Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Cepat Agar Blog Diterima Oleh Google Adsense

Google Adsense merupakan salah satu perusahaan iklan terbesar yang sangat populer di kalangan banyak orang hingga kini, sehingga pada saat Google Adsense muncul. Banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk menjadi salah satu publishernya, seperti yang sudah diketahui bersama bahwa Google Adsense adalah salah satu program PPC (Pay Per Click) yang digemari oleh banyak orang, bahkan media-media besar pun ikut serta menggunakan iklan yang satu ini. Hal ini tentunya dapat dibuktikan bahwa Google Adsense berani membayar publishernya dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan Alternatif Google Adsense yang banyak sekali bermunculan di Internet.

Dengan kepopulerannya tersebut, banyak sekali seorang blogger pemula yang ingin sekali blognya agar diterima oleh Google Adsense. Sehingga, banyak dari mereka yang frustasi ketika mengalami penolakan dari jaringan periklanan ini. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang rela mengeluarkan banyak uang hanya demi menyewa jasa approve google adsense yang bermunculan di Internet. Padahal, cara yang digunakan oleh penyedia jasa tersebut sangat mudah untuk dibaca. 

Mengapa demikian? Karena Google Adsense tidak bisa dibohongi, meskipun anda mempunyai orang dalam. Anda juga tidak akan bisa diterima jika tidak memenuhi kriteria atau TOS yang telah ditentukan, dulu ketika anda baru saja membuat blog dan mendaftarkannya ke Google Adsense, maka situs atau blog anda akan mudah untuk diterima. Namun, saat ini untuk mendaftarkan Google Adsense bisa tergolong cukup sulit.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Low Value Content Google Adsense

Bahkan, saya sendiri juga ditolak dengan Google Adsense dikarenakan alasan “Low Value Content”. Namun, pada akhirnya situs ataupun blog yang sedang anda baca ini diterima oleh Google Adsense. Tentu saja, itu membuat saya cukup senang karena bisa mendapatkan uang hanya dengan mengelola sebuah blog dan menuangkan informasi yang bisa dibaca banyak orang. Dengan rasa yang sangat bahagia, saya ingin membagikan pengalaman saya ketika diterima oleh Google Adsense.

Cara Cepat  Agar Blog Diterima Oleh Google Adsense

Perlu ditegaskan kembali bahwasannya ini merupakan salah satu pengalaman saya pribadi dan bukan tips jitu. Namun, pengalaman saya ini bisa anda jadikan patokan. Karena, belajar dari pengalaman orang lain sangat penting kedepannya. Ketika saya bisa, kenapa anda tidak? Begitulah istilahnya, daripada lama-lama berikut ini akan saya bagikan beberapa cara cepat agar blog diterima oleh Google Adsense.

1. Buat Artikel Original Minimal 500 Kata

Agar blog anda bisa diterima oleh Google Adsense, maka anda bisa membuat artikel dengan minimal 500 kata. Mengapa demikian? Karena, ketika saya membuat artikel dibawah 500 kata. Saya mendapatkan penolakan dari Google Adsense dengan alasan Low Value Content seperti yang sudah saya singgung sebelumnya diatas. Meski ada beberapa kata yang termasuk plagiat, abaikan saja. Setidaknya anda sudah berhasil membuat artikel dengan diatas 75% unik, jangan tools dijadikan patokan utama untuk mengukur sebuah keunikan artikel.

Semakin panjang artikel yang anda buat, maka besar kemungkinan akan mudah pula blog anda diterima oleh Google Adsense. Usahakan juga, kata ataupun kalimat anda tidak diulang-ulang dan sangat membingungkan para pembaca blog anda. Cukup buat artikel yang panjang namun membantu banyak orang untuk menemukan permasalahan yang sedang dicari oleh audience.

2. Gunakan Domain TLD (Top Level Domain)

Ketika anda serius mengelola sebuah blog, maka usahakan gunakan domain TLD (Top Level Domain), keunggulan menggunakan domain TLD juga sangat mudah yakni blog anda terlihat professional, singkat dan mudah diingat, dan salah satunya yaitu mudah diterima oleh Google Adsense. Apakah wajib untuk menggunakan domain TLD? Tidak juga sih, ini hanya sesuai selera anda masing-masing. Namun, pengalaman pribadi saya ketika menggunakan subdomain dari blogspot.com pada saat ingin mendaftarkan blog ke Google Adsense yakni anda diharuskan menunggu usia blog anda hingga 6 bulan. Tentu saja, itu membutuhkan waktu yang cukup lama.

Berbeda halnya seperti domain TLD yang umur 1 mingguan pun bisa diajukan ke Google Adsense, jika anda tidak memiliki budget untuk membeli domain TLD, Anda bisa kok menggunakan domain TLD seperti .xyz yang awalnya hanya Rp 14.000, ataupun anda bisa menggunakan domain ccTLD seperti .my.id yang dibanderol dengan harga Rp 10.000/tahun atau .web.id yang dibanderol dengan harga Rp 55.000/tahun.

Baca Juga: 5 Alasan Saya Menggunakan Domain WEB.ID Untuk Blog

3. Menggunakan Template Premium 

Selain menggunakan domain TLD, Anda juga diharuskan untuk menggunakan template premium pada saat ingin serius mengelola sebuah blog. Hal ini tentunya akan membuat tampilan blog anda akan menjadi lebih enak untuk dipandang dan user friendly. Tak hanya itu, blog anda juga akan lebih mudah untuk diterima oleh Google Adsense, ketika anda menggunakan sebuah template blog gratisan. Maka, di dalam XML tersebut pasti akan ada script berbahaya yang sudah disematkan oleh seorang blogger yang tidak bertanggung jawab, sehingga tampilan blog anda akan lebih mudah berantakan.

