Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Memulai Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil Untuk Pemula

Memulai bisnis pakaian merupakan salah satu bisnis yang tidak ada matinya karena pakaian termasuk kebutuhan pokok manusia yakni sandang (pakaian), peluang usaha untuk memulai bisnis pakaian juga tergolong masih sangat luas dan potensial untuk dimaksimalkan. Saat ini, mungkin anda seringkali melihat banyak orang yang menjual pakaian di media social ataupun stand-stand pasar malam, bahkan mereka juga mempunyai banyak pelanggan karena memiliki kualitas pakaian yang sangat baik meski membutuhkan modal yang kecil.

Karena banyaknya orang yang telah sukses meraih kesuksesan hanya dengan memulai bisnis pakaian, banyak dari mereka yang ikut terjun ke bisnis ini termasuk anda yang sedang membaca artikel ini. Hal itu memang sangat wajar, karena banyak sekali orang yang termotivasi dari kisah-kisah seorang pebisnis sukses di Indonesia, salah satunya bisnis pakaian. 

Padahal, mereka tidak mengetahui bahwasannya seseorang yang sukses pasti pernah mengalami kegagalan saat memulai bisnis. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips ataupun cara memulai usaha pakaian dengan modal kecil. Agar anda tidak penasaran, yuk langsung saja simak ulasan berikut.

Kelebihan Memulai Bisnis Pakaian

1. Modal Kecil

Seperti yang sudah saya berikan dijudul bahwasannya kelebihan yang pertama dalam memulai usaha pakaian ini tidak membutuhkan modal yang besar. Bahkan, dengan modal 1 juta anda sudah bisa kok memulai usaha yang satu ini.

2. Keuntungan yang Cukup Besar

Usaha pakaian tentunya pasti mendapatkan keuntungan yang cukup besar, mengingat usaha ini merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yakni sandang (pakaian). Apalagi jika anda berhasil menarik perhatian orang lain untuk membeli produk yang anda tawarkan, maka besar kemungkinan keuntungan anda akan sangat besar.

Bahkan, Anda bisa mengambil keuntungan yang sangat besar yakni mulai dari 15% hingga 45% atau bahkan lebih. Namun, jika anda baru saja terjun di bisnis ini usahakan jangan terlalu mematok harga yang sangat tinggi.

3. Bisa Dikerjakan Dirumah

Kelebihan usaha pakaian selanjutnya yaitu bisa anda kerjakan dirumah, seperti yang sudah diketahui saat ini untuk menjual pakaian memang tidak harus keliling. Karena anda bisa mengerjakannya dari rumah karena anda sudah membuat toko di marketplace sebelumnya, Anda hanya perlu menunggu orderan dan lalu melakukan packingan setelahnya melakukan sebuah pengiriman. 

7 Cara Memulai Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil

1. Mencari Supplier

Dalam memulai sebuah usaha pakaian dan lain sebagainya, sangat diharuskan untuk mencari supplier yang tepat, usahakan anda mencari beberapa supplier yang menawarkan harga serendah mungkin namun dengan mempunyai kualitas produk yang sangat baik. Apabila anda tidak menemukan supplier pakaian di kota anda, maka anda bisa mencarinya di marketplace seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, dan lain sebagainya.

Oh iya, setelah mendapatkan supplier. Alangkah baiknya anda membeli beberapa sample terlebih dahulu agar anda mengetahui kualitas dari produk tersebut, apabila sudah dirasa sangat baik. Maka, Anda sudah bisa membeli dalam jumlah banyak atau langsung anda menawarkan kerja sama. Dengan begitu, pembeli tidak akan kecewa karena produk yang anda tawarkan cukup baik.

2. Sediakan Pakaian dengan Berbagai Varian

Ketika sudah memulai usaha pakaian, usahakan anda menyediakan beberapa stok pakaian dengan berbagai varian yang berbeda. Dengan adanya berbagai varian pakaian tentu saja usaha anda akan terlihat seperti professional dan menarik ketika dilihat oleh para pembeli, jika anda hanya menyediakan stok yang sangat terbatas. Maka, usaha anda akan terlihat monoton ataupun kurang menarik minat pembeli.

