Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Membuka Usaha Angkringan Modern Dengan Modal Kecil

Cara Membuka Bisnis Angkringan - Usaha angkringan akhir-akhir ini sangat banyak diminati oleh anak muda karena menu dan harga yang ditawarkan tidak menguras kantong mereka. Dulunya angkringan hanya ada di Yogyakarta saja, namun saat ini sudah mulai tersebar dimana-mana, salah satunya di pulau saya sendiri yaitu pulau Bali. 

Untuk membuka usaha angkringan ini memang tidak membutuhkan modal yang besar, bahkan modal kecil pun dapat membuka usaha angkringan ini. Mulai dari 4jt hingga 15 juta rupiah anda sudah bisa membuka usaha yang satu ini, dengan modal yang cukup kecil. Anda pastinya akan mendapatkan keuntungan yang cukup banyak. Lalu apa saja yang perlu disiapkan? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Pilih Lokasi yang Tepat

Memilih lokasi yang tepat memang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Sebenarnya ada banyak sekali lokasi yang tepat untuk membuka usaha angkringan ini yaitu disekitaran kawasan kost-kostan, kawasan pemukiman warga, daerah dekat lapangan yang ramai pengunjung, dekat pasar atau terminal, dan masih banyak lagi. Nah, untuk memilih lokasi angkringan ini memang susah-susah gampang. Karena angkringan biasanya buka mulai dari jam 5 hingga jam 1 atau 2 pagi (jika di Bali).

2. Persiapkan Modal

Persiapkan Modal


Apabila anda sudah menemukan lokasi yang tepat untuk membuka usaha angkringan, langkah selanjutnya anda bisa menyiapkan modal sekitar 4 juta hingga 10 juta rupiah saja. Dengan modal segitu anda sudah bisa menyewa kontrakan, membeli gerobak angkringan, membeli meja lesehan, karpet, dan kebutuhan angkringan lainnya. 

Jika anda mengalami kendala pada modal, Anda bisa kok untuk meminjam di sebuah koperasi atau bank yang menawarkan bunga yang sangat rendah. Atau anda juga bisa bekerja sama dengan pengusaha angkringan lainnya untuk menawarkan sistem bagi hasil. Oh iya, Anda juga tidak perlu khawatir untuk meminjam uang di koperasi atau bank, karena usaha angkringan ini sangat ramai pembeli. Bahkan perhari anda bisa mendapatkan 300-500 ribu rupiah.

3. Sediakan Menu yang Istimewa

Sediakan Menu yang Istimewa

Berbicara tentang menu memang tidak akan ada habis-habisnya. Tetapi, Anda bisa menyediakan menu-menu anak kost atau menu anak muda seperti nasi jinggo, nasi kuning, nasi bakar, nasi padang (sederhana), sate telur puyuh, sate sosis, sate nugget, sate ati ampela, sate kembang cumi, sate scallop, sate cumi-cumi, dan omelete mie, itu adalah menu dari makanan.

Untuk minuman hangat anda bisa menyediakan wedang jahe, susu jahe, teh, susu coklat/original, teh original, teh tarik, kopi ireng, kopi susu, kopi indocafe, coklat hangat, dan lain sebagainya. Untuk minuman dingin es teh manis, es teh tarik, es susu, es lemon tea, es cappucino, es coklat, es jeruk, es adem sari, joshua, esxtra joss, dan air mineral dingin.

4. Buat Konsep yang Berbeda 

Konsep yang berbeda maksud saya yaitu anda bisa membuat live accoustic atau live DJ di angkringan anda. Mengapa demikian? Karena saya sendiri sudah pernah live DJ di angkringan yang ada di Bali, dengan begitu angkringan anda pasti akan ramai pembeli karena saat ini kebanyakan anak muda suka dengan alunan musik DJ ataupun accoustic.

Lalu bagaimana dengan pembayaran live perfom? Untuk pembayarannya sendiri anda hanya perlu memberikan kotak tips box, nantinya pengunjung akan memberikan uang tip seikhlasnya. Kemudian anda hanya perlu menyiapkan makanan dan minuman untuk para perfomernya saja.

5. Menjaga Kebersihan

Menjaga Kebersihan

Ketika membuka usaha kuliner memang sangat wajib untuk memperhatikan kebersihan, baik itu pada makanan yang disajikan, perangkat makanan yang digunakan, kebersihan lingkungan angkringan, dan kebersihan gerobak angkringan. Apabila angkringan anda terlihat kotor, pasti pengunjung akan merasa jijik atau bahkan tidak mau membeli dan berkunjung ke angkringan anda.

6. Promosi

Hal ini sangat penting untuk membuka usaha agar mempunyai banyak pelanggan, Anda bisa melakukan promosi di media sosial Instagram untuk membuat daya tarik pengunjung, saat ini ada banyak sekali yang membuka harga promot dengan harga yang sangat murah. Bahkan ada yang menyediakan harga 50rb/1 bulan postingan, mungkin saja juga anda mempunyai banyak teman. Anda bisa menyuruh teman-teman anda untuk membantu promosikan angkringan anda.

7. Membuka Cabang

Apabila usaha anda sudah semakin baik atau semakin dikenal banyak orang, Alangkah baiknya anda membuka cabang di daerah-daerah tertentu. Hal ini bertujuan untuk menarik daya tarik orang-orang karena lokasi angkringan anda dekat dengan lokasi orang tersebut. Tak hanya itu, Omset yang akan anda dapatkan juga akan naik berkali-lipat.

Usaha angkringan memang sudah menjadi salah satu usaha yang sangat banyak diminati banyak orang, yang terpenting yaitu menyiapkan konsep, modal, dan yang lainnya. Serta jangan lupa berikan layanan terbaik pada pelanggang anda, agar pelanggan anda semakin betah dan nyaman untuk berbelanja.

Mudah-mudahan dengan apa yang sudah saya sampaikan diatas dapat membantu anda dalam menajalankan sebuah usaha, dan jangan lupa untuk berusaha dan berdoa. Agar usaha yang anda jalani diberi kemudahan oleh yang maha kuasa, Sekian dari saya Terimakasih.

Posting Komentar untuk "7 Cara Membuka Usaha Angkringan Modern Dengan Modal Kecil"

X