Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Optimasi SEO On Page untuk Blog [ Lengkap ]

Optimasi SEO On Page - Seperti yang sudah diketahui bersama bahwasannya optimasi SEO sangat banyak sekali memberikan keuntungan bagi seorang blogger. Salah satu keuntungan yang sangat dicari-cari oleh seorang Blogger yakni mendapatkan traffic ribuan dari kunjungan organik Google, tentunya itu meruapakan salah satu mimpi yang sangat besar oleh seorang Blogger. Apabila SEO yang kita terapkan benar, maka Google akan memberikan tempat yang sangat baik kepada Blog yang telah kita kelola, oleh karena itu banyak yang berlomba-lomba untuk Optimasi SEO Onpage.

Mungkin bagi anda yang baru saja bekecimpung di dunia blogger yang membuat blog hanya untuk menulis dan menulis tanpa tahu tujuannya dimana, sehingga blog yang ia kelola tidak mendapatkan traffic sama sekali. Sehingga banyak dari mereka yang frustasi yang meninggalkan blog begitu saja, oleh karena itu. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara rinci mengenai ulasan Optimasi SEO Onpage yang bisa anda simak berikut ini :

Pengertian SEO Onpage

SEO On Page adalah salah satu praktik untuk mengoptimalkan konten pada halaman blog agar mendapatkan peringkat teratas Google atau istilah kerennya yaitu Page One, apabila blog anda sudah berada di halaman pertama Google, maka anda dipastikan akan mendapatkan banyak traffic organik dari Google. 

SEO Onpage sendiri lebih berfokus pada cara pembuatan konten agar terlihat SEO Friendly dan mudah dibaca oleh banyak orang, apabila konten atau artikel yang telah anda buat belepotan atau susah dimengerti. Pasti banyak dari mereka yang meninggalkan blog anda begitu saja, bahkan blog anda bisa tidak dikunjungi kembali.

Ada banyak sekali cara melakukan optimasi SEO Onpage yang harus anda optimalkan diantaranya yakni :

  • Internal Link
  • Gunakan Permalink dengan Keyword utama
  • Meta Description
  • Tambahkan Gambar dan Video
  • Tag Tittle
  • Gunakan Heading dan Subheading
  • Gunakan Long Tail Keyword 
  • Optimasi gambar
  • Buat artikel yang panjang minimal 1000 kata
  • Gunakan Template Responsif

10 Cara Optimasi SEO On Page Untuk Blog

Ada 10 cara untuk memaksimalkan optimasi SEO On Page yang bisa anda lakukan. Mulai dari Internal Link hingga menggunakan Template Blog yang SEO Friendly. Agar anda tidak penasaran, Yuk langsung saja simak ulasan dibawah ini!

1. Internal Link

Internal Link adalah salah satu link yang mengarah ke artikel lain yang ada di blog anda, jenis link ini tentunya sangat membantu para pembaca anda untuk memahami isi dari artikel anda dari satu artikel ke artikel yang lainnya. Untuk memasukan Internal Link sendiri juga tidak boleh asal-asalan, Anda diharuskan untuk memasukan Internal Link yang sesuai dengan Label atau Artikel yang anda bahas.

Apabila internal link yang sudah anda pasang sesuai, maka Google akan memahami konteks dan hubungan antar halaman blog anda, tentu saja Google akan mengutamakan blog yang artikel atau konten yang telah dibuat saling berhubungan antar konten di blog anda.

2. Gunakan Permalink dengan Keyword Utama

Menggunakan permalink dengan Keyword Utama merupakan salah satu indikator SEO yang harus diperhatikan. Apabila anda menggunakan permalink dengan keyword utama, maka mesin pencari akan mudah untuk mengenali atau memahami artikel atau konten yang anda buat. Sebagai contoh, saya ingin membuat artikel mengenai Cara Optimasi SEO Onpage untuk Blog, maka permalink yang harus saya buat yakni :

https://www.mahes.web.id/2021/06/optimasi-seo-on-page

3. Meta Description

Untuk memaksimalkan SEO On Page maka anda harus menggunakan meta description yang berisikan keyword yang akan anda bidik, blogger sendiri sudah menyiapkan meta description sebanyak 150 karakter. Jadi, anda harus bisa memanfaatkan 150 karakter tersebut dengan keyword yang akan anda bidik. Apabila pada menu postingan anda tidak ada meta description, maka anda bisa mengaktifkannya terlebih dahulu di menu Setelan > Kemudian scroll kebawah hingga anda menemukan Tag Meta > lalu aktifkan deskripsi penelusuran.

4. Tambahkan Gambar atau Video

Ketika anda membuat sebuah artikel, usahakan untuk memberikan gambar agar pembaca tidak merasa bosan karena terlalu banyak membaca tanpa adanya gambaran ilustrasi ataupun yang lainnya. Untuk gambar di dalam artikel juga anda hanya membutuhkan 1 atau 2 gambar saja kok, apabila anda ingin menambahkan video mungkin itu lebih baik.

