Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Keyboard merupakan salah satu komponen laptop yang sangat penting, karena dengan adanya keybaord, Anda bisa menulis dan mengerjakan pekerjaan kantor hingga mengerjakan tugas sekolah. Namun, jika keyboard tidak berfungsi sebagian dan tidak berfungsi seluruhnya tentunya sangat merepotkan diri sendiri, karena tidak bisa melanjutkan pekerjaan kantor ataupun tugas-tugas lainnya.

Sebenarnya keyboard memang seringkali mengalami error hingga kerusakan. Namun, bukan berarti tidak bisa diperbaiki ya. Penyebab keybaord laptop yang tidak berfungsi mungkin keyboard yang sering anda gunakan terlalu banyak debu, terkena air, hingga konektor keyboard lepas. Apabila anda mengalami hal seperti ini, Anda jangan panik terlebih dahulu. Karena hal seperti ini masih bisa diselamatkan bahkan untuk memperbaikinya sendiri pun cukup mudah.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips cara mengatasi atau memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan seperti yang akan saya sebutkan di ulasan berikut ini :

1. Bersihkan Keyboard Laptop

Hal yang seringkali membuat keyboard laptop menjadi tidak berfungsi biasanya karena debu yang menumpuk, sehingga akan membuat kompone n di dalamnya menjadi tertutup ataupun terhambat. Oleh karena itu, Anda sangat diharuskan untuk membersihkan keyboard anda jika dirasa sangat kotor. Cara membersihkannya juga tergolong cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan kuas halus hingga menggunakan slime.

2. Nonaktifkan NumLock

Pada biasanya yang membuat keyboard laptop tidak berfungsi yaitu terletak pada NumLock yang terkunci, masalah ini seringkali dialami oleh banyak orang. Entah itu terpencet ataupun yang lainnya, jika keyboard tidak berfungsi maka anda bisa menonaktifkan tombol “NumLock” pada keyboard laptop. Untuk memastikannya lebih lanjut, Anda bisa membuka notepad ataupun word untuk mencoba semua fungsi dari keyboard laptop anda, apakah sudah normal atau belum.

3. Update Driver Keyboard

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi selanjutnya yaitu dengan update driver keyboard. Hal yang seringkali membuat keyboard laptop yang tidak berfungsi biasanya terdapat pada driver keyboard yang belum di update, sehingga anda diharuskan untuk update drivernya terlebih dahulu. Lalu bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya dibawah ini :

  • Buka “File Explorer” anda, kemudian pilih “This PC atau My PC” lalu klik kanan dan pilih “Manage”.
  • Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman “Computer Management” dan pilih saja “Device Manager”.
  • Jika sudah, anda klik 2 kali pada menu “Keyboards”  hingga muncul menu tambahan keyboard seperti gambar dibawah ini, pada “PC/AT Enhanced PS/2 Keyboard (101/102-key)” anda klik kanan dan pilih “Update Driver”. (Perlu diingat bahwasannya semua menu keyboard tersebut memiliki nama yang berbeda-beda).
  • Setelah itu anda pilih saja “Search automatically updated driver software” lalu jika sudah anda close saja.
  • Langkah selanjutnya anda bisa mengecek apakah keyboard anda sudah berfungsi atau belum.
  • Selesai

4. Restart Laptop

Apabila anda sudah mengikuti langkah pada poin ke 3 dan masih saja tidak berfungsi, cobalah untuk merestrat Laptop anda terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena setiap kali update driver dan sebagainya pasti diharuskan untuk merestart laptop terlebih dahulu agar hasilnya lebih maksimal, jika sudah maka anda sudah bisa cek kembali apakah keyboard anda sudah berfungsi atau belum.

5. Lepas Baterai Laptop

Cara yang satu ini sangat banyak digunakan oleh banyak orang, entah itu teknisi komputer ataupun yang lainnya. Karena dengan melakukan cara lepas baterai laptop ini sudah ada banyak sekali yang membuktikannya dan ternyata berhasil, untuk melakukan caranya juga sangat mudah. Anda hanya perlu melepas baterai laptop (diamkan selama 1 sampai 5 menit), kemudian tekan dan tahan tombol power selama 30 detik, jika sudah masukan kembali baterai laptop yang sudah anda lepas. Lalu hidupkan laptop anda. 

6. Konektor Bermasalah

Hal yang seringkali membuat keyboard laptop tidak berfungsi hingga main-main biasanya terletak pada bagian konektor yang bermasalah, entah itu terpasang hanya setengah, konektor keyboard lepas, lengkung, dan sebagainya. Untuk memastikannya, Anda bisa membongkar terlebih dahulu keyboard laptop anda. Lalu, Anda bisa perhatikan apakah konektor anda bermasalah atau tidak.

7. Ganti Keyboard Laptop

Jika konektor anda bermasalah, maka mau tidak mau anda harus mengganti keyboard laptop anda. Cara menggantinya sendiri juga sangat mudah tanpa tidak harus pergi ke tukang service, untuk membeli keyboard laptop. Anda bisa mencari di Marketplace dan sesuaikan dengan merek laptop dan type laptop anda agar keyboard yang anda pesan sesuai dengan merek dan type aslinya.

Sebagai contoh, jika anda menggunakan laptop Asus X454Y maka anda bisa mencarinya di Marketplace dengan kata kunci “Keyboard Asus X454Y”. Harganya juga tidak terlalu mahal kok dan tidak akan menguras kantong.

8. Gunakan Keyboard Eksternal

Apabila anda tidak mempunyai dana untuk mengganti keyboard laptop anda, Anda bisa kok untuk menggunakan keyboard eksternal terlebih dahulu untuk sementara waktu, Anda bisa meminjamnya di teman atau kerabat anda yang mempunyai keyboard eksternal. Jika teman dan kerabat anda tidak mempunyai keyboard eksternal, maka anda bisa membelinya di toko komputer. Pada biasanya harga keyboard eksternal dijual dengan rentang harga Rp 50.000an.

9. Restore Windows

Keyboard laptop yang mengalami tidak berfungsi secara tiba-tiba mungkin karena terjadinya perubahan pada pengaturan Windows, sehingga anda diharuskan untuk melakukan Restore Windows. Caranya juga sangat mudah kok, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini :  

  • Klik menu “Start Windows” yang ada di pojok kiri bawah.
  • Lalu cari menu “Control Panel” jika tidak menemukannya, anda bisa ketik saja kata kunci tersebut.
  • Kemudian masuk ke “System and Security” lalu “Back up your computer”.
  • Setelah itu anda klik “Recover system settings or your computer”.
  • Selanjutnya klik “Open System Restore
  • Selesai.

10. Serahkan ke Tukang Service

Apabila anda tidak paham mengenai hal ini, Anda bisa membawa laptop anda ke tukang service untuk dilakukan perbaikan. Jika laptop anda masih memiliki garansi, maka anda langsung saja bawa ke tempat anda membeli laptop untuk meminta claim garansi. Karena hal ini sangat mudah jika sudah anda serahkan kepada orang yang lebih paham mengenai Laptop.

Demikianlah ulasan yang dapat saya sampaikan mengenai cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi, mudah-mudahan cara diatas dapat membantu anda untuk mengatasinya, Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi"

X