Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Kualitas Video Yang Beresolusi Rendah

Hampir semua kebanyakan content creator pasti seringkali mengalami kualitas video yang telah ia buat tidak sesuai dengan apa yang ia harapkan. Permasalahan yang seringkali dialami yaitu seperti kualitas kamera smartphone kurang baik, pencahayaan yang terlalu redup, dan masih banyak lagi. Mungkin jika anda mengalami hal seperti ini, pasti anda akan membuat video baru lagi bukan? Eits, jangan dulu, Anda juga bisa kok meningkatkan kualitas video yang beresolusi rendah.

Saat ini anda merupakan salah satu orang yang sangat tepat karena anda bisa mengatasi permasalahan yang sudah saya sebutkan diatas tadi, cara yang akan saya berikan berikut ini bisa anda lakukan dimana saja, baik itu pengguna iOS, Android, dan Laptop/PC. 

Pengertian Enchancer

Video Enchancer merupakan sebuah software untuk meningkatkan kualitas video yang beresolusi rendah menjadi lebih enak untuk dipandang bahkan ditonton berulang kali. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwasannya fitur yang diberikan oleh video echancer sangat banyak yang dimana fitur-fitur tersebut seperti berikut ini :

  • Pencahayaan video menjadi lebih terang, berbeda dengan sebelumnya pencahayaan terlalu redup.
  • Stabilitas menjadi lebih baik, tentunya hal ini sangat membantu apabila anda mengambil video goyang-goyang menjadi lebih stabil.
  • Meningkatkan resolusi video, seperti yang sudah saya sebutkan dijudul. Fitur ini sangat membantu untuk meningkatkan kualitas video yang beresolusi rendah.
  • Menyesuaikan kecerahan, fitur ini sangat membantu untuk meyesuaikan kecerahan agar tidak terlalu terang bahkan gelap.
  • Denoising.
  • Rotate, Menyisipkan Teks, dan Cutting. Sama halnya seperti software-software lainnya.
  • Menambahkan Animasi, Efek, dan Filter ke dalam video. Sama halnya seperti software-software lainnya.

Cara Meningkatkan Kualitas Video Yang Beresolusi Rendah

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips meningkatkan kualitas video di Android dengan sangat mudah. Tak hanya android, cara yang akan saya berikan dibawah ini bisa anda lakukan juga di Android, iOS, Mac, Windows, dan Linux. Berikut ini ulasannya :

1. InShot

Aplikasi InShot merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer di Android, karena kepopulerannya aplikasi ini berhasil mencetak rekor 100 juta download di Google Play Store. Aplikasi ini juga memberikan fitur-fitur yang sangat menarik kepada penggunanya seperti : pemangkas video, splitter, slow motion, kontrol kecepatan, editor audio, converter format video, dan beberapa efek dan filter yang sudah siap digunakan.

Jika anda seorang content creator media sosial seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya, alangkah baiknya anda menggunakan salah satu aplikasi InShot untuk mendapatkan kualitas video menjadi lebih baik, aplikasi InShot juga tersedia di Android dan iOS kok. 

2. Wondershare Filmora

Apakah anda pengguna Windows dan MacOS? Jika iya, maka aplikasi Filmora ini sangat wajib untuk anda gunakan, karena aplikasi ini sudah menjamin penggunanya bahwa dengan menggunakan aplikasi Filmora maka anda akan diberikan kualitas dan fitur yang beragam. Anda sendiri bisa membeli aplikasi ini dengan harga $59.99 (Lifetime License) yang dimana anda bisa menggunakan aplikasi ini seumur hidup tanpa perlu memperpanjang.

Harga tersebut merupakan harga yang sangat terjangkau mengingat fitur yang anda dapatkan sangat banyak, atau anda bisa menggunakan versi gratis terlebih dahulu. Namun, jika anda menggunakan versi gratis. Maka video yang sudah anda buat terdapat Watermark yang tentunya cukup menganggu dan menjadi kurang enak ketika dilihat.

Wondershare Filmora juga sudah mendukung berbagai format video yang tentunya memungkinkan anda untuk bisa melakukan ekspor video dalam format beraneka ragam yang nantinya akan di upload ke media sosial yang anda miliki.

