Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Affiliate Marketing: Pengertian, Cara Kerja, Contoh, dan Tips Suksesnya

Saat ini ada banyak sekali cara menghasilkan uang dari Internet, baik itu bisnis online ataupun mengikuti program Affiliate Marketing, program affiliate marketing memang sangat banyak diikuti oleh seorang content creator hingga yang lainnya. Program affilaite marketing sendiri merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet.

Namun, untuk menjadi seorang affiliate marketer anda harus konsisten, bekerja keras, serta memiliki ide-ide kreatif untuk mempromosikan suatu produk agar anda juga mendapatkan keuntungan. Bahkan, banyak freelancer, blogger, dan youtuber telah mendapatkan jutaan hingga puluhan juta perbulannya hanya dengan bermain program afiliasi saja.

Apa itu Affiliate Marketing?

Affiliate Marketing adalah sebuah metode pemasaran bisnis yang dimana seseorang akan mendapatkan konervsi atau komisi dari hasil suatu produk yang telah dipromosikan. Nah, pada umumnya, ada tiga pihak yang terlibat di dalam program Affiliate Marketing itu yakni:

  • Merchant: Merchant sendiri merupakan perusahaan, pengusaha, ataupun organisasi yang mempunyai produk untuk dijual. Produk-produk tersebut yang dapat dijual beruapa barang, jasa, software, dan lain sebagainya. Merchant sendiri memang tidak terlibat secara langsung untuk melakukan suatu pemasaran atau promosi, mereka hanya menerima orderan yang telah dipromosikan oleh Affiliate.
  • Affiliate: Untuk Affiliate ini biasanya bisa disebut dengan penerbit atau Publisher, tugas dari affiliate ini hanya mempromosikan produk yang ditawarkan oleh merchant yang diteruskan kepada pelanggan. Affiliate sendiri mempunyai peran yang sangat penting di dalam sistem Affiliate Marketing ini, karena affiliate dapat mempengaruhi orang-orang agar membeli suatu produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, banyak sekali seorang blogger, youtuber, dan freelancer yang mengikuti program ini.
  • Pelanggan: Mungkin ini tidak perlu saya jelaskan panjang lebar, karena anda sendiri pasti sudah mengetahui pelanggan ini sebagai seseorang yang ingin membeli atau membeli suatu produk yang telah dipromosikan.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Apabila anda ingin mengikuti suatu program affiliate marketing, maka anda diharuskan untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu situs website yang menyediakan program affiliate marketing, usahakan anda sudah mempunyai rekening (untuk menerima pembayaran), email aktif, KTP (tidak semua program affiliate membutuhkannya. Namun, ada beberapa yang memerlukannya).

Setelah anda melakukan pendaftaran, maka anda akan mendapatkan link affiliate, banner ataupun kode kupon anda. Jika sudah, salin link affliate yang diberikan oleh merchant tersebut. Lalu, bagikan di media sosial, forum-forum online, dan blog pribadi anda. Apabila anda mendapatkan sebuah banner, maka sangat direkomendasikan untuk memasangnya di dalam blog pribadi anda.

Jika anda berhasil mendapatkan pelanggan, maka anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan merchant anda. Pada biasanya, Anda akan mendapatkan insentif yang lumayan banyak. Oleh karena itulah, banyak yang sudah sukses dalam menjalankan program affiliate ini.

Contoh Affiliate Marketing

Saat ini ada banyak sekali contoh affiliate marketing yang bisa anda ikuti. Oleh karena itu, saya akan membagikan beberapa daftar program affiliate marketing terbaik yang wajib anda ikuti:

1. Amazon Associates

Saat ini Amazon menghadirkan program affiliate marketing yang meminta para afiliasinya untuk memasang iklan di dalam situs atau blog pribadi mereka. Untuk komisi atau konversi yang akan anda dapatkan yakni mulai dari 1,00% hingga 10.00% dari satu produk saja. Apabila anda ingin mendapatkan komisi yang cukup banyak, Anda bisa mempromosikan produk Kecantikan karena komisinya sebesar 10.00%.

