Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah HP Android Jadi Remote TV, AC, dan DVD

Tak banyak orang yang tahu bahwasannya saat ini ada banyak sekali cara mengubah hp android menjadi remote TV, AC, DVD, dan masih banyak lagi, oleh karena itu tentunya sangat membantu banyak orang karena mereka tidak membutuhkan baterai lagi untuk menggunakan remote TV.  Seperti yang sudah diketahui bahwasannya teknologi sudah semakin canggih khususnya di perangkat seluler, smartphone atau ponsel pintar saat ini sangat kaya akan fitur dan bisa digunakan untuk multifungsi.

Sebenarnya smartphone yang sudah menyediakan fitur Remote TV, AC, DVD, dan sebagainya hanya baru tersedia di smartphone Xiaomi, mungkin di smartphone lainnya belum tersedia. Oleh karena itu, banyak yang mencari tahu di internet mengenai bagaimana sih cara mengubah hp android menjadi remote TV?

Caranya sendiri sebenarnya cukup mudah, dan banyak juga yang sudah membuktikan dengan cara ini ternyata berhasil. Namun, Anda harus menyiapkan aplikasi tambahan, hal ini dikarenakan banyak smartphone yang belum menyediakan fitur tambahan seperti Remote TV ini. Agar anda tidak penasaran, yuk langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Cara Mengubah HP Android Menjadi Remote TV

Tak hanya menjadi Remote TV, Anda juga bisa kok menggunakannya untuk kebutuhan yang lainnya seperti Proyektor, DVD, dan masih banyak lagi. Karena banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang memberikan anda kemudahan saat menggunakannya.

1. Cara Mengubah HP Android Menjadi Remote TV Melalui ZaZa Remote

Aplikasi ZaZa Remote merupakan salah satu aplikasi Remote TV terbaik yang sangat wajib anda coba, aplikasi yang dibuat oleh perusahaan Tiqia Co., Ltd memberikan banyak sekali fitur menarik seperti mendukung kendali jarak jauh, remote TV, proyektor, DVD, SLR, Set Top Box, dan masih banyak lagi. ZaZa Remote sendiri sudah mengklaim bahwasannya aplikasi ini sudah support dengan smartphone HUAWEI, OPPO, Samsung, Xiaomi, Lenovo, HTC, dan TCL.

Untuk mendapatkan aplikasi ini juga anda tidak membutuhkan biaya sama sekali, karena aplikasi ini diberikan secara gratis untuk anda, dan ZaZa Remote sudah diunduh sebanyak 10 juta download dan sudah diberikan ulasan dan rating yang cukup baik yakni 3,9 bintang. Cara menggunakannya juga sangat mudah kok, Anda bisa simak langkah-langkahnya dibawah ini :

  1. Download aplikasi ZeZe Remote di Google Play Store.
  2. Setelah terinstall, buka aplikasi ZeZe Remote.
  3. Selanjutnya anda klik icon + yang berada di bagian atas.
  4. Kemudian anda bisa pilih perangkat yang diinginkan, seperti AC, TV, DVD, Kipas, Proyektor, dan lain sebagainya).
  5. Lalu anda bisa menyesuaikan merk dari perangkat yang ingin di remote.
  6. Jika sudah tekan icon Power untuk mengetest apakah remote-nya bekerja atau tidak.
  7. Apabila tidak bekerja, anda bisa pilih No Response.
  8. Setelah itu cari icon Power hingga anda menemukan yang bekerja atau berhasil.
  9. Ketika perangkat merespon tombol power, anda bisa tekan Has Response.
  10. Selesai.

2. Cara Mengubah HP Android Menjadi Remote TV Melalui Mi Remote Controller

Aplikasi Mi Remote mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan Xiaomi Fans, karena aplikasi ini memang dikhususkan untuk pengguna Xiaomi. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Smartphone lain juga bisa kok menggunakan aplikasi Mi Remote, seperti yang sudah saya dapatkan informasinya bahwasannya aplikasi ini sudah support di smartphone Samsung S4/S5/S6/S6 Edge/Note 3/Note 4, Xiaomi (Semua type), Huawei, Honor 3/6/6 Plus.

Jika list smartphone anda tidak ada di informasi yang telah disertakan, Anda tidak perlu khawatir. Karena masih banyak kok aplikasi yang support di device anda, atau anda bisa coba-coba saja aplikasi ini di smartphone anda, siapa tau berhasil kan? Hehe. Mi Remote juga bisa anda gunakan untuk TV, DVD, set top box, AC, proyektor, dan camera.

