Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Untuk Pemula

Seperti yang sudah diketahui bahwa Instagram merupakan salah satu media sosial yang cukup populer dan sangat banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pengguna aktif Instagram di Indonesia yakni sebanyak 87,8 juta pengguna menurut KataData.co.id. Dengan banyaknya pengguna aktif di Instagram, maka banyak juga pebisnis yang mempromosikan bahkan memulai bisnisnya melalui Instagram.

Saat ini mendapatkan uang dari Internet mungkin sudah biasa dan bukan hal yang asing lagi, mengingat saat ini teknologi sudah semakin maju. Untuk membuka bisnis atau mendapatkan uang dari instagram ini memang cukup banyak, entah itu menjual jasa, produk, dan lain sebagainya.

Apakah anda ingin mendapatkan uang dari Instagram? Berikut ini adalah cara mendapatkan uang dari Instagram untuk pemula :

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Untuk Pemula

1. Menawarkan Jasa di Instagram

Jika anda memang mempunyai keunggulan pada suatu bidang, maka anda bisa memanfaatkannya dengan menawarkan sebuah jasa yang tentunya dicari banyak orang seperti jasa pembuatan logo/banner/kartu nama, jasa pembuatan blog ataupun website, jasa pembuatan artikel, jasa SEO (biasanya diminati oleh pebisnis online dan seorang blogger), dan masih banyak jasa yang bisa anda tawarkan.

Apabila anda sudah menemukan jasa yang pas, langkah selanjutnya anda mempromosikannya di instagram dengan cara membuat postingan yang menarik, deskripsi yang tentunya membuat orang lain terpukau agar menggunakan jasa anda, dan jangan lupa untuk sertakan kontak anda yang bisa dihubungi.

2. Menjual Produk di Instagram

Menjual produk di Instagram juga merupakan salah satu cara yang sangat cocok untuk anda yang sedang mencari uang di Instagram. Bahkan, banyak dari mereka yang sudah menjadi jutawan hanya dengan menjual produk yang ia tawarkan di Instagram ini. Agar anda bisa seperti mereka, maka anda juga harus menjual produk di instagram yang tentunya dicari oleh kalangan anak muda hingga dewasa.

Produk-produk yang diminati saat ini yakni hijab, baju, sepatu, kosmetik, aksesoris, dan masih banyak lagi. Oh iya, apabila anda tidak mempunyai produk sendiri, maka anda bisa mengamnbil produk yang anda beli dari marketplace yang ada di Indonesia. 

Usahakan juga untuk memilih supplier yang bagus dan memiliki rating yang baik di toko supplier yang anda cari, jika anda mendapatkan produk yang baik, murah, serta berkualitas. Maka, pembeli anda juga pasti akan menjadi langgangan di toko yang telah anda buat.

3. Promosikan Link Afiliasi di Instagram

Affiliate Marketing mungkin sudah menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang yang sangat diikuti oleh banyak orang, bahkan artis ataupun youtuber pun menggunakan affiliate marketing sebagai penghasilan tambahan mereka. Apalagi, dengan mengikuti afiliasi, Anda tidak membutuhkan modal sama sekali.

Untuk mengikuti Affiliate Marketing juga cukup mudah, Anda hanya perlu cari perusahaan ataupun marketplace yang menyediakan program afiliasi. Pada biasanya, program afiliasi ini bisa anda temukan di Marketplace, Perusahaan, dan masih banyak lagi.

Jika anda sudah daftar, kemudian anda salin link afiliasi anda. Lalu, buatlah postingan di instagram yang sesuai dengan afiliasi anda. Kemudian tempelkan link afiliasi anda di deskripsi postingan anda, cara kerjanya mungkin hampir mirip seperti mencari Refferal. Ketika ada yang membeli produk dengan menggunakan link afiliasi anda, maka anda akan mendapatkan insentif sebesar 20-30% dari 1 produk.

4. Menjadi Buzzer di Instagram

Buzzer mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga anda, dengan menjadi seorang Buzzer di Instagram, maka anda bisa mendapatkan uang sebanyak Rp 300.000,- perharinya. Akan tetapi, untuk menjadi seorang buzzer agar dilirik oleh calon pengiklan cukup sulit, Anda diharuskan mempunyai 500.000 followers aktif.

Pada biasanya, orang yang menyewa atau menggunakan jasa buzzer ini adalah pebisnis online. Dengan menyewa jasa buzzer, pebisnis online ini berharap kepada buzzer agar produk mereka laris serta mendapatkan followers di akun pebisnis online ini. 

5. Menjadi Endorsement di Instagram

Kata Endors mungkin sudah tak asing lagi di telinga anda bukan? Nah, untuk menjadi seorang endors yakni anda harus memiliki banyak followers dan fans yang tentunya bisa berpengaruh. Mungkin di Instagram anda seringkali melihat seorang mempromosikan sebuah produk bukan? Itulah yang dinamakan Endorsement.

Pada biasanya, pengiklan akan membayar anda serta memberikan produk gratis untuk anda (endorsement). Langkah selanjutnya yakni anda diharuskan untuk membuat video mengenai review dari produk tersebut, usahakan juga untuk membuat fans ataupun followers anda percaya dengan produk yang anda promosikan.

