Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Windows merupakan salah satu sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh banyak orang hingga saat ini, tentu adapun masalah-masalah yang seringkali dihadapi oleh pengguna windows salah satunya yakni laptop tidak bisa masuk windows. Permasalahan ini memang seringkali terjadi dan sering disebut dengan gagal booting ataupun bootloop. Ketika laptop maupun PC anda tidak bisa masuk Windows, maka akan ditandai dengan beberapa hal seperti layar hitam pada desktop dan lain sebagainya.

Jika anda mengalami hal seperti ini, maka anda hanya akan melihat kursor mouse dan biasanya kursor juga tidak akan terlihat. Tak hanya itu, terkadang masalah ini juga akan menyebabkan laptop maupun PC anda melakukan restart secara terus menerus.

Ketika sudah mengalami hal seperti ini, tentu banyak dari mereka yang berfikiran bahwa salah satunya cara untuk mengatasinya yakni membawanya ke tempat service. Apabila anda tidak ingin mengeluarkan uang sedikitpun, maka anda bisa mengikuti tips yang akan saya bagikan kali ini yakni cara mengatasi laptop tidak bisa masuk windows. 

Penyebab Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Ada beberapa penyebab yang seringkali terjadi ketika laptop anda tidak bisa masuk windows. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, maka anda bisa simak beberapa penyebab yang menyebabkan laptop anda tidak bisa masuk windows dan sangat wajib anda ketahui.

  • Adanya Serangan Virus: Virus sendiri tentunya sangat sering bikin masalah termasuk pada Laptop maupun PC yang sedang anda gunakan, penyebabnya sendiri juga pasti sudah bisa ditebak yakni mengakibatkan sistem yang terinfeksi hingga membuat suatu file menjadi corrupt (tidak terbaca)
  • Gagal Update Sistem: Apabila anda sedang melakukan update sistem namun gagal dikarenakan laptop yang tiba-tiba mati juga akan bisa menyebabkan Windows menjadi corrupt. Oleh sebab itu, ketika anda sedang melakukan update sistem, usahakan baterai laptop keadaan penuh ataupun di charger.
  • Salah Install Aplikasi: Banyak sekali pengguna laptop yang menginstall sebuah aplikasi antivirus ataupun sejenisnya namun aplikasi tersebut malah error tentunya akan menyebabkan laptop menjadi gagal startup. Hal ini memang seringkali diabaikan oleh banyak orang.
  • Harddisk Bermasalah: Ketika harddisk yang anda gunakan pada Laptop maupun PC anda sudah rusak, tentu saja akan membuat data menjadi unreadable sehingga laptop anda akan mengalami black screen saat anda nyalakan.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi laptop tidak bisa masuk windows 10, windows 8, dan windows 7. Semua cara yang akan diberikan berikut ini sudah sangat support di merk laptop apapun seperti Asus, Lenovo, Dell, HP, Acer, dan lain sebagainya.

1. Restart Laptop

Langkah pertama yang wajib anda lakukan yakni dengan cara restart laptop anda, cara yang satu ini juga merupakan salah satu cara yang paling dasar dan sangat mudah untuk dilakukan. Meski tidak memungkinkan untuk berhasil, namun dengan melakukan cara ini juga bisa menutup kemungkinan untuk berhasil. Untuk melakukannya, Anda bisa simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Apabila laptop anda black screen, maka anda tekan dan tahan saja CTRL + ALT + DEL pada keyboard secara bersamaan.
  • Atau anda juga bisa mengikuti cara kedua ini yakni dengan menekan tombol Power secara paksa hingga laptop anda mati, dan hidupkan kembali apabila laptop sudah keadaan mati.

Oh iya, sangat disarankan untuk tidak melakukan restart secara terus menerus agar tidak berakibat fatal kedepannya. Anda hanya cukup melakukannya sekali saja dan jangan berlebihan.

2. Uninstall Aplikasi Lewat Safe Mode

Setelah anda menginstall aplikasi sebelumnya dan laptop anda tiba-tiba mengalami error ataupun mati secara tiba-tiba. Maka, langkah yang wajib anda lakukan yakni uninstall aplikasi melalui Safe Mode. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa Safe Mode merupakan salah satu fitur bawaan windows yang bisa berjalan tanpa memuat aplikasi.

Untuk masuk ke dalam Safe Mode juga tergolong mudah dan sudah pernah saya bagikan diulasan sebelumnya yang berjudul 5 Cara Masuk Safe Mode Windows 10 dengan Mudah.