3. Power Director

Power Director adalah salah satu aplikasi video editing terbaik yang bisa anda dapatkan di Google Play Store (Khusus pengguna Android). Aplikasi ini juga saya sendiri menggunakannya karena fitur yang didapat sangat membantu saya dalam memenuhi kebutuhan video editing saya. Aplikasi ini tersedia versi gratis dan full version, akan tetapi saya sudah mempunyai yang versi Full Version. Sehingga fitur yang saya dapatkan berbeda dengan fitur yang versi gratisannya.

Fitur yang akan anda dapatkan di aplikasi ini yakni : editor efek, support untuk green screen dan blue screen, dan masih banyak fitur-fitur lainnya. 

4. Avidemux

Avidemux merupakan software yang berbasis open source yang bisa anda gunakan secara gratis di komputer anda dengan berbagai sistem operasi seperti Linux, MacOS, dan Windows. Format-format yang disediakan oleh aplikasi Avidemux pun cukup beragam yakni MP4, MKV, MPEG, 3GP, FLV, MWV, OGM, MOV, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan aplikasi Avidemux maka anda bisa meningkatkan kualitas video yang beresolusi rendah.

5. Videoshop

Aplikasi Videoshop menawarkan pengalaman pengguna (UX) yang lebih ringan dibandingkan dengan aplikasi video editing lainnya. Anda sendiri juga bisa meningkatkan kualitas video yang beresolusi rendah, menambahkan beraneka ragam efek, adanya fitur Stop motion, dapat membuat video slide show, dan tersedia beberapa musik yang bisa anda gunakan hanya dengan mengunjungi perpustakaan musik yang telah disediakan oleh aplikasi Videoshop.

Apabila anda bertanya apakah aplikasi ini berbayar atau tidak, maka saya akan menjawab tidak. Karena aplikasi ini diberikan secara gratis, meski ada beberapa yang berbayar seperti anda ingin membeli fitur atau peralatan lainnya.

6. Pinnacle Studio Pro

Jika anda pengguna iOS maka anda sangat diwajibkan untuk menggunakan aplikasi yang satu ini. Aplikasi yang dinamakan Pinnacle Studio Pro memungkinkan penggunanya untuk meningkatkan kualitas video yang beresolusi rendah. Fitur yang diberikan untuk versi iOS memang tidak selengkap fitur aplikasi yang ada di Desktop. Namun, anda bisa kok menikmati beraneka ragam fitur yang sudah disediakan pada versi iOS nya seperti : efek gambar dalam gambar, pan dan zoom, kontrol transisi dan kecepatan, adanya fitur audio editor, dan lain sebagainya.

Tentu saja aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk anda para content creator untuk menunjang kebutuhan video editornya. Sayangnya, aplikasi ini tidak disediakan gratis oleh developernya. Anda harus mengeluarkan uang sebesar $12.99 untuk mengakses aplikasi ini, harga tersebut juga sangat murah kok dan jika dirupiahkan hanya Rp 182.000 saja untuk sekali bayar.

7. FonePaw Video Converter Ultimate

FonePaw Video Converter Ultimate merupakan aplikasi yang dapat meningkatkan kualitas video yang beresolusi rendah. Software yang satu ini bisa meningkatkan kualitas video anda yang awalnya 480p menjadi 720p, hingga 1080p, bahkan saat ini sudah mendukung hingga 4K. Wow, tentunya itu sangat membantu penggunanya.

Anda juga bisa mengatur pencahayaan, menstabilkan guncangan, dapat menyeimbangkan warna pada video, dan masih banyak lagi. Aplikasi FonePaw juga sudah menyediakan berbagai format video seperti MPEG, MP4, FLV, MOV, MP3, 3GP, WMA, WMV, 3GP, MJPEG, M4A, dan lain sebagainya.

Dengan beragam fitur yang disediakan dan mampu meningkatkan kualitas video hingga menjadi 4K maka anda harus membayar $29.95 USD untuk membeli aplikasi yang satu ini, aplikasi FonePaw hanya tersedia di sistem operasi Windows dan MacOS saja. Apabila anda pengguna Linux, maka anda bisa menggunakan aplikasi Avidemux yang sudah saya jelaskan diatas.

Akhir Kata

Itulah beberapa Cara Meningkatkan Kualitas Video Yang Beresolusi Rendah, aplikasi yang saya rekomendasikan untuk anda yakni FonePaw dan Power Director. Mungkin setiap orang memiliki seleranya masing-masing sehingga semua orang pasti memiliki pendapat yang berbeda, mudah-mudahan dengan adanya ulasan diatas dapat membantu anda ya, Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Kualitas Video Yang Beresolusi Rendah"

X