Seperti dari informasi yang saya dapatkan bahwa artikel atau konten yang berisikan Video akan mempunyai kesempatan untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian Google, dibandingkan anda hanya menambahkan Gambar saja. Untuk menambahkan video, Anda bisa embed video youtube orang lain ataupun channel youtube anda sendiri.

5. Tittle Tag

Gunakan tittle tag untuk meletakan keyword, seperti yang dianjurkan oleh pakar SEO alangkah baiknya keyword utama diletakan didepan dibandingkan dibelakang. Sebagai contoh, saya ingin membuat artikel mengenai “Optimasi SEO On Page”, setelah saya melakukan research keyword ada beberapa judul yang muncul seperti dibawah ini

Judul 1 : Optimasi SEO On Page untuk Blog

Judul 2 : Cara Melakukan Teknik Optimasi SEO On Page Untuk Blog

Besar kemungkinan pasti Google akan lebih suka dengan Judul 1 karena keyword berada di depan, oleh karena itu. Setiap anda ingin membuat artikel yang SEO maka, anda bisa menempatkan keyword berada di depan judul.

6. Gunakan Heading dan Subheading

Agar pembaca anda lebih memahami isi dari artikel atau konten yang anda buat, maka anda harus menambahkan Heading dan juga Subheading agar konten yang anda buat lebih ter-struktur. Heading dan Subheading sendiri memiliki fungsi untuk memecah artikel menjadi beberapa bagian, sama halnya sepertu Bab dan Sub bab yang seringkali anda temukan dibuku-buku. Oleh karena itu anda diharuskan untuk menggunakan Heading dan Subheading untuk membuat artikel yang SEO.

Untuk Blogger sendiri sudah menyiap Heading 1 sampai 5, untuk lebih jelasnya. Saya akan memberikan detailnya kepada anda, Judul Utama (H1), Judul (H2), Sub Judul (H3),  Judul Kecil (H4), Paragraf (H5). Usahakan ketika anda menggunakan blogger jangan menggunakan H1, karena judul dari blogger sudah menggunakan H1, oleh karena itu anda gunakan saja H2. Apabila anda menggunakan H1 maka akan bentrok dengan Judul konten anda.

7. Gunakan Long Tail Keyword

Long Tail Keyword merupakan kata kunci yang terdiri dari 5 kata bahkan lebih, seperti yang sudah diketahui bersama bahwasanya banyak pengunjung internet yang selalu mengetikkan keyword yang panjang atau yang bisa disebut dengan Long Tail Keyword. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan beberapa keyword gabungan untuk dijadikan Long Tail Keyword, dengan begitu anda akan mendapatkan posisi yang bagus di SERP Google.

8. Optimasi Gambar

Setiap blogger memang tidak boleh asal-asalan untuk menambahkan gambar, karena harus ada beberapa hal yang wajib diperhatikan yaitu ukuran gambar. Untuk memaksimalkan Teknik Optimasi SEO On Page, maka anda harus menambahkan gambar dengan ukuran dibawah 100KB. Apabila file size gambar anda diatas itu, anda bisa melakukan kompres image melalui situs Compress JPEG.

Setelah memasukan gambar dengan ukuran kecil, maka langkah selanjutnya anda harus memasukan Alt Text dengan Keyword yang akan anda bidik. Jika Alt Text anda sesuai dengan keyword maka gambar anda akan muncul di pencarian Google Image.

9. Buat Artikel Yang Panjang Minimal 1000 Kata

Jika anda ingin bersaing dengan kata kunci yang mempunyai kompetitor yang tinggi, maka saya sarankan utnuk membuat artikel yang panjang minimal 1000 kata, lebih banyak kata maka artikel atau konten anda akan memiliki peringkat yang bagus di mesin pencari. Untuk membuat 1000 kata usahakan kata-kata yang anda sampaikan jangan membuat penonton bingung karena penjelasan yang anda berikan muter-muter.

10. Gunakan Template Responsif

Template Responsif yang saya maksud yakni template yang anda gunakan bisa diakses di perangkat apapun seperti Android, Tablet, Desktop, dan lain sebagainya. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa tidak semua Template Blogger itu responsif, maka dari itu anda bisa memilih Template Blogger Terbaik. Template yang saya rekomendasikan yakni Template EvoMagz karena template ini memiliki fitur dan tampilan yang elegan sehingga membuat pembaca lebih nyaman.

Akhir Kata

Bagaimana? Cukup mudah bukan melakukan Optimasi SEO On Page. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah saya berikan diiatas maka anda sudah berhasil untuk memaksimalkan SEO On Page anda, mudah-mudahan dengan adanya artikel diatas dapat membantu anda serta dapat menambah wawasan anda, Selamat Mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Optimasi SEO On Page untuk Blog [ Lengkap ]"

X