Apabila anda berminat untuk bergabung, maka anda bisa langsung saja kunjungi url berikut ini : https://affiliate-program.amazon.com/ untuk melakukan pendaftaran, jika anda sudah mendaftar. Selanjutnya tunggu saja hingga akun anda disetujui, apabila akun anda sudah disetujui. Maka, Anda sudah bisa langsung menempatkan link afiliasinya di dalam situs atau blog pribadi anda.

Situs Amazon Associates ini sangat saya rekomendasikan untuk anda. Selain reputasinya yang sangat bagus, komisi yang anda dapatkan juga lumayan banyak. Bahkan, anda bisa mendapatkan jutaan rupiah jika anda melakukan promosi secara menarik.

2. Lazada

Siapa sih yang tidak mengenal marketplace terbesar se-Asia Tenggara ini? Tentu saja, Anda semuanya sudah mengetahuinya. Saat ini lazada sudah membuka Affiliate Marketing untuk banyak orang agar bisa menghasilkan uang dari Internet, tak tanggung-tanggung. Komisi yang akan anda dapatkan jika berhasil menjual produk melalui link afiliasi yang telah anda bagikan, maka anda berhak mendapatkan komisi hingga 15%.

Tentu saja program affiliate dari Lazada sangat cocok untuk anda bagi yang ingin mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Tak hanya itu, pilihan produk dari lazada juga cukup beragam, sehingga besar kemungkinan banyak yang akan membeli produk melalui link affiliate yang anda promosikan.

Untuk melakukan pendaftarannya, Anda hanya perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui link berikut ini : https://adsense.lazada.co.id/ setelah itu siapkan email, momor handphone, dan juga password.

3. Zalora

Zalora merupakan Pusat Fashion Online di Asia, hal ini dikarenakan ada banyak sekali brand lokal dan internasional mempromosikan produknya melalui website Zalora ini. Zalora hadir pada tahun 2012 yang fokus untuk menjadi salah satu situs website pusat fashion terbaik di Asia.

Menariknya lagi, Zalora memberikan program affiliate yang memberikan komisi yang tergolong lumayan banyak yakni 6% untuk pengguna baru, dan 4% untuk pengguna lama untuk 1 produk. Setelah melakukan pendaftaran di : https://www.zalora.co.id/partner/ anda akan mendapatkan banner, voucher affiliate, link affiliate, dan sebagainya untuk anda promosikan di forum, blog pribadi, youtube, media sosial, dan sebagainya.

4. Agoda

Dengan mengikuti program affiliate marketing di Agoda, maka sangat cocok apabila youtube ataupun blog anda mengulas informasi mengenai hotel ataupun penginapan lainnya. Apabila anda tidak seorang content creator ataupun blogger, maka anda bisa mempromosikannya di forum ataupun grup yang membahas mengenai hotel ataupun travel.

Setiap kali ada yang memesan dengan menggunakan link ataupun kode voucher anda, maka anda akan diberikan komisi hingga 4% hingga 7%. Jika anda berminat, Anda bisa mendaftarkan terlebih dahulu melalui link berikut : https://partners.agoda.com/id-id/index.html

5. Shopee

Shopee merupakan salah satu marketplace terbaik dan populer di Indonesia, saat ini Shopee menyediakan program affiliate marketing untuk anda yang ingin mendapatkan uang dari Internet dengan mudah. Apalagi Shopee menyediakan banyak sekali produk-produk yang dicari oleh banyak orang seperti barang elektronik, fashion, peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, dengan mendaftarkan diri menjadi affiliate marketing di Shopee, Anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup banyak. Bahkan, komisi yang anda dapatkan yakni sebesar 2% hingga 10% untuk 1 produk saja. Untuk mendaftarnya, kunjungi link berikut ini : https://shopee.co.id/m/gabungkol-affiliate-185

Setelah berhasil mendaftar, Anda akan diberikan media promosi berupa banner dan voucher. Kemudian anda promosikan saja di forum, media sosial, dan grup-grup jual beli lainnya, dengan begitu anda akan mendapatkan komisi yang cukup banyak.

6. Niagahoster

Apabila anda seorang blogger ataupun youtuber yang mengulas informasi seputar website. Maka, Niagahoster meruapakan salah satu affiliate marketing yang sangat direkomendasikan, karena anda akan mendapatkan komisi sebesar 70% per penjualan. Bagaiman, menarik bukan?

