Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mengatasi Lag Free Fire di RAM 2 GB dengan Mudah

Cara Mengatasi Lag Free Fire RAM 2 GB - Saat ini game Free Fire sudah menjadi game yang sudah populer sejak tahun 2017 yang lalu, ada banyak sekali penggemar dari game Free Fire ini. Baik itu kalangan anak-anak hingga dewasa. Bahkan aplikasi Free Fire bisa mengalahkan PUBG dari segi kepopulerannya meski PUBG memiliki grafis yang lebih mumpuni dibandingkan Free Fire, hal ini dikarenakan Free Fire memiliki ukuran yang cukup kecil sehingga bisa dimainkan oleh perangkat yang sangat minimum.

Untuk menjalankan game Free Fire memang dibutuhkan RAM yang sangat kecil yakni hanya 1 GB saja. Namun, banyak dari mereka yang mengeluh karena ketika mereka bermain game Free Fire selalu ngelag meski RAM diatas yang sudah ditentukan oleh developer game ini sendiri. Sebenarnya, hal tersebut bisa diatasi dengan cara yang akan saya bahas nanti setelah ini.

Apa Penyebab FF Ngelag?

Sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi mengapa game Free Fire yang anda mainkan seringkali mengalami patah-patah ataupun ngelag, apabila gameplay yang anda mainkan patah-patah atau ngelag tentunya akan membuat anda kalah bukan? Sehingga banyak diantara anda yang mencari tahu penyebabnya di berbagai Internet. Lantas apa penyebab hp ngelag saat bermain FF? Simak dibawah ini :

  • Kinerja RAM yang sudah maksimal karena anda menjalankan banyak aplikasi aktif ataupun RAM di smartphone anda dibawah spesifikasi game free fire itu sendiri.
  • Penyimpanan Internal smartphone anda sudah penuh, seperti yang sudah diketahui bahawasannya RAM 2 GB pasti membawakan Internal sebanyak 16GB. Jadi, ketika anda ingin memainkan game Free Fire agar tidak patah-patah. Usahakan berikan ruang kosong sebanyak 4 GB.
  • Grafik yang terlalu memaksa, apabila smartphone anda mempunyai RAM sebesar 2GB maka anda bisa menggunakan grafik yang standar dan jangan terlalu memaksa.
  • Jaringan Internet tidak stabil juga menjadi penyebab FF menjadi ngelag.

Cara Mengatasi Lag di Free Fire

Diatas merupakan hal yang seringkali menjadi penyebab game Free Fire yang anda mainkan menjadi ngelag atau patah-patah, apabila anda mengalami hal yang serupa. Maka anda bisa mengatasinya dengan cara mengikuti tips-tips yang akan saya berikan berikut ini :

1. Rubah Grafis Free Fire Menjadi Rata Kiri

Apabila RAM anda hanya 1 GB ataupun 2 GB, maka anda harus merubah grafis default menjadi rata kiri atau Very Low.  Usahakan juga anda tidak mengaktifkan efek apapun seperti Shadow dan sebagainya, jika anda menggunakan efek shadow dan sebagainya tentunya akan membuat game free fire anda menjadi ngelag.

Kekurangan dari menurunkan grafis menjadi rata kiri mungkin membuat tampilan game menjadi kurang bagus, meskipun game free fire bisa dijalankan dengan lancar tanpa adanya patah-patah. Namun, jika kelamaan pasti akan membuat anda betah menggunakan settingan Very Low. 

2. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwasannya peyimpanan internal yang penuh tentunya akan mempengaruhi perfoma game free fire menjadi patah-patah. Oleh karena itu, Anda harus menghapus beberapa aplikasi yang tidak diperlukan. Usahakan jangan menghapus aplikasi bawaan Android agar smartphone anda tidak mengalami masalag atau ngeblank tiba-tiba.

Untuk mengetahui aplikasi penting atau tidaknya, Anda pilih saja pada bagian “Aplikasi Terinstal” dan jangan pernah menghapus aplikasi bawaan smartphone. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Paksa Berhenti Aplikasi Untuk Sementara

Setiap aplikasi pasti tentunya memakan RAM, tentunya RAM yang anda gunakan menjadi tidak stabil, yang awalnya 2 GB menjadi 1.40GB an saja. Tentunya itu akan mempengaruhi perfoma game free fire yang anda mainkan, untuk melakukan paksa berhenti aplikasi untuk sementara juga sangat mudah. Anda langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Masuk ke menu “Pengaturan atau Setting”.
  • Kemudian pilih “Manajemen Aplikasi”.
  • Lalu klik saja “Daftar Aplikasi”.
  • Nah, setelah itu anda akan menemukan banyak aplikasi yang anda install. Untuk membuat kinerja RAM menjadi lebih maksimal, Anda bisa “Paksa Berhenti” aplikasi untuk sementara, Anda bisa nonaktifkan aplikasi media sosial, browser, dan sebagainya. Sebagai contoh saya ingin paksa berhenti aplikasi Instagram.
  • Cari dan pilih aplikasi Instagram, kemudian pilih “Paksa Berhenti” dan nanti akan muncul notifikasi, abaikan saja notifikasi tersebut dan klik “Paksa Berhenti”.
  • Selesai

Lantas bagaimana cara mengaktifkan aplikasi tersebut agar kembali? Caranya sangat mudah, Anda hanya buka saja aplikasi yang sudah anda paksa berhenti. Memaksa berhenti sebuah aplikasi bukan berarti membuat aplikasi tersebut tidak bisa diaktifkan kembali ya.

