Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 Layar di Android

Menggabungkan 2 video menjadi 1 layar adalah salah satu teknik editing yang mungkin kerap disebut dengan split screen. Dengan menggunakan teknik editing ini, Anda bisa menggabungkan 2 hingga 4 video dalam 1 layar atau frame. Bahkan bisa lebih dari itu. Pada biasanya, content creator di YouTube menggunakan teknik editing ini untuk kebutuhan perbandingan suatu produk, gameplay, dan masih banyak lagi.

Mungkin dibenak pikiran anda ketika menggabungkan 2 video menjadi 1 frame ini hanya bisa dilakukan melalui PC saja. Padahal, Anda bisa menggunakan teknik ini hanya dengan sebuah HP Android. Anda pasti sudah familiar sekali dengan aplikasi video editing seperti KineMaster, Filmora, VivaVideo, dan lain sebagainya. Sayangnya, aplikasi-aplikasi yang sudah saya sebutkan tersebut tidak menyediakan fitur split screen.

Tentu saja itu akan membuat anda kesusahan pada saat ingin mengedit sebuah video menjadi split screen, dikarenakan anda diharuskan untuk melakukannya secara manual seperti crop dan lain sebagainya hingga video 1 dan video 2 bergabung di dalam sebuah frame.

Cara Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 Layar di Android

Agar anda tidak perlu repot-repot dengan menggunakan teknik manual, maka anda hanya membutuhkan sebuah aplikasi yang bernama Video Collage Maker. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda hanya memerlukan sebuah beberapa video yang ingin disatukan. Agar anda lebih mengerti dengan artikel yang saya bahas kali ini, alangkah baiknya anda melihat contoh video split screen berikut ini:

Nah, video diatas saya ambil dari channel orang lain dan bukan milik saya. Jika dilihat dari kualitas dan hasil editingnya, video tersebut diedit menggunakan PC. Bukan berarti tidak bisa dilakukan melalui hp android ya, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi Video Collage Maker di Google Play Store
  • Setelah aplikasinya terinstall, maka langsung saja buka aplikasinya.
  • Jika aplikasi sudah terbuka, maka langsung saja klik menu “Video” dan pilih template split screen yang anda inginkan.
  • Selanjutnya anda hanya perlu mengatur aspek rasio yang anda inginkan, sebagai contoh. Saya menggunakan 16:9 yang biasanya digunakan untuk YouTube dan Facebook.
  • Nah, untuk memasukan videonya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menekan kotak split screen baik itu di kanan ataupun di kiri. Kemudian pilih menu “Video” yang berada di bawah sebelah menu Gif.
  • Apabila videonya berhasil anda masukan, lalu anda atur saja posisi videonya agar pas dan sesuai dengan selera anda.
  • Langkah terakhir yakni anda perlu mengexport nya dengan cara klik tombol “Ceklist” yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih resolusi yang anda inginkan. Sebagai contoh, saya menggunakan kualitas 1080p (Full HD).
  • Selesai.

Itulah tutorial cara menggabungkan 2 video menjadi 1 layar di android yang bisa anda coba. Cukup mudah, bukan? Tentu saja dong, Anda juga tidak perlu repot-repot lagi ketika mengedit sebuah video split screen dengan cara manual yang mungkin membuang-buang waktu, karena dengan hadirnya aplikasi yang bernama Video Collage Maker bisa membantu anda dalam mengedit video dengan teknik split screen ini.

Untuk mendapatkan aplikasinya juga bisa anda download di Google Play Store, aplikasi ini juga sudah direkomendasikan oleh banyak orang karena memiliki banyak fitur-fitur menarik. Dilihat dari Google Play Store, aplikasi ini sudah diunduh sebanak 1 juta kali dan mendapatkan rating 4,7 bintang dari 47 ribu ulasan. Tentu saja ini merupakan aplikasi yang sangat berkualitas, Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 Layar di Android"

X