Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi Laptop Blue Screen di Windows 7/8/10

Cara Mengatasi Laptop Blue Screen - Blue screen adalah salah satu masalah yang kerap kali terjadi pada komputer dan juga laptop, yang dimana nantinya pada layar monitor akan menampilkan warna biru dengan sebuah kalimat error. Lantas, apa sih penyebab dari blue screen ini? Apakah laptop kita sudah tidak bisa digunakan lagi?.

Tenang, Anda tidak perlu panik jika mengalami masalah seperti ini. Karena masalah ini bisa diatasi kok, Anda bisa simak ulasan yang akan saya berikan berikut ini.

Cara Memperbaiki Blue Screen pada Windows 

Masalah dari blue screen ini sebenarnya ada beragam, mulai dari permasalahan software hingga ada juga kerusakan pada hardwarenya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tips mengatasi laptop yang mengalami blue screen :

1. Restart Laptop / Komputer

Cara yang anda bisa lakukan yang pertama yaitu restart laptop atau komputer anda. Ketika anda mengalami blue screen, kemungkinan ada beberapa permasalahan kecil saja, sehingga anda bisa merestart laptop atau komputer anda agar kembali normal.

2. Repair Windows

Repair windows memiliki tujuan untuk memperbaiki error yang terjadi pada Windows anda, termasuk dengan masalah blue screen yang sedang dibahas kali ini. Untuk melakukan cara yang kedua ini, Anda hanya perlu menyiapkan file Windows terlebih dahulu, Anda bisa menggunakan Flashdisk atau DVD. Apabila bahan yang dibutuhkan sudah siap, Anda bisa langsung ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

  • Masuk ke BIOS laptop anda terlebih dahulu. Caranya sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol F2 (semua laptop atau komputer memiliki tombol short cut yang berbeda) Anda bisa baca saja ulasan saya sebelumnya berikut ini : Cara Masuk BIOS Semua Merk Laptop
  • Kemudian, ubah boot menjadi Flashdisk anda atau DVD anda. Lalu klik saja Save Changes and Reset.
  • Selanjutnya laptop anda akan melakukan restart secara otomatis. Jika ada notifikasi Press any key to... anda bisa menekan tombol apa saja.
  • Setelah itu atur bahasa menjadi Bahasa Indonesia kemudian klik Next.
  • Lalu klik Repair your komputer dan tunggu hingga beberapa saat.
  • Pada System recovery tool, silahkan anda pilih saja Use recovery tool dan klik Next.
  • Kemudian anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan, Anda pilih saja Startup Repair dan tunggu hingga prosesnya selesai
  • Apabila dirasa semua sudah selesai, klik saja Finish.

3. Cek Hardware

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwasanya penyebab laptop blue screen ini bisa terjadi karena software ataupun hardware. Nah, oleh karena itu anda bisa mengecek hardware laptop anda masing-masing ketika anda cara diatas belum juga bisa mengatasinya.

Hardware yang biasanya mengalami masalah blue screen ini adalah RAM. Apabila RAM yang ada di laptop anda mengalami error atau kerusakan, maka anda akan mengalami blue screen ini. Untuk mengecek RAM nya sendiri anda bisa menggunakan BIOS.

Silahkan anda lihat apakah RAM anda terbaca atau tidak. Jika tidak terbaca, Anda bisa membersihkan RAM nya. Untuk membersihkan RAM, anda bisa membersihkannya menggunakan penghapus pada bagian pin yang berwarna kuning.

4. Scan Virus

Virus bisa menyerang sistem operasi Windows anda. Virus sendiri biasanya masuk dan menyerang beberapa sistem penting seperti software ataupun driver yang memiliki peran yang sangat penting pada sistem operasi anda.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan scan dengan antivirus. Anda bisa menggunakan antivirus yang gratis ataupun berbayar, untuk pengguna windows sendiri anda hanya perlu menggunakan Windows Defender untuk melakukan scanning virus.

5. Restore System Windows

System Restore merupakan fitur bawaan Windows yang bisa anda gunakan untuk mengembalikan system sebelum mengalami permasalahan yang terjadi, terutama masalah blue screen yang kerap kali terjadi pada Laptop.

Untuk melakukan system restore pun cukup mudah kok, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Matikan laptop anda terlebih dahulu (jika keadaan hidup)
  • Kemudian hidupkan laptop anda lalu tekan F8 pada saat laptop anda sedang proses booting. Selanjutnya anda akan melihat beberapa opsi, pilih saja Safe Mode.
  • Apabila sudah berhasil masuk ke Safe Mode, anda buka saja menu System Restore. Caranya juga cukup mudah, Anda klik saja Windows > ketikan Control Panel > pilih System & Security.
  • Jika System & Security sudah terbuka, anda pilih Action center > Recovery > Open System Restore.
  • Jika sudah masuk di System Restore, anda pilih saja tanggal sebelum anda mengalami blue screen (sebagai contoh, Anda mengalami blue screen pada tanggal 2. Jadinya, Anda bisa memilih tanggal 1). Atau anda juga bisa mengikuti rekomendasi dari Windows dengan memilih Default.
  • Lalu klik Next hingga Finish, langkah terakhir klik Yes.
  • Tunggu saja prosesnya hingga selesai.

Apabila laptop anda reebot secara otomatis, Anda biarkan saja. Karena itu proses restore berjalan, Anda hanya perlu menunggu saja prosesnya hingga selesai. Apabila sudah selesai, Anda bisa cek apakah laptop anda masih mengalami blue screen atau tidak.

6. Install Ulang Windows

Cara yang terakhir yang bisa anda lakukan yaitu dengan cara install ulang windows, karena dengan banyaknya informasi yang saya dapat bahwasanya dengan menginstall windows. Laptop anda akan kembali normal dengan tidak adanya blue screen (ini juga tidak menjadi kemungkinan ya). Apabila anda ingin mengikuti cara ini, silahkan saja. Mungkin sangat direkomendasikan juga dari saya.

Akhir Kata

Apabila cara diatas tak kunjung berhasil, solusi dari saya yaitu membaca ke toko service Laptop terdekat dengan rumah anda. Karena tukang service pasti lebih mengerti masalah ini, mungkin itu saja tips yang bisa saya sampaikan pada artikel ini. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu anda semuanya, apabila ada pertanyaan silahkan tanyakan kepada saya melalui kolom komentar yang sudah disediakan, Sekian dan Terimakasih.

1 komentar untuk "6 Cara Mengatasi Laptop Blue Screen di Windows 7/8/10"

  1. Wah terima kasih atas informasi website sehingga kami memahami tentang penyebab bluescreen,

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir sebagai info untuk beberapa penyebab bluescreen
    https://bangamingadget.com/blue-screen-disebabkan-perangkat-lunak/

    terima kasih

    BalasHapus
X