4. Hapus Cache Aplikasi Free Fire

Nah, apabila anda seringkali bermain game free fire secara nonstop. Maka lama kelamaan akan mengalami drop fps bukan? Hal ini dikarenakan sampah cache dari aplikasi Free Fire anda menjadi menumpuk sehingga menurunkan perfoma game itu sendiri. Bagaimana cara menghapus cache nya? Simak langkah-langkahnya dibawah ini :

  • Buka menu “Pengaturan atau Setting”.
  • Lalu pilih “Manajemen Aplikasi” dan klik “Daftar Aplikasi”.
  • Setelah itu cari aplikasi yang bernama Free Fire, setelah menemukannya anda klik saja aplikasi tersebut dan langsung pilih “Penggunaan Penyimpanan”, lalu pada menu “Cache” anda klik saja “Hapus Cache”.
  • Selesai

Apakah data free fire saya hilang? Tidak, cache dan data tentu saja berbeda. Cache adalah sampah dari aplikasi itu sendiri. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengenai Data yang ada di Game Free Fire anda.

5. Tutup Semua Tab Aplikasi yang Anda Buka Sebelumnya

Sebelum bermain game free fire usahakan untuk menutup semua tab aplikasi yang telah anda buka sebelumnya, hal ini karena aplikasi yang berjalan di tab smartphone anda akan memakan RAM. Oleh karena itu, Anda harus menghapusnya terlebih dahulu. Namun, ada banyak sekali Smartphone keluaran terbaru yang sudah menyediakan fitur Game Booster kok.

Yang dimana aplikasi tersebut akan menutup tab aplikasi yang anda jalankan secara otomatis, dan membuat kinerja RAM anda menjadi optimal. Apabila smartphone anda tidak tersedia aplikasi Game Bosster, maka anda bisa melakukannya dengan cara manual yaitu menutup semua tab sebelum bermain game Free Fire.

6. Restart Smartphone Anda

Jika anda bermain game dengan jangka waktu yang sangat lama tentunya membuat smartphone menjadi kurang maksimal kinerjanya, sehingga smartphone anda perlu direebot atau direstart. Karena semua smartphone juga membutuhkan istirahat agar tidak terjadinya overheat jika dimainkan dengan jangka waktu yang cukup lama.

7. Mematikan Voice Chat in Game

Untuk mengatasi lag selanjutnya di game Free Fire yaitu anda harus mematikan fitur Voice Chat yang berada di In Game. Apabila anda tidak mematikannya, maka kinerja smartphone anda menjadi lebih meningkat sehingga tentunya akan mengalami patah-patah ataupun drop fps.

Mungkin banyak diantara anda yang enggan untuk mematikan Voice Chat, karena Voice Chat merupakan hal yang sangat penting untuk dihidupkan saat bermain Squad atau mabar dengan teman. Namun, untuk membuat game menjadi lebih nyaman anda bisa mematikannya agar tidak selalu mengalami Lag dan membuat smartphone menjadi panas.

8. Gunakan Jaringan Internet Yang Bagus dan Mumpuni

Hal yang membuat game free fire menjadi ngelag memang tidak melulu tentang RAM. Melainkan, ada sinyal juga mempengaruhi game menjadi ngelag, mungkin anda seringkali mengalami sinyal hingga 999+ bukan? Jika iya, maka anda bisa mencari tempat yang stabil untuk mencari sinyal yang bagus. Atau anda bisa menggunakan settingan APN yang sesuai dengan provider yang anda gunakan.

9. Jangan Menggunakan Aplikasi Tambahan

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwasannya aplikasi pihak ketiga akan membuat kinerja RAM menjadi lebih terbebani, oleh karena itu. Jangan pernah untuk menggunakan aplikasi tambahan seperti Tools yang menjamin bahwasannya gameplay anda menjadi lebih lancar. Mungkin banyak yang merekomendasikan bahwa Tools tersebut sangat manjur, tetapi jika anda mencoba menggunakannya di Smartphone anda menjadi lebih ngelag.

10. Hindari Bermain Sambil Charge

Perangkat elektronik ataupun perangkat komputer jika mengalami suhu yang meningkat pasti akan menurunkan perfoma kinerjanya bukan? Hal tersebut karena CPU harus bekerja keras untuk menjalankan suatu aplikasi ataupun Game. Setiap kali anda bermain sambil cas smartphone pasti akan mengalami peningkatan suhu sehingga CPU dan GPU tidak bisa memberikan kinerja yang maksimal.

Oleh karena itu, hindari bermain game sambil charge atau ngecas. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwasannya smartphone yang dimainkan ketika sedang mengisi daya pasti akan cepat mengalami kerusakan dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Akhir Kata

Mungkin itu saja penjelasan saya mengenai Cara Mengatasi Lag Free Fire di RAM 2 GB dengan Mudah, semoga dengan adanya artikel yang sudah saya berikan diatas bisa bermanfaat dan membantu anda. Apabila smartphone anda tetap mengalami patah-patah, mungkin anda harus upgrade smartphone anda ke 3GB RAM untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Karena sebuah aplikasi ataupun game pasti akan terus mengalami update ataupun pembaruan yang tentunya membutuhkan penyimpanan yang cukup banyak, bahkan RAM 2 GB yang awalnya lancar jaya menjadi ngelag ketika aplikasi atau game tersebut memperbarui aplikasinya.

Posting Komentar untuk "10 Cara Mengatasi Lag Free Fire di RAM 2 GB dengan Mudah"

X