Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Membuka Usaha Warung Sembako Modal 5 Juta!

Hanya dengan modal 5 juta rupiah saja anda sudah bisa membuka usaha warung sembako, lho. Mengingat, sembako seperti beras, gula, minyak, dan bahan makanan lainnya adalah suatu kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Sehingga, semua orang pasti membutuhkannya. Oleh karena itulah mengapa peluang usaha warung sembako ini masih sangat menjanjikan dan termasuk kategori salah satu usaha yang tidak ada matinya.

Sayangnya, banyak sekali orang yang pesimis dengan peluang usaha warung sembako ini karena harus bersaing dengan pusat perbelanjaan hingga mini market yang kian semakin banyak. Maraknya mini market yang menjual produk yang sejenis ini merupakan tantangan tersendiri. Namun, pasti ada saja celah yang bisa dimanfaatkan.

Peluang usaha warung sembako memang tidak mengenal musim dan akan selalu dicari banyak orang disetiap harinya. Anda juga tidak perlu khawatir dengan pesaing yang akan anda hadapi, untuk membuka usaha warung sembako memang tidak membutuhkan modal yang sangat besar. Hanya dengan modal Rp 5 Juta rupiah saja anda sudah bisa menjalankannya.

8 Tips Membuka Usaha Warung Sembako Modal 5 Juta!

Sebelum itu, alangkah baiknya anda ketahui terlebih dahulu mengenai semua hal tentang bisnis yang satu ini. Berikut ini akan saya ulas secara lengkap dan detail!

Kelebihan dan Kekurangan Warung Sembako

Sebelum menjalankan usaha warung sembako maupun toko kelontong ini, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya agar dapat menjadi bahan pertimbangan anda sebelum benar-benar menjalankan usaha ini.

A. Kelebihan Usaha Warung Sembako

1. Sangat Dibutuhkan Oleh Banyak Orang

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwasannya sembako merupakan salah satu bahan pokok yang sangat dibutuhkan setiap harinya. Sehingga, target pasarnya akan cukup luas. Warung sembako juga biasanya seringkali dijadikan tempat favorit dari berbagai kalangan seperti kelas menengah kebawah hingga kelas menengah keatas.

Jadi, Anda tidak perlu bingung dalam mencari konsumen, asalkan anda pintar dalam memilih lokasi dan mampu bersaing dengan warung sembako lainnya yang ada di sekitar daerah anda.

2. Warung Sembako Sangat Mudah Dijangkau

Pada biasanya ada banyak sekali orang yang malas keluar rumah dengan jarak yang begitu jauh ketika ingin mencari mini market. Sehingga, warung sembako biasanya menjadi salah satu alternatif yang bisa mereka kunjungi. Mengingat, warung sembako juga memiliki produk yang bahkan hampir terbilang sama. 

3. Mudah Dikerjakan dari Rumah

Usaha sembako memang bisa dikerjakan hanya dari rumah saja ketika anda hanya mempunyai modal 5 juta rupiah. Tentunya dengan lokasi rumah anda harus tergolong strategis agar mendapatkan jangkauan pembeli yang sangat luas, biasanya warung sembako dijalankan oleh ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

B. Kekurangan Usaha Warung Sembako

Setiap memiliki kelebihan, tentu saja usaha ini memiliki kekurangan yang akan anda hadapi. Berikut ini adalah kekurangan dari usaha warung sembako.

1. Persaingan yang Cukup Ketat

Di dunia bisnis tentu saja akan mempunyai persaingan yang cukup ketat. Meski usaha warung sembako memiliki persaingan yang ketat, tentu saja masih bisa menguntungkan apabila dikelola dengan baik. Begitu juga dengan maraknya mini market yang beredar di daerah anda. Namun, perlu anda ketahui bahwasannya mini market tidak menjual semua jenis produk sembako, tentu saja itu merupakan salah satu celah yang bisa anda manfaatkan.

2. Harga Sembako Naik Turun

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwasannya harga sembako kadang naik dan kadang kala turun. Dengan begitu, Anda harus mengetahui keadaan pasar. Beras, Cabai, Minyak, Telur, dan lain sebagainya pasti akan mengalami kenaikan ataupun penurunan harga. Oleh karena itu, Anda harus terus belajar dalam mempelajari sebuah harga sembako di pasaran dan jangan sampai mengalami kerugian yang begitu banyak ketika anda membeli bahan makanan pada saat harga sedang naik.

8 Tips Sukses Membuka Usaha Warung Sembako

Untuk memulai usaha tentu saja merupakan hal yang cukup mudah, akan tetapi mengembangkan usaha menjadi yang lebih besar merupakan suatu hal yang cukup sulit. Begitu juga dengan usaha warung sembako ini. Tentu saja, Anda harus melakukan strategi yang tepat agar keuntungan yang akan anda dapatkan begitu banyak serta usaha anda menjadi lebih berkembang. Nah, berikut ini ada 10 tips sukses membuka usaha warung sembako yang bisa anda lakukan!

1. Sediakan Produk yang Lengkap

Langkah pertama yang harus anda lakukan yakni menyediakan produk yang lengkap, untuk masalah stok tidak perlu terlalu banyak. Asalkan jenis-jenis produk yang anda tawarkan sangat lengkap, apabila produk anda lengkap. Maka, segala sesuatu yang dicari oleh pembeli nantinya harus anda, dengan begitu usaha anda akan mempunyai banyak pelanggan setia yang akan kembali mengunjungi warung sembako anda.

