Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Komputer Hidup Tapi Tidak Tampil di Monitor

Komputer merupakan salah satu kebutuhan yang sangat banyak diminati oleh banyak orang, hal ini dikarenakan komputer lebih tangguh dan awet dibandingkan laptop. Mungkin diantara anda masih banyak yang suka rakit PC bukan? Apalagi rakit PC menggunakan barang second mengingat harga komputer saat ini sedang tinggi-tingginya.

Komputer sendiri memang seperti barang elektronik lainnya yang seringkali mengalami permasalahan seperti komputer hidup tapi tidak tampil di monitor, sebenarnya permasalahan seperti ini bisa diatasi dengan membersihkan ram, mengecek motherboard, mengecek psu, dan sebagainya. Untuk lebih lengkapnya, Anda simak ulasan berikut ini :

1. Bersihkan RAM

Penyebab komputer hidup tapi tidak tampil di monitor biasanya terletak pada bagian RAM (Random Access Memory) yang kotor, RAM sendiri merupakan komponen yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan saat merakit sebuah PC. Apabila anda tidak memasang RAM, maka monitor anda tidak akan menyala dan adanya suara “beep 3x” pada komputer.

Untuk membersihkan RAM juga sangat mudah kok, Anda hanya perlu membersihkan di daerah kuning RAM menggunakan penghapus. Jika anda sudah membersihkan RAM, maka anda sudah bisa memasangnya kembali ke motherboard lalu hidupkan kembali komputer anda. Apakah berhasil atau tidak.

2. Ganti Baterai CMOS

Apakah anda membeli sebuah motherboard bekas? Jika iya, maka anda harus mengganti baterai CMOS nya. Karena baterai CMOS yang sudah tertempel pada bagian motherboard bekas itu sudah lama, terkecuali anda reques dengan penjual untuk langsung menggantinya dengan yang baru. Untuk mengganti baterainya juga sangat mudah kok, Anda hanya perlu melepasnya lalu mengganti dengan yang baru. Harga dari baterai CMOS sendiri juga sangat murah yakni hanya Rp 5.000/keping.

3. Cek Power Supply

Kasus yang seringkali terjadi mengenai komputer hidup tapi tidak tampil di monitor yaitu power supply yang anda gunakan tidak ngangkat. Oleh karena itu, Anda bisa mengganti power supply dengan brand yang terpercaya seperti Antec, Aerocool, Thermaltake, Deepcool, Seasonic, dan masih banyak lagi. Atau anda bisa meminjam PSU teman anda yang mempunyai komputer untuk melakukan testing.

Apabila anda menggunakan PSU atau Power Supply yang mempunyai reputasi yang sangat buruk, Anda harus hati-hati agar kerusakan lainnya tidak merambat ke komponen lainnya. Apalagi anda menggunakan spesifikasi yang tinggi, sangat disayangkan bukan?

4. Restart Kompuer

Merestart komputer biasanya akan dapat menyelesaikan beberapa permasalahan, cobalah untuk menekan tombol reset untuk memastikan apakah komputer anda menyala atau tidak. Apabila anda tidak menemukan tombol reset, Anda bisa menekan tombol power hingga komputer anda mati. Jika anda menggunakan SSD harap dicabut terlebih dahulu agar SSD anda tidak rusak karena mematikan atau mereset komputer berkali-kali.

5. VGA Mengalami Masalah

Hal yang seringkali terjadi komputer menyala tapi tidak muncul di monitor yaitu VGA anda mengalami permasalahan, VGA bermasalah biasanya terjadi karena faktor usia, kerja yang sangat berat, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, untuk memastikannya lebih lanjut. Anda bisa mencabut VGA dan pasang kabel monitor ke motherboard, apakah monitor anda sudah menyala atau tidak. 

6. Ganti Motherboard

Seperti pengalaman saya pribadi saat merakit sebuah komputer saya membeli sebuah motherboard MSI H61 socket 1155 di marketplace. Setelah saya coba, komputer saya hidup namun tidak tampil di monitor. Setelah saya restart komputer, monitor saya menyala. Nah, keesokan harinya saya berinisiatif untuk menginstall banyak aplikasi untuk memenuhi kebutuhan saya, monitor saya kembali tidak menyala.

Kemudian, saya meminjam motherboard teman saya dengan socket yang sama yaitu 1155 ternyata berhasil dan tidak mengalami kendala sama sekali. Padahal, motherboard yang telah saya beli masih terlihat mulus, tidak ada lecet, tidak ada melengkung, dan lain sebagainya. Lalu, saya komplain dengan pembeli, ternyata barang tersebut sudah tidak bisa dikembalikan karena saya telah mengkonfirmasi sebelumnya.

Dengan berat hati, saya membeli motherboard baru yang masih bergaransi yakni Digital Alliance H61 1155 dengan harga yang tergolong terjangkau saat itu. Setelah saya cek, komputer dan monitor saya tidak mengalami permasalahan sama sekali, disitulah saya merasakan lega dan tidak perlu panik.

Apabila anda membeli komponen bekas di marketplace, usahakan untuk selalu mengeceknya secara rutin agar tidak terjadi permasalahan seperti ini. Atau anda bisa untuk menyuruh penjual melakukan pengecekan kembali sebelum dikirim, mudah-mudahan dengan pengalaman yang sudah saya bagikan diatas bisa bermanfaat untuk anda. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan di kolom komentar dibawah ini, Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Komputer Hidup Tapi Tidak Tampil di Monitor"

X