Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Template Blog Gratisan dan Premium

Template blog merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk membuat pengunjung merasa nyaman ketika sedang membaca di blog yang sedang anda kelola, sebenarnya template blog sendiri sudah disediakan oleh platform nya sendiri seperti blogger.com yang sudah menyediakan beberapa template yang bisa anda gunakan secara gratis dan tentunya tampilannya cukup sederhana.

Tak hanya itu, saat ini juga ada banyak sekali template gratisan yang bisa anda unduh di internet. Karena ada banyak sekali situs-situs yang membagikan template blog gratis yang sudah siap dipakai namun di dalam template tersebut tentunya tidak bisa menghilangkan footer credit dan anda juga tidak akan mendapatkan fitur-fitur yang ada di template premium.

Jika anda baru saja terjun di dunia blogger, alangkah baiknya anda membeli sebuah template blog premium. Apalagi harga dari template blog premium juga tidak terlalu mahal yakni mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 690.000 paling mahal (mungkin ada yang lebih mahal dari harga ini). Diantara kedua template blog gratisan dan premium tentunya memiliki perbedaan yang bisa anda simak ulasannya berikut ini!

Perbedaan Template Blog Gratisan dan Premium

Perbedaan template blog gratisan yaitu anda bisa mengunduhnya secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun. Tentunya anda juga tidak mendapatkan fitur-fitur seperti template blog premium seperti adanya credit footer, tidak ada support dari pembuat template, dan kurang SEO friendly.

Berbeda halnya dengan template premium yang bisa mendapatkan fitur melimpah, SEO friendly, mendapatkan support, tampilan elegan dan simple, fast loading dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, Anda bisa simak ulasan berikut ini :

Template Blog Gratisan

1. Tidak Bisa Menghapus Credit Footer

Apabila anda menggunakan template gratisan, maka besar kemungkinan anda tidak akan bisa menghapus credit footer yang berada di bagian bawah. Apabila anda tetap memaksa untuk menghapus credit footer tersebut maka blog anda akan mengalami error bahkan tidak bisa diakses karena biasanya langsung redirect ke pembuat template.

Mungkin ada beberapa cara untuk menghapus credit footernya dengan cara inject. Namun, cara tersebut tentunya cukup sulit jika dilakukan oleh seorang blogger pemula.

2. Tidak Mendapatkan Support

Support dari pembuat template tentunya sangat penting ketika anda sedang mengalami kesusahan saat mengedit template atau template anda error. Ketika anda menggunakan template gratisan, maka anda tidak akan mendapatkan support dari pembuat template. Jika anda ahli di bidang HTML, CSS, dan Javascript mungkin hal ini bisa diatasi dengan mudah, dan berbeda dengan seorang blogger pemula yang tak paham betul mengenai coding.

3. Terlihat Pasaran

Banyak dari mereka yang tentunya sangat suka dengan template blog gratisan sehingga banyak juga yang bisa mengunduhnya secara cuma-cuma, dengan begitu banyak sekali blog yang mengalami persamaan pada template nya sehingga banyak orang yang menilai template tersebut sudah pasaran. 

4. Jarang Mendapatkan Update

Pembuat template blog gratisan biasanya sangat malas untuk update versi gratisannya, hal ini mungkin dimanfaatkan untuk menarik banyak orang untuk membeli template yang versi premium karena akan mendapatkan free update. Apabila template tersebut sudah sangat jarang di update, maka tampilan template tersebut sudah bisa dibilang ketinggalan jaman dan masih terlihat kuno.

5. Memiliki Fitur Yang Sedikit

Apabila anda mengunduh sebuah template blog gratisan tentunya anda akan mendapatkan sebagian fiturnya saja, sehingga versi demo dan template yang sedang anda gunakan tentunya cukup berbeda. Entah itu dari bagian tampilan ataupun sidebarnya, tentu saja hal ini membuat banyak orang yang kecewa sehingga terus menggonta ganti template tanpa tahu penyebab yang akan ditanggung. 

Template Blog Premium

1. Tidak Ada Credit Footer

Template blog premium memang dikhususkan untuk penggunaan pribadi, sehingga pembuat template premium tidak menyisipkan credit footer yang tersembunyi di bagian XML template yang diberikan. Apabila tidak ada credit footer tentunya blog akan terlihat lebih professional ketika digunakan.

2. Mendapatkan Full Support

Ketika anda kesulitan dalam menggunakan template yang sudah anda beli, maka anda bisa langsung untuk menanyakannya ke si pembuat template. Sebagian besar penyedia template blog premium akan memberikan full support kepada penggunanya yang sudah membeli template yang sudah disediakan, mungkin ada beberapa penyedia template yang membataskan supportnya seperti Mas Sugeng yang hanya menyediakan support selama 6 bulan, dan ada juga yang hanya 3 bulan.

3. Bisa Digunakan Banyak Blog

Membeli sebuah template blog premium tentunya sangat menguntungkan, salah satu keuntungan membeli template blog premium yaitu anda bisa menggunakan di banyak blog asalkan blog tersebut milik anda dan bukan orang lain. Mungkin ada juga yang menyediakan template blog premium yang menggunakan Licensi yang dibatasi hingga unlimited.

4. Lifetime Update

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang bahwasannya template blog premium pasti akan mendapatkan free update selamanya, tentu saja ini merupakan salah satu hal yang harus dipertimbangkan untuk tampilan blog anda kedepannya. Mungkin ada juga yang mengharuskan penggunanya untuk membayar setengah harga untuk mendapatkan update selanjutnya.

5. SEO Friendly

Pembuat template blog premium tentunya memaksimalkan template nya agar lebih SEO Friendly jika ditampilkan di perangkat manapun seperti mobile, desktop, tablet, ipad, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, template blog premium tentunya sangat fast loading, mudah dicustom, dan masih banyak lagi.

Akhir Kata

Apabila anda berminat dengan template blogger premium terbaik, maka anda bisa untuk membeli template EvoMagz seperti yang saya gunakan pada blog ini. Sebenarnya template blog gratisan sah-sah saja jika digunakan, akan tetapi anda tidak leluasa untuk menggunakannya karna fitur yang anda dapatkan cukup terbatas, berbeda halnya dengan template blog premium.

Jika anda memang tidak mempunyai budget untuk membeli template blog premium, maka anda bisa menggunakan template gratisan sampai anda gajihan untuk membeli template blog premium. Lagi pula untuk membeli sebuah template juga tidak membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Mudah-mudahan dengan adanya ulasan diatas bisa membantu anda untuk mengetahui perbedaan template blog gratisan dan premium, Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Perbedaan Template Blog Gratisan dan Premium"

X