2. Mencari Supplier Terbaik

Barang-barang yang biasanya dijual di warung-warung tentu saja didapatkan dari pemasok yang hanya bisa menjual dalam jumlah besar. Untuk itu, sebelum memulai usaha warung sembako. Usahakan carilah supplier terbaik yang melayani pembelian untuk warung, biasanya para supplier tersebut menjual dengan harga yang sangat murah dibandingkan dengan harga pasaran. Hal itu dikarenakan, para supplier mencari produk secara langsung melalui pabriknya.

Supplier terbaik memang tidak menjual barang dengan harga yang sangat murah saja. Melainkan, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan seperti pelayanan yang diberikan, kualitas produk, dan lain sebagainya. Anda juga wajib memastikan bahwa stok di supplier yang anda cari selalu tersedia, sehingga pada saat anda ingin mencari stok. Anda tidak kehabisan stok di supplier anda.

3. Mencari Lokasi yang Strategis

Setiap ingin menjalankan sebuah usaha tentu saja harus mencari lokasi yang strategis agar anda bisa memiliki jangkauan yang cukup luas dan tentunya meraih pelanggan yang sangat banyak. Pada biasanya, lokasi yang strategis memiliki jumlah yang banyak penduduk seperti dipinggir jalan raya. Mengingat, banyak sekali orang yang berlalu-lalang disana.

Apabila anda tidak memiliki modal yang besar untuk menyewa sebuah tempat, maka anda bisa menggunakan rumah anda untuk sementara. Akan tetapi, usahakan di lokasi anda padat penduduk seperti perumahan, dipinggir jalan, dan lain sebagainya.

4. Survey Harga Jual

Dengan modal 5 juta rupiah saja tentu anda harus melakukan survey harga jual sembako yang ada di pasaran. Tujuannya sendiri yakni untuk mengetahui berapakah harga jual sembako yang beredar di pasaran. Apabila anda seorang pemula dalam menjalankan usaha warung sembako ini, usahakan tidak terlalu mematok dengan harga yang tinggi.

Tidak mematok harga yang tinggi bukan berarti menjual dengan harga yang sangat murah. Akan tetapi, Anda bisa mengambil harga yang sedikit lebih murah. Sebagai contoh, Anda membeli produk A dengan harga Rp 15.000, maka anda bisa menjual produk A di toko anda dengan harga Rp 14.500.

5. Berikan Jasa Layanan Antar

Jasa layanan antar memang tidak digunakan oleh marketplace saja. Namun, usaha sembako juga bisa menggunakan jasa layanan antar ini. Alangkah baiknya, ketika anda menggunakan sistem ini usahakan anda memberikan syarat dan ketentuan agar anda tidak rugi uang bensin. Sebagai contoh, dengan minimal Rp 100.000 maka sudah bisa menggunakan jasa layanan antar. Anda juga bisa mempromosikan secara mulut ke mulut bahwa anda sudah menyediakan jasa layanan antar namun dengan syarat yang berlaku.

6. Berikan Pelayanan Terbaik

Selain memperhatikan kualitas barang, Anda juga harus memperhatikan pelayanan anda kepada pembeli. Pelayanan yang terbaik tentu saja akan membuat pembeli terasa lebih nyaman dan menyenangkan pada saat membeli bahan makanan di warung sembako anda. Untuk itu, Anda harus bersikap ramah, senyum, dan cepat kepada pembeli. Dengan pelayanan terbaik yang anda berikan, pembeli pasti akan datang terus di warung sembako anda.

7. Melakukan Promosi

Untuk seorang pemula yang baru saja terjun di usaha warung sembako alangkah baiknya melakukan promosi terlebih dahulu sebelum membuka warung secara resmi. Tujuan dari promosi ini tentu saja berguna untuk mendapatkan banyak keuntungan dan juga mendapatkan pelanggan dengan cara yang cukup singkat. Anda juga bisa melakukam promosi melalui media sosial ataupun secara offline dari mulut ke mulut kepada kerabat, sahabat, dan teman-teman anda.

Selain itu, pemberian diskon juga tentu saja akan menarik banyak orang untuk berbalanja di warung sembako anda. Meski tidak mendapatkan keuntungan yang besar, akan tetapi dengan banyaknya pelanggan akan membuat warung sembako anda menjadi ramai pembeli serta keuntungan yang akan didapat nantinya jauh lebih banyak.

8. Lakukan Pembukuan

Pembukuan memang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha, tanpa adanya pembukuan tentu saja anda akan mengalami kebangkrutan dalam menjalankan usaha warung sembako ini. Meski warung sembako anda masih tergolong cukup kecil, alangkah baiknya jangan pernah mengabaikan pembukuan. Catatlah pembukuan dengan baik agar mempermudah anda dalam memprediksi barang yang laku dan barang mana yang tidak laku.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai tips sukses membuka usaha warung sembako yang bisa anda terapkan dengan baik. Oh iya, alangkah baiknya juga anda tidak terlalu fokus dengan banyaknya pembeli di warung anda. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan juga seperti memberikan pelayanan yang ramah, harga yang terjangkau, serta melakukan pembukuan bisnis agar warung sembako anda bisa berumur panjang dan berkembang, Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "8 Tips Membuka Usaha Warung Sembako Modal 5 Juta!"

X