Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Cek Broken Link di Blog dan Cara Mengatasinya

Mungkin anda pernah mengunjungi sebuah situs untuk mencari informasi, akan tetapi ketika dialihkan ke halaman selanjutnya 404 Not Found. Tentu saja, itu akan membuat anda cukup kesal. Begitu pula dengan search engine seperti Google, Yahoo, dan juga Bing. Nah, apabila anda mengelola sebuah blog dan menanam link keluar, tentu saja harus anda perhatikan agar tidak terjadinya broken link. 

Lantas, bagaimana dengan jumlah artikel blog yang sudah mencapai ribuan? Eits, Tenang. Karena saat ini sudah ada situs yang membantu anda untuk mengecek apakah situs maupun blog memiliki broken link atau tidak, apabila ditemukan yang namanya broken link. Maka, situs tersebut akan memberitahukan sebuah tanda dengan bertuliskan 404.

Oh iya, link mati ataupun broken link ini biasanya terjadi ketika anda menanam sebuah link keluar namun situs tersebut sudah tidak aktif. Ataupun anda sudah menanam sebuah internal link namun artikel tersebut sudah anda hapus dengan tidak sengaja, serta anda merubah url artikel anda sebelumnya. Mungkin, itu penyebab yang seringkali dijumpai oleh banyak orang salah satunya seorang blogger.

2 Cara Cek Broken Link di Blog / Website

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial mengenai cara cek broken link maupun link mati pada sebuah blog ataupun website, ada 2 situs broken link checker yang bisa anda gunakan yakni brokenlinkcheck.com dan siteliner.com, dua situs tersebut tentu saja sangat memudahkan anda dalam mencari sebuah broken link. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Brokenlinkcheck.com

  • Kunjungi situs brokenlinkcheck.com
  • Nantinya anda akan dihadapkan pada halaman utama situs ini. Nah, pada bagian Free Check for broken links, anda masukan saja url blog atau website yang ingin anda cek apakah mempunyai broken link atau tidak. Apabila sudah dimasukan, anda pilih saja menu “Find broken links
  • Setelah itu, anda diharuskan untuk memasukan “Security Code” untuk melanjutkan. Masukan saja security code yang berada di sebelah menu tersebut. Jika dirasa sudah, maka anda pilih saja “Find broken links now!
  • Lalu tunggu saja hingga prosesnya selesai, apabila ditemukan link mati atau broken link. Maka, akan ada pemberitahuan 404 pada link tersebut. 
  • Selesai

2. Siteliner.com

  • Kunjungi situs siteliner.com
  • Setelah anda berada pada halaman utama situs ini, masukan saja url blog atau website anda pada menu “Explore your site.” Dan klik “Go”.
  • Lalu tunggu saja hingga prosesnya selesai, apabila sudah selesai. Maka, anda sudah bisa cek apakah blog atau website anda memiliki broken link atau tidak, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu klik menu “Broken Link”. Jika blog atau website anda tidak memiliki broken link, maka akan muncul seperti gambar seperti dibawah ini. Jika blog atau website anda memiliki broken link, maka akan ada pemberitahuan 404 pada link tersebut.
  • Selesai.

Cara Mengatasi Broken Link di Blog / Website

Sebenarnya, untuk mengatasinya sendiri cukup mudah. Anda hanya perlu klik URL yang didapati notifikasi 404 dan nantinya anda akan diarahkan ke halaman post yang memiliki broken link. Setelah itu, Anda hanya perlu membuka dashboard blogger kemudian edit post artikel yang memiliki broken link, entah itu linnya dihapus ataupun diperbaiki. Jika dirasa sudah, maka anda sudah berhasil mengatasi broken link di blog.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai cara cek broken link di blog dan cara mengatasinya , anda juga harus rutin dalam melakukan pengecekan broken link ini agar blog atau website yang anda kelola terlihat lebih aman di mata search engine seperti google, bing, hingga yahoo. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "2 Cara Cek Broken Link di Blog dan Cara Mengatasinya"

X