Baca Juga: Template Blogger Premium Terbaik

Pada saat tampilan blog anda berantakan dan anda bertekad mendaftarkannya ke Google Adsense, maka anda akan ditolak mentah-mentah. Oleh karena itu, belilah sebuah template premium yang sudah disediakan oleh developernya, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Bahkan, ada yang menjual dengan harga dibawah Rp 100.000. Jika anda bertanya, template apa yang saya gunakan pada saat diterima oleh Google Adsense adalah template EvoMagz yang dibanderol dengan harga Rp 245.000,-

Anda tidak mempunyai modal? Tidak masalah, Anda bisa menggunakan template blogger bawaan yang sudah disediakan oleh pihak blogger.com, untuk mencarinya. Anda bisa pergi ke dashboard blogger dan pilih menu “Tema”. Banyak juga yang sudah mengatakan bahwa template bawaan blogger akan lebih mudah untuk diterima oleh Google Adsense, namun memiliki kelemahan yakni tidak SEO Friendly.

4. Usahakan Blog Sudah Terindex

Mengelola sebuah blog memang bukan hanya menulis sebuah artikel saja. Namun, Anda juga harus mendaftarkannya ke Google Search Console, dengan mendaftarkan blog ke webmaster akan memudahkan artikel anda terindex oleh mesin pencari seperti Google salah satunya. Apabila artikel anda tidak diindex oleh mesin pencari, maka blog anda akan ditolak oleh Google Adsense dengan alasan “Tidak Ada Konten”. Selain itu, blog anda juga tidak akan mendapatkan pengunjung organik jika artikel yang telah anda publish tidak diindex Google.

Untuk blog baru ketika baru saja mendaftarkan situsnya ke Google Search Console, maka membutuhkan waktu mulai dari 1 hari hingga 3 mingguan agar artikel anda terindex. Untuk mengecek apakah blog anda sudah terindex atau belum, maka anda bisa mengeceknya melalui mesin pencari dengan kata kunci “Site:mahes.web.id” jika anda mengecek sebuah artikel, maka anda bisa menggunakan kata kunci “Site:LinkArtikel”.

5. Buat Halaman Khusus

Halaman khusus ini sangat penting ketika anda mendaftarkan blog anda ke Google Adsense, karena halaman ini akan direview oleh pihak adsense untuk mempertimbangkan apakah blog anda layak untuk diterima oleh Google Adsense atau tidak, halaman khusus ini adalah halaman About, Contact Us, Disclaimer, Privacy Policy, dan Sitemap (Opsional). Mungkin ada beberapa blog yang tidak mempunyai halaman khusus namun lolos dan sudah diterima oleh Google Adsense, saya juga kurang tahu pasti apakah halaman khusus ini sangat penting atau tidak.

6. Pastikan Blog Anda Sudah Memiliki Pengunjung Organik

Nah ini merupakan suatu hal yang sangat penting, usahakan pada saat anda mendaftarkan blog ke Google Adsense blog atau situs anda sudah mempunyai pengunjung organik, entah itu sebanyak 40view/day ataupun diatas itu, yang penting adalah pengunjung organik dari Google Search. Seperti pengalaman saya pada saat diterima oleh Google Adsense adalah pengunjung organik blog saya hanya 100view/day. 

Bagaimana cara mendapatkan pengunjung organik? Untuk mendapatkan pengunjung organik memang cukup mudah, Anda hanya perlu membuat sebuah artikel yang memiliki kompetitor yang sedikit namun memiliki pencarian yang lumayan setiap bulannya. Selain itu, Anda juga harus menggunakan teknik SEO On Page ataupun menulis artikel SEO Friendly.

7. Perhatikan Umur Blog Anda

Untuk mendaftarkan blog ke Google Adsense alangkah baiknya jangan terlalu terburu-buru. Hal ini dikarenakan pihak Google sendiri akan memperhatikan usia blog anda, jumlah pengunjung, jumlah artikel, dan lain sebagainya. Umur blog yang sudah siap didaftarkan ke Google Adsense yaitu 3 ataupun 6 bulan. Namun, sesuai dengan pengalaman pribadi saya pada saat blog saya diterima oleh Google Adsense adalah usia blog saya hanya baru berusia 3 bulan.

Akhir Kata

Nah, demikianlah beberapa tips agar blog anda diterima oleh Google Adsense. Artikel diatas merupakan hasil dari pengalaman saya pribadi dan saya tuliskan di blog ini, spesifikasi blog saya pada saat diterima oleh Google Adsense yakni jumlah artikel rata-rata 1.000 kata, pengunjung perhari sebanyak 100 view/day, jumlah artikel 80an (kalau tidak salah).

Oh iya, ulasan diatas juga tidak bisa anda jadikan patokan agar bisa diterima oleh Google Adsense. Karena setiap penolakan yang diberikan oleh Adsense sendiri berbeda-beda, ketika anda mengalami penolakan. Maka, ajukan saja hingga blog anda diterima. Bahkan, saya sendiri juga melakukan hal ini, karena blog yang anda baca saat ini sudah pernah ditolak oleh Google Adsense sebanyak 5 kali. 

Posting Komentar untuk "7 Cara Cepat Agar Blog Diterima Oleh Google Adsense"

X