Setelah semuanya selesai, maka pihak pengiklan akan membayar anda sesuai dengan apa yang sudah disepakati anda dan pengiklan sebelumnya. Jadi, Anda bebas untuk meminta honorer berapapun kepada pengiklan.

6. Mengikuti Kuis di Instagram

Seperti yang sudah diketahui oleh kebanyakan orang bahwasannya di Instagram ada banyak sekali kuis yang diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan tertentu. Meski ini tidak bisa menjadi penghasilan tetap anda, mungkin dengan mengikuti kuis di Instagram anda akan bisa mendapatkan uang meski memiliki followers yang cukup kecil.

Untuk mencari kuis yang diselenggarakan juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengetikan keyword atau kata kunci “Kuis” di kolom pencarian Instagram. Setelah itu, akan muncul beberapa daftar kuis yang bisa anda ikuti. Lalu, pilihlah kuis yang anda ingin ikuti.

Cara mengiktui kuisnya juga tergolong mudah, pada biasanya penyelenggara mengharuskan untuk menjawab pertanyaan singkat, lalu tag instagram teman anda minimal 3, repost postingan kuis di akun instagram anda, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, biasanya penyelenggara juga mengharuskan untuk membuat sebuah video unik ataupun tantangan di postingan instagram anda dengan tag akun penyelenggara.

7. Mengiktui Giveaway di Instagram

Selain mengikuti Kuis, Anda juga bisa kok mengikuti event-event lainnya seperti Giveaway yang diadakan di Instagram. Hadiah yang bisa anda dapatkan di Giveaway ini juga beragam, ada yang memberikan smartphone, gadget elektronik lainnya, uang, motor, hingga hadiah-hadiah menarik lainnya.

Nah, Anda juga bisa memanfaatkan giveaway ini dengan cara ketikan keyword “Giveaway” di kolom pencarian Instagram. Kemudian, akan muncul beberapa akun yang menyelanggarakan Giveaway, cara mengikuti juga cukup mudah. Anda hanya perlu komen, tag 3 hingga 5 teman anda, setelah itu tunggu hingga pengumunan giveaway berlangsung.

8. Menjual Foto di Instagram

Nah, cara ini sangat cocok dilakukan untuk anda seorang fotografi dan menghasilkan jepretan yang sangat bagus. Pada biasanya, seorang fotografi akan memposting karya-karya mereka di akun Instagram mereka dengan memberikan watermark terlebih dahulu di hasil foto tersebut.

Anda juga bisa menawarkan hasil jepretan anda ke orang lain untuk membeli hasil jepretan anda, mungkin ada beberapa orang yang langsung menghubungi anda melalui DM untuk membeli hasil jepretan anda yang tentunya tanpa watermark. Untuk harga, Anda bisa sesuaikan dengan diri anda sendiri.

9. Jasa Titip Beli Barang di Instagram

Jasa ini sangat cocok untuk anda yang sangat hobi berbelanja, dengan membuka jasa ini mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan di Instagram. Pada biasanya, orang yang membuka jasa titip beli barang ini disebut dengan Personal Shooper yang menjual barang belanjaan di Instagram. Seorang yang sering melakukan jasa ini kebanyakan perempuan.

Tempat berbelanja yang seringkali dikunjungi oleh personal shooper yakni distro, mall. Butik, hingga pusat perbelanjaan. Setelah anda mendapatkan barang dari toko-toko tersebut, langkah selanjutnya anda hanya perlu foto barang yang sudah anda beli, lalu posting di akun Instagram anda. Apabila ada yang tertarik, mereka pasti akan mengubungi anda.

10. Menjual Akun Instagram

Apabila anda mempunyai banyak akun instagram yang memiliki banyak followers aktif, maka anda bisa menjual akun tersebut di Instagram anda. Pada biasanya, orang yang membeli akun Instagram seperti ini ialah seorang pebisnis online yang membutuhkan akun Instagram yang memiliki banyak followers.

Penjual Akun Instagram ini biasanya disebut dengan Peternak Akun Instagram, tugas anda hanyalah membuat akun instagram, lalu mencari followers. Apabila umur akun Instagram dan Follower anda sudah banyak, barulah anda bisa menjualnya. Keuntungan yang akan anda dapatkan juga setimpal dengan pekerjaan yang anda lakukan.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari instagram untuk pemula yang bisa anda ikuti. Sebenarnya, mendapatkan uang dari instagram merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan jika dijalani dengan konsistensi dan tekun. Dari beberapa daftar diatas, usahakan untuk memilih apa yang memang benar-benar anda pahami.

Apabila anda memilih daftar diatas yang memang belum anda pahami, maka anda akan kesulitan pada saat menerima orderannya, karena banyak dari mereka yang pasti akan menanyakan hal-hal yang memang anda belum pahami.

Mudah-mudahan dengan adanya artikel diatas dapat membantu anda dalam mendapatkan uang dari instagram, Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "10 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Untuk Pemula"

X