Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Dampak Negatif Sering Gonta Ganti Template Blog

Untuk mengelola sebuah blog maka diperlukan adanya tampilan blog yang menarik agar pembaca atau  pengunjung terasa lebih nyaman. Namun, ada yang sangat perlu dipertimbangkan apabila anda terlalu sering gonta ganti template blog. Karena jika anda terlalu sering mengganti tampilan blog, maka anda akan mendapatkan dampak negatif sering gonta ganti template blog.

Berbicara mengenai template blog mungkin tak ada habisnya, karena setiap bulannya atau tahunnya pasti ada saja template yang dirilis oleh pembuat template itu sendiri, sehingga besar kemungkinan akan membuat banyak orang yang tergiur untuk membelinya dan menggantinya dari template yang lama hingga template yang baru.

Jangankan mengganti sebuah template, mengganti struktur atau tampilan blog saja pun sudah merusak SEO, dan parahnya lagi yakni mesin crawl Google akan selalu sibuk untuk mencari halaman situs anda bukan fokus untuk crawl artikel anda, sehingga besar kemungkinan. Artikel anda yang awalnya nangkring di page one akan ditendang menjadi ke page yang lainnya.

Dampak Negatif Sering Gonta Ganti Template Blog

Pada awal saya ngeblog tahun 2019, saya seringkali mengubah tampilan blog hingga meredesignnya. Hal yang sering saya anggap keren ternyata memiliki efek samping yang saya dapatkan, tak hanya itu. Ketika saya menggonta ganti template blog, saya juga selalu menghabisnya sejumlah uang untuk membeli sebuah template blogger premium. 

Meski sudah premium dan SEO friendly serta fast loading, saya masih sajaa merasa kurang puas. Sehingga saya membeli lagi dan lagi template blogger yang dirilis oleh mas sugeng yang diberi nama LinkMagz pada saat itu, setelah membeli template tersebut. Kurang lebih saya mempunyai template blogger premium saat ini berjumlah 5 template. Daripada terlalu panjang, yuk langsung saja simak ulasan berikut ini :

1. Traffic Blog Menurun

Dampak pertama yang akan anda alami ketika sering gonta ganti template yaitu traffic blog menurun. Sebagai contoh, Anda perhari mendapatkan traffic perhari sebanyak 3.000/day, tentu sja traffic itu akan turun secara perlahan menjadi dibawah ribuan bahkan anda bisa hanya mendapatkan puluhan saja. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan bot google akan merayapi ulang struktur dari template yang anda gunakan, sehingga untuk index artikel akan diabaikan sementara waktu.

Tentu saja itu membuat artikel anda menjadi turun peringkat yang awalnya halaman satu akan berubah menjadi halaman yang lainnya. Hal ini juga bukan saya alami sendiri, melainkan ada banyak sekali orang yang mengalami hal serupa di forum-forum blogger yang ada di Internet.

2. Tampilan Blog Berantakan

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwasanya setiap developer pembuat template pasti memiliki XML yang berbeda-beda, apabila anda mengganti template blog dengan template blog yang baru tanpa menghapus XML yang lama. Maka, besar kemungkinan template anda akan terasa berantakan. Tak hanya itu, script yang sudah anda tambahkan sebelumnya juga akan hilang dan membuat tampilan blog anda menjadi berantakan.

Apabila tampilan blog berantakan, maka pengunjung atau pembaca setia blog anda akan meninggalkan situs anda karena dianggap kurang menarik dan kurang layak untuk dibaca. Tentu saja itu hal yang sangat tidak diinginkan oleh banyak orang.

3. Buang-buang Waktu

Untuk mengatur sebuah template blog yang baru memang membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi bagi blogger pemula yang kurang begitu paham dengan HTML, CSS, dan JavaScript yang membuat ia untuk belajar agar lebih mahir dalam pengeditan template blog. Waktu yang seharusnya digunakan untuk menulis artikel, harus hilang karena sibuk mengurus tampilan blog yang baru. 

Cobalah untuk mempergunakan waktu ke hal-hal yang lebih bermanfaat seperti menanam backlink, mencari backlink, update artikel lama, publish artikel baru, melakukan optimasi, dan masih banyak lagi. Jika anda mempergunakan waktu dengan baik, maka situs anda juga akan berjalan dengan baik.

4. Menghilangkan Ciri Khas Blog

Setiap blogger pasti memiliki ciri khasnya masing-masing, ciri khas yang seringkali diikuti banyak orang yakni tampilan sebuah blog. Apabila anda sudah menjadi blogger sukses dan mampu memotivasi banyak orang untuk memulai ngeblog agar mendapatkan uang, maka besar kemungkinan orang yang termotivasi akan mengikuti tampilan blog dari template yang sedang anda gunakan.

Oleh karena itu, fokuslah untuk membuat artikel yang bermanfaat untuk banyak orang, dan jangan terlalu fokus ke tampilan sebuah blog. Tampilan blog yang sederhana jika disuguhkan dengan artikel yang berkualitas akan membuat para pembaca merasa terbantu dengan isi artikel yang anda berikan secara lengkap serta bisa menjawab pertanyaan yang ia cari.

5. Menurunkan Kualitas SEO

Seperti yang seringkali saya singgung diatas bahwasanya mengganti tampilan blog akan mempengaruhi kualitas SEO. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan bot google bingung karena struktur template selalu berubah-ubah dari perayapan sebelumnya. Sehingga ini menyebabkan kualitas SEO juga ikut menurun, Anda sendiri juga mengalami hal yang tidak diinginkan yaitu artikel yang berada di halaman pertama akan tidak muncul lagi di halaman pertama.

Jika anda sudah mengalami hal tersebut tentunya anda ingin mengembalikan ke template yang lama bukan? Jika iya, itu sudah tidak bisa merubah apa-apa alias anda hanya bisa pasrah saja. Karena jika anda masih keukeh untuk mengganti ke template yang lama, itu hanya sia-sia saja.

6. Membuang-buang Uang

Hal ini memang saya rasakan sejak awal ngeblog pada tahun 2019, uang yang seharusnya saya gunakan untuk keperluan diri sendiri malah saya gunakan untuk membeli sebuah template blog. Jumlah uang tersebut memang dibilang cukup lumayan, dari banyaknya template yang saya beli. Saat ini saya hanya menggunakan Template EvoMagz dan LinkMagz saja, dan sisanya hanya terbengkalai begitu saja.

Seandainya pada tahun 2019 saya membeli sebuah backlink PBN, mungkin situs saya saat ini sudah mahir. Namun domain tersebut sudah expired, karena lupa saya perpanjang dikarenakan saya juga masih sibuk bekerja saat itu.

Akhir Kata

Itulah beberapa dampak negatif jika anda terlalu sering gonta-ganti template blog, mudah-mudahan dengan ulasan yang saya sampaikan diatas bermanfaat untuk anda. Sebenarnya untuk mengganti template blog memang sah-sah saja dan tidak ada larangan, asalkan jangan terlalu sering dan template yang baru usahakan lebih SEO, Fast Loading, dan Mobile Friendly, apabila anda kesusahan untuk mencari template blog yang baik. Anda bisa simak ulasan saya sebelumnya mengenai : Template Blogger Premium Terbaik.

Usahakan juga membeli template premium agar anda mendapatkan support dan tidak adanya script nakal yang seringkali dimasukan oleh orang yang sering membagikan template bajakan, bahkan ada banyak sekali template bajakan yang selalu menautkan backlink dari situs yang membagikannya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "6 Dampak Negatif Sering Gonta Ganti Template Blog"

X