Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menjadi Reseller Shopee Tanpa Modal

Tahukah anda, bahwasannya Reseller Shopee bisa meraup penghasilan jutaan hingga puluhan juta rupiah meski tidak mengeluarkan modal sama sekali. Banyak dari mereka yang sudah menceritakan kesuksesannya di kanal youtube mereka ataupun blog pribadinya. Bisnis online memang sangat diminati oleh banyak kalangan anak muda di Indonesia, hal ini dikarenakan banyak yang sudah membuktikan kesuksesannya.

Salah satu hal yang sangat diminati yakni menjadi Reseller Shopee, siapa sih yang tidak tahu dengan shopee? Shopee merupakan salah satu marketplace terbaik dan cukup banyak digunakan oleh banyak orang untuk berbelanja tanpa harus keluar dari rumah. Tentu saja pengguna shopee saat ini sudah begitu banyak, sebab itulah banyak yang memanfaatkannya dengan membuka toko online atau reseller di shopee.

Apakah anda penasaran bagaimana cara menjadi reseller di shopee tanpa modal untuk pemula? Yuk simak panduan lengkap di artikel berikut ini!

Apa itu Reseller Shopee?

Apa itu Reseller Shopee?

Reseller adalah menjual ulang suatu barang dari supplier tanpa harus memiliki stok barang dengan komisi yang sudah ditentukan oleh supplier. Contohnya seperti ini, Anda membeli barang di supplier lalu menjualnya kembali kepada orang lain dengan harga yang tak jauh berbeda dari harga supplier. Pada biasanya, reseller shopee mengambil keuntungan dari 1 produk.

Sebagai contoh, harga asli dari 1 produk yang telah dibeli di supplier harganya Rp 30.000. Maka, reseller shopee akan menjual kembali dengan harga yang tak jauh berbeda yakni Rp 35.000,- (contoh), artinya setiap 1 produk. Reseller shopee akan mendapatkan keuntungan sebanyak Rp 5.000,-.

Keuntungan Menjadi Reseller Shopee

Keuntungan Menjadi Reseller Shopee

Ada banyak sekali keuntungan untuk menjadi reseller shopee. Berikut ini merupakan keuntungannya :

1. Modal yang Minim

Berbeda halnya dengan toko offline yang tentunya memerlukan biaya untuk sewa tempat, membeli peralatan lainnya untuk menunjang kebutuhan toko, biaya untuk stok barang, dan masih banyak lagi. Tentunya, hal tersebut pasti membutuhkan biaya yang cukup besar.

Nah, oleh karena itu, dengan menjadi seorang reseller shopee, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan karena anda tidak memerlukan stok barang terlebih dahulu. Selain itu, apabila anda ingin stok barang, Anda juga akan mudah untuk mendapatkan supplier yang memberikan harga yang murah.

Dengan membuka reseller di Shopee, Anda juga tidak membutuhkan biaya untuk tempat, stok barang, dan sebagainya. Anda hanya membutuhkan smartphone dan jaringan internet saja. 

2. Promosi yang Cukup Mudah

Ketika anda sudah menjadi seorang reseller shopee, maka untuk melakukan promosi produk yang akan anda jual juga tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan media sosial seperi Instagram, Facebook, WhatsApp, dan lain sebagainya untuk dijadikan media promosi.

Setelah semua hal itu disiapkan, maka anda bisa membuat postingan ataupun story mengenai detail dari produk yang anda jual. Apabila ada yang berminat, maka orang tersebut pasti akan langsung untuk menghubungi anda. Usahakan juga, Anda mempunyai followers dan teman WhatsApp yang cukup banyak, atau anda juga bisa untuk membantu teman anda melakukan promosi.

3. Keuntungan Cukup Besar

Keuntungan reseller shopee selanjutnya yakni mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwasannya setiap produk misalnya anda mendapatkan keuntungan sebanyak Rp 5.000,- maka setiap ada yang membeli 20 produk/hari dari toko anda, maka anda akan mendapatkan keuntungan sebanyak Rp 100.000,- perharinya. Apabila dikalkulasikan perbulannya maka anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 3.000.000,-/bulannya.

Nah, itu merupakan keuntungan yang cukup besar. Bahkan, jika anda menekuni dan konsisten, keuntungan tersebut akan menjadi berlipat ganda seperti reseller shopee lainnya yang sudah mendapatkan puluhan hingga ratusan juta perbulannya. 

4. Resiko Kecil

Inilah sebabnya mengapa banyak seller yang memilih menjadi Reseller di Shopee. Hal ini dikarenakan resikonya kecil. Jadi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan produk anda rusak, ataupun gagal terjual. Karena anda sendiri juga bisa mengantisipasinya dengan cara riset terhadap barang yang paling banyak dicari tersebut.

Tak hanya itu, Anda juga berhak untuk mengembalikan produk ke supplier anda apabila produk tersebut rusak ataupun tidak laku. Jadi, Anda tidak akan rugi banyak ketika menjadi reseller di shopee.

5. Membangun Branding Toko

Seperti yang sudah diketahui bahawasannya branding toko sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan pembeli. Nah, dengan menjadi Reseller di Shopee, Anda akan mudah untuk membangun branding toko. Hal ini dikarenakan, setiap kali anda memposting sebuah produk, maka anda akan mendapatkan pembli, hal tersebut tentunya pasti. Mengingat pengguna shopee di Indonesia cukup banyak.

