Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Bisnis Buah-Buahan Agar Laris Manis dan Menguntungkan

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwasannya Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Salah satunya yakni buah-buahan, oleh karena itu. Potensi bisnis buah-buahan di Indonesia cukup besar, sehingga membuat banyak orang lebih mudah untuk mendapatkan pasokan buah-buahan. Bahkan, bisa dibilang bisnis buah-buahan sangat menguntungkan dan menjanjikan saat ini.

Tak hanya itu, untuk menjalankan bisnis buah-buahan tidak membutuhkan modal yang sangat besar dan bahkan penghasilan yang akan anda dapatkan ketika menjalankan bisnis ini sangat menguntungkan. Mungkin, Anda sering kali berjumpa dengan warung atau kios buah-buahan di pinggir jalan ataupun pasar, ada juga beberapa orang yang menggunakan mobil pick-up sebagai wadah untuk bisnis buah-buahan yang telah dijalankan.

Tips Menjalankan Bisnis Buah-Buahan Agar Laris Manis

Dikarenakan banyaknya peminat buah-buahan di Indonesia yang biasanya dikonsumsi secara probadi ataupun digunakan untuk acara tertentu. Maka, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan ulasan mengenai cara bisnis buah-buahan agar laris manis.

1. Mencari Lokasi yang Strategis

Setiap menjalankan sebuah usaha ataupun bisnis, tentunya harus mencari lokasi yang strategis. Begitu juga dengan bisnis buah-buahan, apabila anda ingin mendapatkan banyak pembeli ataupun pelanggan. Maka, diwajibkan untuk mencari lokasi yang strategis, ada banyak sekali lokasi yang bisa anda gunakan seperti pasar, lokasi yang dekat dengan terminal, padat penduduk, dan lain sebagainya.

Apabila anda memiliki kendala pada modal, maka anda bisa menggunakan mobil pick-up untuk menjalankannya. Usahakan, jangan pernah berpindah-pindah lokasi, jika anda berpindah-pindah lokasi. Maka, banyak orang yang kebingungan mengenai tempat anda berjualan, sehingga bisnis anda akan minim pembeli.

2. Paham Mengenai Buah-Buahan

Selanjutnya yaitu paham mengenai buah-buahan, hal ini tentunya sangat wajib ketika anda menjalankan bisnis buah-buahan. Anda sangat diharuskan untuk mengetahui seluk beluk buah-buahan, tujuannya adalah agar anda bisa membedakan buah yang segar dan kurang segar. Tak hanya itu saja, Anda juga harus bisa membedakan mana buah yang manis atau tidak.

Oleh karena itu, Anda harus belajar terlebih dahulu mengenai buah-buahan yang akan anda jual kepada pembeli. Apabila anda paham betul mengenai buah-buahan, maka pembeli akan lebih percaya dengan anda, bahkan mereka bisa berlangganan di tempat anda berjualan.

3. Mengetahui Harga Pasar

Hal ini tentunya tidak boleh dilupakan, ketika anda mengetahui harga pasar buah-buahan. Maka, Anda akan lebih mudah dalam persaingan harga dan menentukan harga setiap jenis buah yang anda jual. Apabila anda baru saja memulai bisnis buah-buahan, sangat disarankan untuk menentukan harga yang lebih murah daripada kompetitor anda.

Meski keuntungan yang anda dapatkan kecil, namun anda sudah berhasil menarik banyak orang untuk membeli buah anda dan bahkan anda bisa mempunyai banyak pelanggan. Apabila, bisnis anda sudah semakin ramai pembeli. Maka, Anda bisa menaikan harga buah-buahan anda secara perlahan.

4. Berikan Pelayanan Terbaik

Dalam melakukan usaha apapun tentunya anda harus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, anda juga harus pintar dalam menjalin hubungan dengan pelanggan, bersikap ramah kepada pengunjung ataupun pelanggan, jujur, dan senyum. Apabila, anda sudah melakukan hal tersebut, maka pembeli atau pelanggana anda akan lebih suka berbelanja ditempat anda.

5. Tata Buah-Buahan Agar Menarik

Hal yang harus anda lakukan selanjutnya yakni menata buah-buahan agar terlihat menarik dan mudah dicari oleh banyak orang. Ketika anda menata buah-buahan secara tidak rapi, maka pengunjung atau pembeli akan merasa sulit ketika mencari buah yang ia inginkan. Oleh sebab itu, tatalah buah-buahan anda agar terlihat menarik dan mudah dicari oleh banyak orang.

6. Melakukan Promosi

Agar anda mendapatkan banyak pembeli, Anda bisa melakukan sebuah promosi melalui media sosial ataupun secara mulut ke mulut. Dalam melakukan promosi melalui media sosial, Anda bisa masuk kedalam grup-grup buah-buahan ataupun jual beli di kota anda, kemudian buatlah postingan mengenai toko buah-buahan, dan jangan lupa untuk menyertakan alamat, foto toko, foto buah-buahan yang segar, dan kebersihan toko anda.

Atau anda juga bisa membuat sebuah promo jika baru buka, dengan begitu. Anda akan dibanjiri oleh banyak pembeli. Jika anda melakukan promosi dari mulut ke mulut, maka anda bisa mempromosikannya ke kerabat, teman, dan sahabat anda.

Jenis Buah yang Paling Laku di Pasaran

Selain ulasan diatas, saya juga akan membahas beberapa jenis buah yang paling laku di pasaran. Semua buah-buahan yang akan saya bagikan berikut ini sudah saya ambil dari beberapa sumber terpercaya. Jenis buah yang paling laku di pasaran berikut ini hanya saya ambil beberapa saja, apabila anda ingin menambahkan bauh lainnya, sangat disarankan agar toko anda terlihat ramai dan tersedia beraneka ragam buah.

  • Duku
  • Jeruk
  • Durian
  • Salak
  • Pisang
  • Melon
  • Pepaya
  • Rambutan
  • Semangka
  • Mangga 
  • Apel
  • Anggur
  • Cherry
  • Nanas Madu
  • Manggis
  • Jambu

Diatas merupakan beberapa jenis buah yang paling laku di pasaran yang bisa anda jadikan referensi.

Akhir Kata

Itulah ulasan saya kali ini mengenai 6 Cara Bisnis Buah-Buahan Agar Laris Manis yang bisa anda pertimbangkan, selain mengikuti cara diatas. Anda juga harus tetap berdoa dan konsisten agar usaha anda menjadi sukses, mudah-mudahan dengan adanya artikel kali ini bisa bermanfaat untuk anda serta bisa menambah wawasan anda jika ingin membuka bisnis buah-buahan. 

Posting Komentar untuk "6 Cara Bisnis Buah-Buahan Agar Laris Manis dan Menguntungkan"

X