Niagahoster sendiri menyediakan layanan seperti Cloud Hosting, Unlimited Hosting, Domain, dan lain sebagainya. Bahkan, Deddy Corbuzier pun mampu meraup keuntungan sebesar Rp. 68.1 juta dari channel YouTubenya, tak hanya deddy corbuzier. Ada banyak sekali blogger, dan youtuber lainnya yang telah mendapatkan ratusan juta rupiah.

Jika anda tertarik dengan Affiliate Niagahoster, maka anda bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui link berikut : https://www.niagahoster.co.id/afiliasi

Tips Sukses Menjadi Affiliate Marketing

Untuk memulai menjalankan Affiliate Marketing memang bukan hal yang sulit. Hal yang anda siapkan yakni media promosi saja untuk mendapatkan penghasilan penjualan yang cukup banyak. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tips cara sukses menjadi affiliate marketing yang wajib anda ikuti:

1. Buatlah Review Personal

Setiap kali mempromosikan suatu produk, Anda sangat disarankan untuk membuat review personal melalui channel youtube ataupun blog anda. Mengapa demikian? Agar pelanggan yang ingin membeli produk anda menjadi lebih percaya, usahakan juga untuk mereview secara jujur agar pelanggan anda tidak meyesal. Apabila anda sudah melakukan review secara jujur dan membuat pembeli tertarik, maka pembeli tersebut akan menjadi pelanggan melalui link affiliasi yang anda bagikan.

2. Terapkan Teknik SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang berperan penting agar review yang anda buat direkomendasikan oleh mesin pencari, apabila situs anda berada di halaman terbaik Google. Maka, dapat dipastikan anda akan mendapatkan banyak kunjungan dari artikel review tersebut, sehingga banyak juga yang membeli produk menggunakan Link yang telah anda berikan di artikel itu.

Oleh karena itu, Anda harus membuat artikel SEO friendly berkualitas agar artikel yang anda publish mampu bersaing di mesin pencari. Serta, terapkan juga teknik SEO On Page agar artikel anda memiliki power di SERP.

3. Sesuaikan Produk dengan Niche Blog 

Agar anda menjadi seorang Affiliate Marketing yang sukses, maka anda harus menyesuaikan niche blog dengan affiliasi anda. Sebagai contoh, apabila niche blog yang anda kelola membahas seputar teknologi, maka anda bisa mengikuti affiliate yang berkaitan dengan teknologi seperti Smartphone, Laptop, Komputer, dan sebagainya.

Apabila anda mencampur program affiliasi di blog anda, itu akan membuat pelanggan menjadi ragu. Mengapa demikian? Karena pelanggan beranggapan bahwasannya anda kurang ahli dalam mereview sebuah produk karena kurang konsisten pada suatu niche yang dibahas.

4. Jangan Terlalu Fokus Mendapatkan Komisi

Ketika anda menjadi seorang Affiliate Marketing, jangan terlalu terfokuskan kepada komisi. Apabila anda terlalu fokus untuk mendapatkan komisi, mungkin anda akan berhenti ditengah jalan karena apa yang sudah anda kerjakan selama ini belum membuahkan hasil. 

Oleh karena itulah jangan terlalu fokus terhadap komisi yang anda dapatkan, fokuslah untuk membuat artikel review produk yang berkualitas sehingga meyakinkan pelanggan untuk membeli produk tersebut. Anda hanya perlu belajar, sabar, dan konsisten jika menjalankan affiliate marketing ini.

5. Manfaatkan Media Sosial

Untuk memperluas jangkauan anda untuk mempromosikan produk affiliate tersebut, Anda harus memanfaatkan semua media sosial anda untuk melakukan sebuah promosi, Anda bisa bergabung di Forum-forum online, grup jual beli di Facebook, Instagram, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan jangkauan yang luas.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwasannya saat ini media sosial merupakan sebuah aplikasi yang cukup banyak memiliki pengguna aktif. Nah, dari banyaknya pengguna aktif, maka besar kemungkinan juga anda akan mendapatkan komisi dari produk yang anda promosikan bukan?

Kelebihan dan Kekurangan Affiliate Marketing

Selain informasi diatas, saya juga akan mengulas lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan affiliate marketing yang wajib anda ketahui!