Cara menggunakan Mi Remote juga tergolong cukup mudah dan bisa dipahami oleh siapa saja, apabila anda belum mengerti. Anda bisa simak ulasan berikut ini :

  1. Download aplikasi Mi Remote di Google Play Store.
  2. Tap icon + yang berada di pojok kiri atas.
  3. Lalu anda bisa pilih perangkat yang anda inginkan seperti TV, AC, DVD, Proyektor, dan masih banyak lagi.
  4. Kemudian anda bisa menentukan merek perangkat yang anda gunakan seperti LG, Samsung, Panasonic, Videocon, Micromax, Sharp, Onido, dan lain sebagainya.
  5. Langkah selanjutnya anda ikuti saja arahan dari aplikasi dari Mi Remote.
  6. Setelah itu anda bisa melakukan test apakah bekerja atau tidak, jika bekerja anda bisa save pengaturan yang telah anda buat tadi.
  7. Selesai

3. Cara Mengubah HP Android Menjadi Remote TV Melalui Universal TV Remote Control

Aplikasi Universal TV Remote Control merupakan aplikasi yang dibuat oleh CodeMatics Media Solutions yang menjamin penggunanya bahwa aplikasi ini sudah support dengan banyak merek TV dari 100 Negara diseluruh dunia. Mungkin aplikasi ini sudah banyak yang menggunakannya karena dilihat dari banyaknya unduhan di Google Play Store, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak  50 juta kali dan mendapatkanrating 4,0, tentunya itu meruapakan rating yang cukup baik.

Untuk mendapatkan aplikasi ini juga anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun karena aplikasi ini diberikan secara gratis, file size yang diberikan juga cukup kecil yakni hanya 7,7 MB saja. Cara penggunaannya juga hampir sama dengan aplikasi Remote Controller lainnya dan tidak ada bedanya.

  1. Download aplikasi Universal Remote TV Control di Google Play Store
  2. Kemudian anda buka aplikasinya, setelah terbuka. Anda bisa pilih menu “Pilih Merek TV” yang berada di sebelah menu Remote TV Cerdas.
  3. Nanti anda akan disediakan banyak sekali merek TV, Anda bisa sesuaikan saja dengan merek TV yang anda punyai. 
  4. Nah, setelah anda memilihnya. Anda sudah bisa kok untuk melakukan percobaan, apakah berhasil atau tidak.
  5. Selesai.

4. Cara Mengubah HP Android Menjadi Remote TV Melalui ASmart Remote IR

Aplikasi ASmart Remote IR mungkin menjadi pilihan terbaik untuk anda, karena aplikasi ini bisa anda gunakan untuk TV, Strreaming Box, Settop Box, AC, DSLR Camera, DVD, dan Proyektor. Perlu diingat bahwasannya jika anda ingin menggunakan aplikasi ini, maka usahakan smartphone anda memiliki fitur “Infrared” jadi anda bisa cek terlebih dahulu apakah samrtphone anda mempunyai fitur Infrared atau tidak.

Apabila tidak ada, maka anda akan tidak bisa menggunakan aplikasi ini alias tidak berfungsi, jika smartphone anda memiliki fitur Infrared, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Download aplikasi ASmart Remote IR di Google Play Store.
  2. Kemudian buka aplikasinya jika sudah terinstall, lalu klik icon + Add Remote.
  3. Lalu anda pilih Device yang ingin anda gunakan seperti TV, AC, DVD, dan lain sebagainya.
  4. Setelah itu anda bisa memilih Brand dari perangkat yang anda gunakan.
  5. Selesai

Aplikasi Remote TV Tanpa Infrared

Saat ini ada banyak sekali jenis TV yang mengharuskan penggunanya untuk menggunakan infrared agar bisa dicontroll menggunakan remote. Namun, ada banyak sekali dari mereka yang tidak menggunakan Infrared, sehingga banyak dari mereka yang khawatir. Sebenarnya, ada banyak sekali aplikasi Remote TV yang tidak memerlukan fitur Infrared. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi, aplikasi yang akan saya berikan dibawah ini tentunya gratis untuk anda yang bisa anda dapatkan di Google Play Store :

  • Google Home
  • Unified Remote
  • Smart Universal Remote Control
  • Roku

Demikianlah ulasan saya mengenai cara mengubah hp android menjadi remote TV, AC, DVD, Proyektor, DSLR Camera, Kipas, dan masih banyak lagi. Mudah-mudahan dengan adanya artikel yang sudah saya berikan bisa bermanfaat untuk banyak orang, Selamat Mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah HP Android Jadi Remote TV, AC, dan DVD"

X