  • Hidupkan laptop anda seperti biasa apabila keadaan mati.
  • Jika sudah melewati layar BIOS, maka anda langsung saja tekan F8 pada keyboard secara berulang-ulang hingga muncul tampilan baru.
  • Apabila sudah muncul tampilan baru, maka anda pilih saja Safe Mode.
  • Setelah masuk ke dalam menu Safe Mode, maka anda bisa uninstall aplikasi yang anda install sebelumnya yang menyebabkan laptop anda mati ataupun error.
  • Selain itu, Anda juga bisa melakukan scan virus dengan menggunakan antivirus bawaan Windows yakni Windows Defender.

3. Menggunakan Sistem Restore

Sistem Restore adalah salah satu fitur yang dimana pengguna dapat mengembalikan Windows pada waktu yang sudah ditentukan sebelumnya alias dapat mengembalikan Windows sebelum terjadinya error. Untuk menggunakan Sistem Restore juga tergolong mudah yakni anda hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  • Masuk ke dalam Safe Mode seperti cara kedua.
  • Lantas cari menu Restore dan pilih Create a restore poin.
  • Pada tab System Protection anda klik saja System Restore dan klik Next.
  • Kemudian atur saja sesuai dengan keingingan anda dan klik Finish.
  • Selesai

4. Cek Kondisi Hard Disk

Selain kerusakan pada software, biasanya penyebab laptop tidak bisa masuk windows juga berakibat dari kerusakan pada hardware. Salah satunya Harddisk, harddisk sendiri merupakan salah satu komponen yang berperan sangat penting sebagai tempat penyimpanan semua file yang ada di laptop.

Nah, untuk mengecek harddisk apakah masih sehat atau tidak juga tergolong sangat mudah dikarenakan sudah ada aplikasi yang bisa membantu anda dalam melakukan pengecekan kondisi pada harddisk. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama yakni install aplikasi Software Hard Disk Sentinel di komputer ataupun laptop teman anda atau laptop lainnya.
  • Kemudian lepaskan hardisk laptop anda, lalu pindahkan ke laptop lainnya.
  • Setelah itu buka aplikasi Software Hard Disk Sentinel yang sudah anda install sebelumnya, pastikan juga harddisk anda sudah terdeteksi oleh aplikasinya.
  • Setelah itu klik Tab Overview dan lihat kondisi harddisk pada kolom perfomance dan health. Apabila kondisi harddisk anda berada dibawah 75% maka dapat dipastikan hard disk anda sudah tidak sehat dan harus segera diganti.

5. Cek dan Bersihkan RAM Laptop

RAM juga bisa menyebabkan laptop tidak bisa booting apabila RAM tersebut rusak. Nah, untuk mengatasinya, alangkah baiknya anda mengecek RAM dan membersihkannya terlebih dahulu. Caranya juga cukup mudah kok, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Bongkar laptop ataupun PC dan ambil RAM yang sudah tersematkan di dalamnya.
  • Kemudian, bersihkan kuningan pada RAM laptop menggunakan penghapus.
  • Setelah dirasa bersih, maka pasang kembali RAM yang sudah dibersihkan pada posisi yang sempurna dan silahkan coba hidupkan laptop ataupun PC anda.

6. Install Ulang Windows

Jika semua cara diatas juga tidak mampu menyelesaikan masalah, maka salah satu cara yang apling efektif yakni melakukan install ulang windows. Dengan melakukan install ulang windows biasanya akan mampu memperbaiki masalah yang terjadi pada laptop anda seperti tidak bisa masuk windows, blackscreen, bluescreen, laptop ngelag, dan lain sebagainya.

Namun, Anda juga harus siap kehilangan file ataupun data yang tersimpan pada laptop anda. Oleh karena itu, Anda harus memikirkannya terlebih dahulu secara matang. Apabila anda tidak ingin kehilangan file, maka sebelumnya anda harus sudah mempunyai back-up data sebelumnya.

Itulah 6 cara mengatasi laptop tidak bisa masuk windows yang bisa anda ikuti dan praktekkan. Apabila anda tidak bisa melakukannya, maka anda bisa langsung menyerahkannya ke tempat service dengan mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Untuk itu, Anda harus bisa memperbaikinya sendiri dengan cara yang sudah saya berikan diatas. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows"

X