Apabila anda sudah berhasil membangun Branding Toko, maka anda bisa menjual produk sendiri. Jadi, Anda tidak perlu lagi untuk menjual produk orang lain di Toko Anda, karena anda sudah mempunyai nama dan pelanggan yang cukup banyak.

Cara Menjadi Reseller Shopee Tanpa Modal

Cara Menjadi Reseller Shopee Tanpa Modal

Untuk menjadi reseller shopee tanpa modal yang sukses, Berikut ini akan saya berikan step by step cara menjadi reseller shopee yang wajib anda ikuti :

1. Menentukan Produk Yang Akan Anda Jual

Langkah yang wajib anda lakukan yang pertama yakni anda harus menentukan terlebih dahulu produk apa yang akan anda jual. Dengan menentukan produk ini, Anda diharuskan untuk mempertimbangkannya dengan matang, selain itu anda juga harus meriset kompetitor untuk mengetahui harga yang akan dijual.

Produk yang memiliki banyak peminat saat ini yakni sepatu, baju, celana, hijab, kosmetik, aksesosir. Nah, dari semua yang sudah saya sebutkan itu merupakan produk yang memang dicari oleh banyak orang hingga saat ini.

2. Mencari Supplier

Setelah anda menentukan produk yang akan anda jual, maka langkah selanjutnya yakni. Anda harus mencari supplier yang menawarkan produk dengan harga yang murah. Tak hanya murah, Anda juga harus memperhatikan apakah produk yang ditawarkan berkualitas atau tidak.

Usahakan toko supplier juga memiliki rating yang cukup baik di Shopee, dengan rating yang cukup baik. Tentunya, produk yang ditawarkan oleh supplier memiliki kualitas yang sangat baik. Anda juga harus mencari supplier yang banyak agar tidak bergantung pada satu supplier saja.

Hal yang sangat perlu diperhatikan dalam mencari supplier yakni lokasi, usahakan anda mencari lokasi supplier yang memang dekat dengan wilayah anda. Hal ini bertujuan untuk menghemat ongkos kirim, apabila anda mencari supplier diluar daerah. Mungkin akan cukup sulit, karena ongkos kirim keluar daerah memerlukan biaya yang cukup mahal.

3. Tentukan Harga Jual dan Harga Beli

Sebagai seorang reseller, tentunya anda menginginkan keuntungan dari bisnis menjadi reseller di Shopee ini bukan? Oleh karena itu, Anda harus mengatur harga yang telah anda beli di supplier dengan harga jual yang akan anda jual ke konsumen.

Agar bisnis reseller anda lancar, Anda ambil saja keuntungan sebanyak Rp 5.000-10.000,-/produk yang anda jual. Setelah anda sudah memiliki banyak pelanggan dan mempunyai branding yang kuat. Maka, Anda bisa menaikkan keuntungan anda menjadi Rp 20.000-25.000,-/produk yang anda jual.

Perlu diingatkan, apabila anda baru merintis di dunia reseller di Shopee. Maka, hindari untuk mengambil keuntungan atau margin yang cukup besar. Karena, pada awal merintis, lebih baik memperkuat branding toko terlebih dahulu.

4. Membuat Toko di Aplikasi Shopee

Setelah cara diatas sudah anda pahami, maka langkah selanjutnya anda membuat toko di aplikasi Shopee. Hal-hal yang perlu anda perhatikan saat membuat toko di Shopee yakni berikan Username yang sesuai dengan nama anda. Berikan nama toko yang menarik sebagai contoh “Unknown Store” dan sebagainya. 

Kemudian upload foto produk yang akan anda jual di akun Shopee anda, berikan deskripsi yang lengkap mengenai produk yang anda jual, dan yang paling penting yakni buatlah foto sampul atau thumbnail yang menarik. Agar anda mendapatkan banyak klik dari pengguna Shopee.

5. Melakukan Promosi

Cara yang terakhir setelah menyiapkan itu semua yakni melakukan promosi, sama halnya seperti reseller yang seringkali anda lihat di media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan sebagainya. Usahakan, dalam melakukan sebuah promosi gunakanlah foto yang menarik dengan harga yang murah.

Dengan foto yang menarik dengan harga yang murah, pasti teman ataupun orang lain akan berminat dengan produk yang anda tawarkan.

Akhir Kata

Dengan menjadi reseller di shopee memang sangat menguntungkan jika dilakukan secara konsisten, dan mau belajar. Jadi, jangan berpikiran bahwa dalam memulai sebuah bisnis itu anda akan langsung mendapatkan keuntungan yang sangat banyak. Butuh waktu untuk mendapatkan hal itu semua jika anda lakukan dengan cara yang konsisten, belajar, dan terus riset kompetitor.

Itulah artikel kali ini mengenai cara menjadi reseller shopee tanpa modal yang bisa anda ikuti. Untuk memperluas jangkauan toko anda, Anda bisa memasuki grup jual beli di daerah anda, entah itu grup media sosial seperti Facebook, forum seperti Kaskus, Quora, dan sebagainya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "5 Cara Menjadi Reseller Shopee Tanpa Modal"

X