong murah yaitu hanya Rp 5 ribu rupiah satu porsinya, modal yang harus dikeluarkan untuk memulai usaha ini juga cukup kecil yakni Rp 2,5 juta saja anda sudah bisa memulainya.

6. Martabak Mini

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwasannya martabak merupakan salah satu makanan favorite masyarakat Indonesia di malam hari, biasanya martabak dikenal dengan memiliki ukuran yang cukup besar dengan toping susu, coklat, keju, pisang, kacang, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, sekarang martabak sudah mengalami perubahan yang signifikan dari segi ukuran.

Sebelumnya martabak memiliki ukuran yang cukup besar dan saat ini sudah diubah menjadi martabak mini dan dari segi rasa juga sudah tergolong sangat lengkap seperti keju, durian, susu, coklat, red velvet, pisang, kacang, dan masih banyak lagi. Selain itu, martabak mini juga seringkali dibeli untuk acara keluarga serta nikahan.

7. Crepes

Crepes adalah makanan kue yang terbuat dari terigu yang biasanya diberi toping manis dan juga asin, crepes manis biasanya dibuat dengan adonan tepung gandum sedangkan crepes asin terbuat dari tepung buckwheat. Selain itu, crepes juga bisa diisi dengan toping yang sangat anda sukai seperti coklat, keju, susu, vanilla, dan lain sebagainya.

Makanan ini juga cukup digemari oleh anak-anak hingga anak muda yang ada di Indonesia sehingga bisnis waralaba makanan yang satu ini sangat menjanjikan. Untuk harga satu porsi yang ditawarkan juga mulai dari Rp 10 ribu hingga yang paling mahal Rp 20 ribuan.

8. Seblak

Seblak merupakan makanan yang berasal dari Bandung Jawa Barat yang sangat digemari oleh kalangan anak muda khususnya wanita, seblak sendiri berbahan dasar dari kerupuk aci yang dicampur dengan topik-toping yang beraneka ragam serta tingkat level pedas yang ditawarkan juga cukup beragam. 

Saat ini, makanan seblak ini juga sangat mudah untuk ditemui pada pusat perbelanjaan, komplek perumahaan, sepanjang jalan, sekolahan, dan masih banyak lagi. Untuk memulai usaha seblak juga tidak membutuhkan modal yang cukup besar, hanya dengan Rp 3 juta anda sudah bisa memulainya.

B. Bisnis Waralaba Minuman Modal Kecil

Bisnis Waralaba Minuman Modal Kecil

Selain bisnis warlaba makanan, bisnis waralaba minuman dengan modal kecil juga cukup menjanjikan serta diminati oleh banyak masyarakat Indonesia. Minuman yang ditawarkan juga cukup beragam seperti minuman tradisional, modern, hingga kombinasi dari keduanya. Untuk menentukan bisnis minuman ini juga bisa anda terapkan di sekitar sekolahan, komplek perumahan, jalanan, mall, kampus, dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa bisnis warlaba minuman dengan modal kecil yang wajib anda pertimbangkan:

9. Bubble Drink

Hingga saat ini bubble drink masih menjadi primadona sehingga tak aneh apabila banyak dari mereka yang berloma-lomba untuk memulai usaha maupun bisnis ini. Bubble drink juga merupakan salah satu minuman yang mempunyai banyak sekali rasa seperti kpi, teh, green tea, cokelat, vanilla, stawberry, dan lain sebagainya dengan dimasukan boba di dalamnya.

Untuk menjalkan bisnis waralaba bubble drink juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, Anda hanya perlu menyiapkan modal Rp 3.5 juta anda sudah bisa menjalankannya. Bahkan, bubble drink merupakan salah satu minuman yang sangat viral dan digemari oleh banyak orang khususnya anak muda.

10. Teh Poci

Saat ini siapa sih yang tidak mengenal bisnis waralaba minuman yang begitu populer saat ini? Teh poci sendiri sangat mudah dijumpai oleh banyak orang di sepanjang jalan dan sangat cocok dihidangkan pada saat cuaca panas, teh poci sendiri merupakan salah satu minuman yang dibuat dari teh merek poci yang kemudian dicampur dengan bubuk sasetan lainnya seperti Milo, Hilo, Cappucino, Nutrisari, Susu, Beng beng, dan masih banyak lagi.

Harga yang ditawarkan juga sangat murah yakni mulai dari Rp 3 ribu rupiah anda sudah bisa menjalankannya. Untuk membuka bisnis ini anda hanya perlu menyiapkan modal berkisar antara Rp 4 juta hingga 7 juta rupiah serta sudah mendapatkan meja teh poci untuk menunjang bisnis ini.

11. Es Cendol dan Es Dawet

Es Cendol dan Dawet adalah salah satu minuman tradisional yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia. Jenis minuman ini juga seringkali dikonsumni pada siang hari maupun cuaca sedang panas. Tak hanya itu, Es cendol dan es dawet juga sangat cocok ketika bulan puasa telah tiba. Untuk memulai bisnis waralaba minuman ini juga tidak membutuhkan modal yang cukup tinggi, Anda hanya perlu menyediakan modal sekitar Rp 3 juta saja sudah bisa menjalankannya.

12. Es Sari Tebu 

Es sari tebu juga menjadi salah satu minuman tradisional yang rasanya cukup menyegarkan apabila dikonsumsi pada saat cuaca sedang panas. Meski es sari tebu cukup jarang ditemui, namun bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang hasilnya cukup menjanjikan akhir-akhir ini. Salah satu yang membuat bisnis es sari tebu ini naik daun adalah tebu yang diberikan langsung diolah di tempat lantas digiling menggunakan mesin khusus.

Biasanya anda juga sering melihat bisnis ini dipinggir jalan menggunakan pick up maupun outlet yang mungkin cukup jarang ditemukan. Harga yang ditawarkan satu cup juga cukup mudah yakni hanya Rp 5 ribu rupiah saja.

13. Kopi

Saat ini pecinta kopi di Indonesia sangat banyak dan sedang naik daun sehingga ada banyak sekali merek kopi yang kekinian hadir yang tentunya menargetkan anak-anak muda yang seringkali nongkrong pada saat malam minggu maupun pada saat berkumpul dengan teman-teman serta reunian. Membuka bisnis waralaba kopi juga tidak membutuhkan modal yang cukup besar, Anda hanya perlu menyediakan modal Rp 5 juta hingga yang paling tinggi sekitar Rp 80 juta apabila menggunakan tempat dan konsep yang istimewa.

Bahkan, bisnis warlaba kopi juga menjadi salah satu bisnis yang sangat digemari banyak orang serta menjanjikan saat ini, mengingat kopi memiliki banyak sekali penggemar di Indonesia.


Bagaiamana, apakah anda sudah menemukan bisnis waralaba makanan dan minuman dengan modal kecil yang tepat dan sesuai dengan passion anda? Dengan adanya artikel diatas tentunya anda bisa memilih bisnis yang tepat serta modal yang anda miliki untuk menjalankannya. Hal yang terpenting dalam membuka usaha yaitu niat, kerja keras, kesungguhan, doa, serta modal yang dimiliki.

Itulah artikel kali ini mengenai beberapa ulasan bisnis waralaba makanan dan minuman dengan modal kecil yang menguntungkan serta menjanjikan untuk dijalankan. Mudah-mudahan dengan adanya artikel kali ini dapat membantu anda dalam memilih bisnis waralaba serta menambah wawasan anda semua. Semoga sukses!

Posting Komentar untuk "13 Bisnis Waralaba Makanan dan Minuman dengan Modal Kecil"

X