Kelebihan Affiliate Marketing

1. Tidak Memerlukan Stok Barang

Apabila anda menjalankan sebuah bisnis, tentunya anda diharuskan untuk stok barang terlebih dahulu. Baik itu 1 stok ataupun langsung mencari stok yang cukup banyak, berbeda halnya seperti menjadi seorang Affiliate Marketing yang tidak memerlukan stok sama sekali, karena anda hanya melakukan sebuah promosi saja. Untuk masalah stok sudah ditanggung oleh merchant yang menyediakan program affiliasi.

2. Dapat Dilakukan Dimana Saja

Menjadi seorang affiliate marketing memang sangat menyenangkan dibandingkan menjadi seorang karyawan yang mengharuskan bekerja dikantor. Hal ini tentunya tidak berlaku bagi seorang Affiliate Marketing yang bisa menjalankan bisnis nya dimanapun dan kapanpun yang ia suka.

3. Tidak Memerlukan Modal

Kelebihan affliate marketing selanjutnya yakni anda tidak memerlukan modal sama sekali, karena dengan menjalankan bisnis affiliate marketing. Anda hanya perlu mendaftarkan diri ke situs yang sudah saya berikan diatas, setelah itu anda hanya perlu mempromosikan link affiliate ataupun kode voucher yang telah anda dapatkan dari merchant tersebut.

4. Resiko yang Minim

Anda juga tidak perlu takut ketika menjadi seorang affilaite marketing karena anda tidak akan mendapatkan resiko yang cukup besar, karena resiko seorang affiliasi cukup minim yakni produk tidak laku ataupun hal-hal kecil lainnya.

5. Penghasilan yang Tinggi

Apabila anda konsisten menjalankan bisnis affiliate marketing ini, maka anda akan mendapatkan penghasilan yang cukup tinggi. Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwasannya ada banyak sekali affiliate marketer yang sudah berhasil meraup keuntungan mulai dari jutaan hingga ratusan juta perbulannya.

Kekurangan Affiliate Marketing

1. Penghasilan Tidak Menentu

Seperti yang anda ketahui bahwasannya penghasilan yang anda dapatkan dalam menjalankan affiliate marketing ini hanya ketergantungan dari pelanggan saja. Apabila anda memiliki sedikit jangkauan untuk melakukan sebuah promosi, maka akan sedikit pula pelanggan yang akan menggunakan link affiliate atau voucher affiliate anda.

2. Penghasilan Lebih Rendah dari Merchant

Kekurangan Affiliate Marketing selanjutnya yakni penghasilan yang anda dapatkan lebih rendah dari merchant yang menyediakan program affiliate. Sebagai contoh, merchant menjual produk dengan harga Rp. 217.000,kemudian anda akan dibayar dengan komisi sebesar 10%. Artinya, Anda akan mendapatkan komisi sebesar Rp. 21.700,dari satu produk.

3. Komisi Tidak Renewal

Ini mungkin kerugian yang harus anda pertimbangkan juga. Komisi tidak renewal yang saya maksud yakni ketika anda sudah mempromosikan link affiliasi anda di media sosial, kemudian ada yang berminat dengan produk tersebut. Lalu, orang tersebut membeli produk yang anda promosikan melalui link affiliasi anda.

Nah, ketika orang tersebut membeli produk kembali dengan menggunakan link affiliate anda, maka anda tidak akan mendapatkan komisi lagi. Mungkin ada beberapa merchant yang memperbolehkan link affiliate digunakan secara unlimited dan ada juga yang hanya sekali per satu orang.

Akhir Kata

Itulah ulasan lengkap mengenai artikel Affiliate Marketing, agar bisnis ini berjalan lancar. Maka, Anda juga wajib untuk membuat pencatatan transaksi untuk membantu perencanaan bisnis ini secara matang berdasarkan laporan yang sudah anda buat. Anda bisa membuat laporannya menggunakan Microsoft Word ataupun aplikasi akuntansi lainnya.

Mudah-mudahan dengan adanya artikel diatas bisa membantu anda untuh memahami cara kerja affiliate marketing, kelebihan dan kekurangan affiliate marketing, pengertian affiliate marketing, dan tips sukses menjadi affiliate marketing. 

Posting Komentar untuk "Affiliate Marketing: Pengertian, Cara Kerja, Contoh, dan Tips Suksesnya"

X