Apabila anda berjualan online ataupun berjualan di marketplace, maka anda bisa menggunakan picture produk yang disediakan oleh reseller anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu menyediakan stock ketika ingin menambahkan gambar di toko online anda.

3. Menjadi Reseller

Ketika anda sudah mendapatkan supplier yang menurut anda mempunyai produk yang bagus, maka anda bisa mendaftar menjadi reseller dari supplier yang telah anda pilih sebelumnya. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwasannya dalam menjadi reseller tentunya mempunyai banyak keuntungan, diantaranya yakni anda akan mendapatkan potongan harga khusus member reseller, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, ketika anda sudah mendaftar menjadi reseller di supplier yang anda pilih. Maka, Anda akan mendapatkan informasi lebih awal ketika supplier anda memiliki produk terbaru ataupun trend terbaru. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan dari kedua belah pihak.

4. Tentukan Jenis Pakaian

Oh iya, ketika anda memulai usaha pakaian. Sangat disarankan untuk menentukan jenis pakaian apa yang ingin anda jual, seperti yang sudah diketahui bersama bahwasannya jenis pakaian sangatlah banyak, mulai dari jeans, kemeja, celana pendek, celana panjang, jaket, jilbab, safari, baju bayi, dan lain sebagainya

Nah, jika anda baru saja terjun di usaha pakaian ini. Anda bisa memilih jenis pakaian yang anda pahami, sebagai contoh. Anda sangat senang dengan kemeja, maka anda bisa menentukan jenis pakaian kemeja saja terlebih dahulu. Apabila dirasa ramai, maka anda bisa menyediakan pakaian lainnya seperti kaos, celana, jaket, dan lain sebagainya.

5. Tentukan Metode Jualan Anda

Menentukan metode jualan tentu saja merupakan hal yang sangat penting, apabila anda hanya mempunyai modal yang terbatas atau kecil. Maka, Anda bisa berjualan secara online seperti di marketplace, facebook, instagram, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda tidak perlu membayar uang sewa tempat perbulannya.

Namun, jika anda mempunyai modal yang lumayan. Maka, Anda bisa mencari sebuah tempat untuk anda jadikan usaha anda. Baik itu di pameran, pasar, dan lain sebagainya. Usahakan juga tempat yang anda cari itu strategis dan ramai pengunjung.

6. Lakukan Promosi

Meskipun mempunyai modal yang kecil, Anda juga harus melakukan sebuah promosi di media social agar toko anda memiliki jangkauan yang sangat luas, dengan jangkauan yang luas tentunya anda akan mendapatkan pembeli. Media social yang seringkali dijadikan media promosi oleh pebisnis online yaitu Facebook dan Instagram. 

Dalam melakukan sebuah promosi, Anda juga harus menambahkan gambar yang sangat bagus dan caption yang menarik ataupun berupa promo. Agar, banyak dari mereka yang tertarik dengan produk yang anda tawarkan.

7. Konsisten

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwasannya, setiap kali berbisnis tentunya pasti memiliki hambatan karena sebuah bisnis tentu saja tidak akan mulus. Hambatan yang akan anda hadapi nantinya biasanya orderan yang sangat sepi dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda jangan pernah patah semangat apalagi menutup toko online ataupun toko offline yang sudah anda buat sebelumnya.

Ingatlah kembali pada tujuan dan passion anda ketika anda memulai usaha pakaian ini. Dengan mempunyai passion yang tinggi tentunya hal itu akan membakar semangat anda dalam menjalankan usaha pakaian ini. Pada intinya, jangan pernah menyerah, apabila orderan anda sepi. Maka, anda bisa memutar ide anda apakah itu akan dibuat diskon ataupun beli 2 gratis 1.

Demikianlah uraian saya mengenai cara memulai usaha pakaian dengan modal kecil untuk pemula, dengan adanya keterbatasan pada modal yang anda miliki. Bukan berarti anda tidak bisa memulai sebuah usaha pakaian, bahkan tanpa modal pun bisa anda lakukan yakni dengan cara menjadi seorang dropshipper di marketplace. Setelah anda memulai usaha pakaian, jangan lupa berdoa dan terus konsisten agar usaha anda semakin berkembang, Semoga sukses!

Posting Komentar untuk "7 Cara Memulai Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil Untuk Pemula"

X